8 Tips Menghemat Budget Pernikahan Yang Wajib Dicoba

By Penna on under Budgeting, How To

8 Tips Menghemat Budget Pernikahan Yang Wajib Dicoba

Walaupun pernikahan adalah momen sekali dalam seumur hidup, bukan berarti anda dan pasangan harus menghambur-hamburkan biaya tanpa kendali. Pasangan yang smart pasti akan mencari cara- cara terbaik untuk menghemat biaya pernikahan, tanpa harus mengorbankan kebahagiaan di hari penting ini. Langsung deh simak 8 tips menghemat budget pernikahan yang wajib dicoba ini :

1. Sahabat Segalanya

Bridesmaid dan groomsmen bukan hanya bisa menjadi pengantar atau pagar ayu saja. Aktifkan saja sohib untuk menjadi WO, MC atau host acara pernikahan yang akrab dan penuh keseruan. Minta mereka untuk menata susunan acara atau bergantian menjadi pembawa acara untuk menuntun tamu sepanjang acara pernikahan. Dijamin, dengan latihan dan persiapan, bisa jadi acara pernikahan kamu semakin berkesan dan jauh dari kata kaku.

2. Penjahit Langganan To The Rescue

Tidak semua calon pengantin wanita bisa menggunakan gaun besutan penjahit terkenal dan it’s okay brides!

Saatnya untuk mengandalkan keahlian penjahit langganan keluarga untuk hasil gaun pernikahan hari H yang sesuai budget. Brides juga pasti akan lebih mudah mengutarakan keinginan, bernegosiasi harga hingga hal-hal kecil lainnya tanpa harus khawatir akan padatnya jadwal penjahit ternama.

3. Perampingan Tamu

List tamu adalah salah satu hal pertama yang paling menentukan besarnya pengeluaran biaya pernikahan. Jadi, coba diskusi kembali lagi dengan pasangan untuk mencoba realistis dan memangkas nama-nama tamu yang bisa dikeluarkan dari tamu undangan.

Jika harus memilih, kami yakin brides lebih memilih menghabiskan momen wedding yang intimate dengan orang-orang yang kalian kasihi daripada ratusan tamu undangan yang sudah jarang bersosialisasi dengan anda.

4. 2-in-1 : Akad & Resepsi

Memang melelahkan jika melangsungkan akad nikah dan resepsi di satu hari yang sama, namun cara ini sudah banyak dijalankan oleh banyak pasangan tanpa banyak masalah. Apalagi jika dibandingkan dengan penghematan anggaran, kepraktisan, dan efisiensi, tips penghematan budget pernikahan ini layak dipertimbangkan dengan serius.

5. Minimalisir Dekorasi

Next, biaya yang bisa dipangkas dari budget pernikahan adalah dekorasi. Jika venue sudah layak, maka coba cari cara untuk meminimalisir dekorasi seperti menggunakan  bunga artifisial atau sisa dekorasi dari acara pernikahan klien venue sebelumnya. Percayalah, dekorasi tidak mutlak menentukan suksesnya pernikahan anda loh!

6. Souvenir Yang Selektif

Kreasi suvenir pernikahan berarti pasangan kian punya kendali dalam menentukan variasi sesuai budget yang tersedia. Jika memungkinkan, suvenir juga bisa kalian sediakan ala DIY sehingga menambahkan kesan unik dan personal dari anda!

7. Rental Lebih Murah

Headpiece dan aksesoris lain seperti kalung, gelang, anting yang serba gemerlap bisa menjadi pengeluaran yang menguras kantong. Solusinya? Coba cari solusi rental yang menyediakan koleksi bling-bling cantik ini dalam berbagai variasi. Psst, tidak akan jadi masalah bukan jika aksesoris spektakuler anda ini palsu atau bukan milik pribadi?

8. Undangan Elektronik

Manfaatkan perkembangan teknologi dalam acara pernikahan anda. Caranya dengan membatasi cetakan undangan fisik dan beralih ke e-invite alias undangan elektronik yang bisa anda sebarkan via online. Minta file atau softcopy dari desainer undangan untuk dikirimkan ke sahabat, dan sisakan undangan cetak untuk tetua atau keluarga sebagai tanda penghormatan.

Shop