8 Tahap Mempersiapkan Pernikahan Sendiri

By NSCHY on under How To

Mengadakan pesta pernikahan sekarang ini semakin mahal, untuk pasangan muda dan kreatif, mempersiapkan pernikahan sendiri menjadi alternatif yang pas. Selain hemat budget, mempersiapkan pernikahan sendiri juga lebih bisa sesuai selera.

Nah, apa aja sih tahap yang harus disiapkan untuk mempersiapkan pernikahan sendiri? Yuk simak ulasannya!

1. Tentukan budget, dan stick to it

Salah satu hal yang sulit diganggu-gugat adalah budget. Kalau kamu dan pasangan sudah menentukan budget, pastikan kalian stick to it. Budget akan membantu kalian dalam menentukan berbagai pilihan dan keputusan. Untuk budget, usahakan untuk menentukan budget secara keseluruhan garis besar dan juga per kebutuhannya.

2. Buat moodboard

Rata-rata, setiap orang sudah memiliki gambaran keinginan pesta pernikahannya sendiri. Sekarang waktunya kamu dan pasangan brainstorming ide keinginan kalian masing-masing ditambah dengan sedikit riset lewat internet dan Pinterest. Pilih hal yang benar-benar kalian sukai, bukan hanya hal yang kira-kira akan terlihat bagus.

3. Cari dan tentukan lokasi serta tanggal

Soal lokasi dan tanggal biasanya saling berkaitan, terutama untuk pernikahan di gedung yang seringkali harus masuk ke waiting list. Bagi sebagian pasangan, tanggal dan lokasi merupakan persiapan pertama, namun kalau kamu dan pasangan mengadakan pesta kecil di rumah atau di kafe, mungkin tanggal dan lokasi ini bisa menyusul disesuaikan.

4. Seleksi undangan

Setelah mendapatkan lokasi, coba seleksi lagi tamu undangan yang akan kalian undang, mulai dari tamumu, tamu pasangan, sampai dengan tamu orang tua kalian. Tentukan jumlahnya masing-masing dan pertimbangkan dengan kapasitas lokasi yang kalian miliki. 

5. Cari dan seleksi vendor

Sambil mengurus lokasi, jangan lupa mengurus vendor. Kalau kamu mengadakan pernikahan di gedung, biasanya ada gedung yang sudah menawarkan vendor relasi yang bisa digunakan, namun jika tidak, cobalah mencari referensi vendor dari teman-teman. Vendor yang penting yang perlu di-book dari jauh-jauh hari adalah make up, katering dan dekorasi. 

6. Buat wedding website

Enggan mencetak undangan pernikahan? Buatlah website pernikahan untuk menjadi undangan!

7. Mulai ber-DIY

Seberapa banyak bagian di pernikahanmu yang akan di-DIY? Jika jawabannya banyak, berarti kamu dan pasangan harus mulai sesegera mungkin. Ada banyak ide DIY yang bisa kamu coba, dan semuanya juga ada tutorialnya kok!

8. Have fun!

Dari semua perjalanan persiapan pernikahan, yang paling penting untuk dilakukan adalah bersenang-senang. Mintalah bantuan teman dan keluarga dekat, selanjutnya percayakan pada diri sendiri dan kekuatan hari H. 

Selamat mempersiapkan pernikahan, girls!