8 Tips Nikah Hemat, Namun Tetap Berkesan

By NSCHY on under Budgeting, How To

Pada dasarnya, pernikahan merupakan tahap untuk menyatukan sepasang kekasih yang saling mencintai. Tapi kelihatannya sekarang ini pernikahan merupakan pesta besar-besaran yang lupa bahwa sang pengantin masih akan terus menjalani hidup untuk kedepannya yang juga tak luput dari biaya yang cukup besar. Dengan kata lain, pesta pernikahan satu hari tersebut akan mengeluarkan uang yang cukup banyak yang sebenanrnya bisa digunakan untuk tabungan masa depan pasangan itu sendiri.

Ets, memikirkan kebutuhan masa depan bukan juga berarti kamu harus sangat mengirit untuk pesta pernikahan sehingga kamu tidak mendapatkan pesta pernikahan yang maksimal. Kamu tetap bisa membuatnya berkesan namun tetap hemat kok. Berikut tipsnya!

1. Gunakan Properti Keluarga

Kalau keluarga atau kerabatmu mempunyai villa di pinggir kota atau rumah kosong yang masih OK, jangan ragu untuk meminjamnya. Kamu bisa memilih tema garden party bila tersedia taman, namun apabila tidak, pestamu bisa bertema home-party. Untuk akad nikah bisa kamu adakan di dalam rumah atau di tempat ibadah terdekat.

2. Pilih Waktu Pernikahan

Waktu pernikahan merupakan hal yang penting yang dapat menentukan budget pernikahanmu. Biasanya orang menikah di siang atau malam hari. Ya, keduanya merupakan waktu makan dan di mana para tamumu akan sangat kelaparan, percaya atau tidak, porsi makan mereka akan lebih banyak dan kamupun harus menyediakan lebih banyak juga. Agar budgetmu bisa diturunkan, cobalah untuk menikah di sore hari. Kenapa? Yuk simak tips selanjutnya!

4. Menu Makanan yang Ringan

Sore hari merupakan jam di mana biasanya orang orang sudah makan siang namun belum lapar dan belum waktunya untuk makan malam. Sore hari biasanya digunakan untuk snacking yang bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan budget di makanan mulai dari porsi dan juga kuantitas. Sediakanlah menu makanan yang ringan seperti crepes, pancake, manisan seperti marshmallow, gulali, menu asin seperti chips namun juga sediakan beberapa makanan besar, seperti berbagai jenis pasta. Selain lebih hemat dan mudah, tema pernikahanmu juga akan jadi lebih unik dan manis, kan?

4. Jangan Khawatir dengan Seragam

Memang sudah menjadi tradisi bahwa keluarga pengantin akan memakai baju seragam. Namun untuk alasan menghemat, kamu bisa menyuruh mereka untuk mengenakan baju dengan warna yang sudah ditentukan. Nah, kamu bisa tambahkan flower crown untuk yang perempuan dan bunga pita berwarna senada untuk para lelaki.

5. Hunting Properti Sendiri

Tak perlu menyewa wedding organizer, kamu bisa hunting dekorasi pernikahanmu sendiri. Untuk garden party kamu butuh berbagai lampu lucu saat gelap tiba. Tentunya peralatan ini bisa kamu dapati jauh jauh hari. Sehingga pada saat hari H, kamu hanya perlu memperkejakan beberapa orang untuk memasang properti tersebut atau bisa minta bantuan pada kerabat. Lagipula, kalau kamu mengadakan di properti sendiri atau milik kerabat, kamu bisa siapkan sejak beberapa hari sebelumnya.

6. Serahkan Catering ke Keluarga

Jika ada anggota keluargamu yang bisa masak, mintalah bantuan mereka untuk membuatkan beberapa makanan sederhana. Misalnya untuk bagian pudding, menyiapkan soda dan minuman manis, dan makanan lainnya sehingga pada saat hari H kamu hanya membutuhkan beberapa orang untuk me-refill hidangan tersebut.

7. Tak Perlu Prewedding yang Mahal

Menyewa fotografer belum lagi untuk mencetak foto berukuran besar pastilah membutuhkan biaya yang cukup besar. Supaya pernikahanmu lebih hemat namun tetap berkesan, gantilah foto prewed tersebut dengan foto-foto pertumbuhan kalian berdua, sejak lahir hingga bertemu. Pasanglah foto foto kenangan kalian mulai dari selfie, saat ngedate hingga saat si dia melamarmu. Cukup dicetak berukuran kecil namun kamu desain cantik seperti dekorasi ala polaroid yang digantung dengan menggunakan tali.

8. Stage yang Minimalis

Kalau pernikahan di gedung kamu perlu memakai dekorasi panggung yang cukup rumit, untuk garden party kamu bisa jadikannya lebih simple dengan panggung kecil dengan properti yang cantik. Jika kamu suka, kamu tak perlu pakai panggung, mingle-lah dengan para tamu sehingga kamu bisa lebih kasual dan tidak terlalu kaku.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menghemat budget pernikahamu. Memang, pastinya banyak pertimbangan, seperti outdoor yang harus dipikirkan bila hujan, banyak nyamuk dan belum lagi kalau udara gerah dan dapat melunturkan make upmu. Oleh karena itu, kamu juga perlu menyesuaikan konsep ini dengan waktu pernikahanmu juga, ya!

×