Acara Lamaran Bertema Warm and Intimate di Seribu Rasa Restaurant ala Pelangi dan Andam

By Renya Nuringtyas on under The Engagement

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Restaurant

Colors

Vendor That Make This Happened

Venue Seribu Rasa Restaurant

Event Styling & Decor Classy Tent Decoration

Photography Derzia Photo Lab

Make Up Artist Yuniar Dewanthy

“Siapa sangka pertemanan yang sudah aku jalani dengan Andam sejak tujuh tahun yang lalu berujung di pernikahan?,” ujar Pelangi memulai ceritanya.

Pelangi memang tak pernah menyangka kalau ia ternyata bisa menjalin hubungan dengan teman dekatnya sendiri yang dikenalnya sejak sama-sama masuk di Fakultas Kedokteran Gigi di salah satu Universitas di Bandung. Namun Andam memutuskan untuk keluar dari kuliahnya saat semester 2, karena ia memutuskan untuk meneruskan cita-citanya menjadi seorang Pilot. Meskipun sudah tidak satu kampus, hubungan Andam dengan Pelangi dan teman-teman mereka tetap terjain dengan sangat baik. Andam bahkan sering berkunjung ke Bandung jika ada waktu luang.  Kebetulan saat itu Pelangi sudah memiliki pacar dan tak terpikir sedikitpun di benak Pelangi untuk menjalin hubungan yang lebih dari teman dengan Andam.

Setelah Pelangi putus dengan pacarnya dan sempat galau, ia pun curhat panjang lebar kepada Andam tentang masalah penyebab ia putus dengan sang pacar. Kebetulan Pelangi dan Andam lumayan sering bertemu karena rumah mereka berdekatan, dan jika ada momen acara atau kondangan dan pacar Pelangi saat itu tidak bisa menemani, Andamlah yang selalu diminta Pelangi untuk menemani.

Tanpa disadari, saat itu ternyata Andam sudah mulai menaruh perasaan suka pada Pelangi. Tapi karena Pelangi tidak pernah sadar akan hal itu, hubungan mereka pun berlanjut hanya sebagai teman, yang semakin dekat karena mereka jadi sering curhat, dan menurut Pelangi, Andam selalu ada saat dibutuhkan. “Setelah putus dan aku kembali dekat dengan seseorang, Andam juga menjadi tempat aku sharing mengenai orang tersebut,” meskipun sebenarnya Andam sudah mulai sering menanyakan kabar Pelangi dan tetap dianggap sebagai hal yang biasa sebagai teman.

Pelangi baru mulai merasa ada sesuatu yang berbeda saat acara wisuda kelulusannya dimana Andam datang ke Bandung dengan membawa bunga yang sangat besar, dengan surat yang diselipkan di dalamnya berisikan pernyataan cinta Andam kepadanya. “Andam menyatakan cintanya disaat aku tidak menyadari bahwa selama 6 bulan ini Andam sudah menyimpan perasaannya kepadaku dan mulai mendekati aku,” kenang Pelangi yang mengaku shock karena ia selalu menganggap Andam pure sebagai teman. Andam pun harus meyakinkan Pelangi berkali-kali bahwa mereka bisa lebih dari sekadar teman, sampai akhirnya Pelangi bisa menerima perasaanya.

Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk mengenal satu sama lain karena mereka sudah tahu latar belakang dan cerita hidup masing-masing. “Andam pun mengatakan kalau ia ingin membawa hubungan kami ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Aku tidak menyangka pria yang selama ini ada disampingku sebagai teman akhirnya akan berada di sampingku selamanya sebagai teman hidup,” ujar Pelangi haru.

Andam melamar Pelangi saat mereka sedang makan siang bersama, no fancy food or dresses, hanya casual lunch dimana Andam tiba-tiba mengatakan “nikah yuk!” sambil mengeluarkan cincin dari kantongnya, tanpa kotak cincin atau semacamnya. “I love the way he is anyway and obviously I said yes!,” ujar Pelangi

Untuk acara lamaran, Pelangi mempersiapkannya selama 3 bulan dengan mengangkat tema Warm and Intimate dengan pakaian bernuansa nude tone. Meskipun acara lamaran tidak diselenggarakan di rumah, Pelangi ingin tetap ada kesan ‘rumah’ dengan suasana yang nyaman dan ‘homey’ agar keluarga dan tamu yang hadir merasa betah dan nyaman. Untuk itu ia memilih Seribu Rasa Restaurant Summarecon Bekasi yang semi outdoor dan berlokasi dekat dengan rumahnya. Restoran ini memiliki space yang cukup besar, lahan parkir yang luas dan juga rasa makanan yang tidak perlu diragukan lagi.

