8 Tips Efektif Menghemat Budget Pernikahan

By Penna on under Budgeting, How To

8 Tips Efektif Menghemat Budget Pernikahan by The Bride Dept

Budget pernikahan terus menggelembung di saat persiapan acara? Hal ini lumrah terjadi karena setiap pasangan pasti ingin mendapatkan yang terbaik untuk momen spesial sepenting acara pernikahan mereka. Namun jangan salah mengartikan “ mahal” dengan “spesial”, karena setiap pasangan masih bisa mendapatkan acara pernikahan istimewa yang benar-benar berkualitas dengan harga yang terjangkau dan tidak harus selalu mahal. Yuk, intip 8 tips efektif menghemat budget pernikahan di bawah ini:

1. Ekstra Selektif

Budget pernikahan terbesar umumnya tergantung dari jumlah tamu yang akan hadir. Semakin besar jumlah tamu, maka akan semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan. Untuk menghemat budget pernikahan, catat seluruh calon tamu yang akan diundang, lalu analisa lagi secara berkala untuk menentukan siapa saja yang wajib hadir. Kamu juga bisa memastikan secara langsung, orang yang kamu undang akan hadir bersama pasangannya atau sendiri. Hitung-hitung bisa menghemat budget kan. 

2. Pengisi Acara Pribadi

Punya teman atau saudara yang berbakat menyanyi, bermain alat musik atau berprofesi sebagai fotografer? Salah satu tips efektif menghemat budget pernikahan adalah tidak sungkan meminta orang terdekat kamu untuk berpartisipasi aktif di acara pernikahan. Anggap saja ini adalah hadiah pernikahan dari mereka untukmu, dan sebaliknya kamu juga boleh memberikan hadiah kecil-kecilan sebagai ucapan terimakasih.

3. Sesuaikan Venue

Jika boleh memilih, mungkin rata-rata pasangan pasti ingin mengadakan acara pernikahan di gedung mewah yang serba ekslusif. Namun, ada baiknya kamu dan pasangan tetap realistis dengan budget pernikahan yang ada dan memilih venue terbaik sesuai dengan budget yang ada. Jangan memaksakan keadaan jika itu diluar budget kamu.

4. Dekorasi Minimal

Pilih tema minimalis yang simpel namun tetap elegan. Tidak semua dekorasi bunga yang dihadirkan harus berupa bunga asli yang hanya akan digunakan untuk acara sehari, sama halnya dengan dekorasi panggung yang bisa disesuaikan dengan budget pernikahan. Ingat kalau acara ini hanya akan berlangsung sehari, sedangkan jika salah kalkulasi budget bisa berdampak panjang ke kehidupan pernikahanmu.

5. Undangan dengan Harga Terjangkau

Banyak cara untuk menciptakan undangan pernikahan sendiri yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan jasa percetakan profesional. Undangan DIY yang bisa kamu contek di Pinterest atau malah dicetak sendiri di rumah bisa jadi alternatif yang lebih terjangkau, tanpa harus mengorbankan kualitas secara keseluruhan. Bahkan, e-invitation alias undangan elektronik juga tidak akan mengurangi arti dari undangan pernikahan kepada tamu yang sudah akrab lho.

6. Murah, Bukan Murahan

Untuk urusan baju pengantin, jas pengantin, hingga cincin pernikahan – pilih sesuai dengan budget pernikahan yang ada. Jika kamu dan pasangan berkeputusan untuk menggunakan gaun dan jas sewaan atau cincin yang berharga miring, maka percayalah hal ini tentu tidak akan berpengaruh terhadap hari H atau hubungan kalian sekalipun. 7. Pintar Nego

Vendor- vendor sering memberikan penawaran dengan margin yang masih bisa dinego. Kamu pun harus jeli dalam melakukan negosiasi secara realistis. Bandingkan juga beberapa jasa vendor lainnya untuk mendapatkan vendor berkualitas sesuai budget pernikahan yang ada.

8. Menjadi Calon Pengantin yang Bijak

Pada intinya, brides harus benar- benar jeli dalam seluruh biaya yang harus dikeluarkan untuk acara pernikahan. Tekan biaya-biaya kecil sebisa mungkin yang jika terakumulasi akan berjumlah cukup signifikan, pintar memanfaatkan promo yang ada, teliti dalam pemilihan vendor, hingga bijak dalam menentukan kepentingan bersama. Ingat, kehidupan pernikahanmu setelah acara lebih penting lho daripada harus mengluarkan biaya besar untuk satu hari saja. 

×