8 Tips Persiapan Outdoor Wedding

By Ikke Dwi A on under How To

Outdoor wedding kini adalah salah satu konsep pernikahan yang tengah digemari oleh banyak pasangan. Konsep pernikahan yang identik dengan suasana intimate namun tetap santai ini memang memberikan banyak pilihan wedding venue, baik itu taman, gunung, ataupun pantai. Mengadakan outdoor wedding juga memiliki tantangan-tantangannya sendiri, maka dari itu pastikan kamu membaca tips-tips dari tim The Bride Dept di bawah ini demi kelancaran hari bahagiamu!

Tentukan waktu yang tepat

Tentukan waktu yang tepat untuk acara pernikahanmu sesuai dengan venue pilihan kamu. Apabila kamu mengadakan outdoor wedding di pantai, jangan mengadakan acara pada jam 1 siang akan membuat para tamu undangan kepanasan. Saat matahari terbenam akan menjadi pilihan yang lebih tepat dan juga dapat menambah suasana romantis hari bahagiamu.

Persiapkan plan B

Salah satu kendala terbesar dalam outdoor wedding adalah cuaca yang kadang tidak menentu, maka dari itu pastikan kamu menyiapkan plan B dengan matang. Kamu dapat mendiskusikannya dengan wedding organizer pilihan kamu, karena pengalaman profesional mereka pasti membekali mereka dengan pengetahuan-pengetahuan berharga yang akan membantumu dalam menyiapkan outdoor wedding dengan matang.

Perhatikan kenyamanan tamu undangan

Kenyamanan tamu undangan adalah hal yang perlu kamu utamakan. Apabila kamu mengatakan seating dinner, pastikan kursi tamu undangan kamu dilapisi bahan yang nyaman untuk diduduki. Kamu juga bisa berdiskusi dengan vendor dekorasi agar dekorasi kursi bagi tamu undangan dapat disesuaikan dengan dekorasi acara pernikahan kamu secara keseluruhan.

Sesuaikan wedding dress kamu

Jika kamu mengadakan outdoor wedding pada siang hari, tentunya kamu akan lebih berkeringat, jadi jangan sampai salah pilih bahan dan model wedding dress kamu. Pilihlah bahan kain yang tidak membuatmu merasa gerah dan potongan wedding dress yang nyaman, sehingga kamu dapat leluasa bergerak selama acara pernikahanmu.

Sesuaikan makeup dan hairdo kamu

Cuaca yang panas dapat membuat makeup kamu luntur. Begitu juga kencangnya hembusan angin yang dapat membuat rambut kamu berantakan. Tentunya kamu tidak mau itu terjadi, kan? Untuk tetap terlihat cantik sepanjang acara, konsultasikan hal ini dengan makeup artist pilihan kamu terlebih dahulu.

Pilih menu katering yang tepat

Kamu harus bekerja sama dengan vendor katering pilihan kamu untuk mengakali makanan yang mudah mencair atau harus disajikan dingin seperti es krim. Hal ini memang agak tricky, karenanya kamu tidak bisa sembarangan memilih menu katering untuk outdoor wedding. Salah pilih makanan dapat mengakibatkan makanan tersebut menjadi cepat cair atau bahkan tidak cocok dikonsumsi di alam terbuka. Sediakan juga beragam minuman yang menyegarkan dan mudah dinikmati untuk mengatasi rasa haus para tamu undangan, misalnya jus buah segar.

Pilih wedding cake yang tahan panas

Berencana untuk memotong wedding cake pada hari pernikahanmu? Pastikan kamu memilih wedding cake dengan lapisan gula yang tahan cuaca panas, misalnya fondant cake. Bahan dekorasi kue yang cenderung elastis ini tidak mudah luntur akibat cuaca panas, sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan wedding cake kamu akan cair sebelum dapat disantap. Jangan menggunakan lapisan kue yang berkrim ya, karena lapisan yang berkrim lebih mudah mencair.

Siapkan semprotan anti serangga

Satu hal yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh pengantin yang ingin melangsungkan outdoor wedding adalah pentingnya semprotan anti serangga. Agar tidak mengganggu, pilihlah semprotan anti serangga yang tidak berbau atau memiliki wangi natural.

Demikian beberapa tips dari tim The Bride Dept bagi kamu yang ingin mengadakan outdoor wedding. Punya tips-tips lainnya yang ingin kamu tambahkan? Silakan isi kolom comments di bawah ya!