9 Tips Akur dan Akrab Dengan Mertua

By Penna on under How To

9 Tips Akur dan Akrab dengan Mertua by The Bride Dept

Sudah menjadi mitos lama kalau menantu dan mertua sulit bisa akur dan akrab. Bagai buah simalakama, pasangan pun terkadang harus berada di posisi serba terjepit yang menyusahkan. Padahal, untuk bisa akrab dengan mertua tidak butuh banyak usaha berat, hanya keinginan dan niat baik dari dirimu. Yuk, simak 9 tips akur dan akrab dengan mertua di bawah ini :

1. Perbanyak frekuensi berjumpa

Tak kenal maka tak sayang, pepatah ini benar adanya untuk menjadi lebih akrab dengan mertua. Daripada sibuk menghindari berbicara atau bertegur sapa dengan mertua, coba ajak mama mertua untuk berbicara atau ngobrol ringan tentang topik- topik yang menarik perhatiannya.

2. Jangan bersifat defensif

Ekspresi, bahasa tubuh hingga tutur kata bisa memancarkan perasaan terdalam seseorang loh. Jadi, usahakan untuk tetap tenang, gembira dan positif saat harus bertemu dengan mertua. Dengan mood yang lebih tenang, otomatis kamu tidak akan mudah tersinggung ataupun menyinggung pihak lain.

3. Hindari perselisihan panjang lebar

Jika kamu dan mama mertua tiba- tiba terlihat dalam argumentasi yang sengit, usahakan untuk segera menyudahi perselisihan paham walaupun tidak ada titik tengah yang disetujui bersama. Ingat kalau akan sangat sulit untuk merubah perspektif mertua yang jauh lebih tua dan sangat tidak sopan untuk meneruskan perdebatan berkepanjangan.

4. Tidak perlu berpura- pura

Untuk menjadi akrab dengan mertua, tidak perlu dibarengi dengan intrik atau kebohongan. Kamu cukup menjadi diri sendiri dan menunjukkan sifat- sifat positif sesuai dengan keyakinan dan kepercayadirian. Percaya atau tidak, sepanjang kamu memang tidak memiliki niat menyakiti orang, maka orang lain akan bisa menerima kamu apa adanya, termasuk mama mertua.

5. Berusaha memahami cara pandangnya

Mama mertua punya cara berbeda dalam mengasuh anak? Tidak perlu langsung sewot. Coba pahami alasan mengapa dia berpendapat atau memiliki perspektif yang berbeda. Jika memang perbedaan ini masih bisa ditoleransi dan tidak sampai mengubah nilai- nilai pokok kamu, usahakan untuk mencari jalan tengah yang baik untuk setiap pihak.

6. Ingat haknya sebagai kakek dan nenek

Memang orang tua yang memiliki hak dan kendali terbesar atas anaknya, tetapi ingat kalau mertua juga punya posisi sebagai kakek dan nenek si kecil. Hargai haknya untuk dekat atau memanjakan si kecil, sepanjang memang tidak sampai mendominasi posisi kamu sebagai orang tua utama.

7. Hargai prioritas orang lain

Dunia tidak berputar hanya pada seseorang, jadi rasa saling menghargai satu sama lain akan bisa menjadi kunci akrab dengan mertua yang baik. Sesekali mengalah jika memang tidak sampai menyangkut prinsip dasar hidup kamu, usahakan untuk memberikan toleransi atas prioritas mertua.

8. Akrab demi pasangan dan anak

Punya mama mertua yang benar- benar sulit diajak kerjasama? Motivasi akrab dengan mertua paling besar adalah dari pasangan dan anak- anak di keluarga. Demi kebahagiaan mereka, tidak jarang menantu harus berkorban asalkan memang ada nilai yang pantas untuk diperjuangkan.

9. Fokus pada hal positif

Jangan lupa untuk terus fokus pada hal-hal positif dari hidup kamu, termasuk juga kehadiran mertua. Minimal, mereka adalah orang yang sudah berjasa membesarkan pria atau wanita yang kalian cintai, jadi sudah pasti itu merupakan hal positif yang perlu disyukuri.

×