Interior Seribu Rasa juga sesuai dengan tema yang diangkat, jadi tidak memerlukan tambahan dekorasi yang terlalu banyak. Untuk dekorasi, Pelangi mempercayakannya kepada Classytent Decoration karena dekorasinya sesuai dengan tema yang bernuansa klasik dengan dekorasi daun-daunan dan bunga. “Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dengan dekorasi yang cantik sesuai  dengan keinginan aku, dan juga hasil foto yang sangat memuaskan dari Derziaphotolab,” cerita Pelangi.

Tantangan yang paling dirasakan Pelangi saat melakukan persiapan acara lamaran ini adalah kondisi dimana ia masih kuliah di luar kota sedangkan acaranya diselenggarakan di Bekasi, jadi sedikit sulit untuknya mengatur segala sesuatunya. Tapi bersyukur ia dibantu oleh temannya untuk mengatur MC di hari H, namun sisanya ia tetap mengatur segala sesuatunya sendiri.

Ada satu momen yang akan selalu diingat oleh Pelangi, “aku yang dari awal menduga aku tidak akan menangis di hari lamaranku akhirnya terkalahkan saat Andam melamarku di depan seluruh keluarga dan tamu yang hadir,” ujar Pelangi haru. “Sangat tidak menyangka lelaki inilah yang akhirnya menjadi teman hidupku selamanya,” tambahnya.

Berikut top 3 vendor pilihan Pelangi:

1. Seribu Rasa Restaurant

“Untuk tempat tidak perlu diragukan lagi deh buat aku. Tempat ini adalah the perfect place banget buat kamu yang mau bikin acara. Tempat parkirnya luas, family friendly, dan ambience-nya enak banget didukung dengan interior yg seluruhnya dari kaca sehingga bagus banget untuk foto dengan natural lighting. Makanannya tidak perlu diragukan lagi, sampai tamu pun puas dengan hidangan yang disajikan. Aku merekomendasi menu appetizer Oriental Seafood Cakwe dan menu utama Squid Omelette Pulau Seribu yang enaaak banget. Dijamin tidak akan kecewa dengan semua makanan disini.”

2. Classy Tent Decoration

“Untuk dekorasi dan backdrop aku langsung menghubungi Mbak Rana dari Classytent yang sangat fast respond dan sabar menanggapi aku yang bertanya mengenai berbagai hal. Aku hanya memberi contoh gambar yang aku suka dan nuansa yang sesuai dengan tema yaitu soft pink dan voila! Jadilah dekorasi sesuai yang aku inginkan dan hasilnya cantik sekali!”

3. Derzia Photo Lab

“Begitu melihat Derzia di Instagram waktu itu aku sudah langsung suka dengan angle pengambilan gambar dan filter atau tone yang digunakan. Aku sudah mencari berbagai vendor yang rata-rata overpriced akhirnya aku menemukan vendor photo yang menurutku hasilnya bagus banget dengan harga yang menurut aku affordable.”

Yuk kita simak juga tips dari Pelangi untuk para brides-to-be yang sedang mempersiapkan acara lamaran:

“Pertama kita harus menentukan tema dan konsep dengan pasangan dan keluarga. Apakah mau diadakan di rumah atau restoran, memakai adat apa dsb. Ini penting banget supaya nantinya tidak ada kesalahpahaman dan kedua belah pihak keluarga sama-sama enak. Lalu tentukan dulu mau nuansa warna apa yang kira-kira sesuai, apakah berbeda untuk masing-masing keluarga atau disamakan saja. Setelah sudah deal dengan konsep, tema dan color tone-nya, lalu kita lanjut menentukan vendor yang sesuai. Untuk memilih vendor memang diharuskan sabar dan memilih secara hati-hati agar sesuai dengan tema dan konsep, dan juga budget tentunya. Saranku, lebih baik ditentukan minimal H-3 bulan agar tidak mendadak dan tidak ‘grasak grusuk’ nantinya. Untuk yg ingin mengurus lamaran sendiri tanpa WO sepertiku penting untuk merencanakan teknis lapangan dan penanggung jawab masing-masing saat hari H. Jangan ragu ya untuk minta bantuan saudara atau teman. Terakhir jangan lupa untuk banyak-banyak berdoa dan ikhlas agar segala sesuatu berjalan dengan lancar. Good luck!