Acara Lamaran DIY Bertema Jawa Tropis ala Endiska dan Okky

By Renya Nuringtyas on under The Engagement

Lamaran DIY

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Semi Outdoor

Colors

Vendor That Make This Happened

Venue Bumi Apsari

Event Styling & Decor Niccatelier

Photography Memorize Photography

Wedding Organizer Chandani Weddings

Master of Ceremony Wiwied Salman

Groom's Attire Tenun Gaya by Wignyo

Bride's Attire Batik Sutra Tenun Garut

Make Up Artist Listya Nursyifa

Hair Do Lucy Cassandy

Hand Bouquet Kembang Klasik

Seserahan Amber Seserahan

Wedding Ring Jewellry Anda

Souvenir Tola Toli Souvenir

Memiliki usaha Wedding Organizer sendiri membuat Endiska terbiasa mengatur acara pernikahan di banyak tempat dan kerap bertemu dengan banyak orang. Pertemuan dan perkenalan Endiska dengan Okky pun terjadi saat Endiska sedang bertugas menjadi WO untuk salah satu acara pernikahan, yang kebetulan diadakan di tempat dimana Ayah dan Mama Endiska melangsungkan acara pernikahan mereka dulu. Saat itu Okky menjadi ketua Among Tamu, dan sebagai WO Endiska diharuskan menghubungi semua ketua yang in-charge di acara tersebut untuk melakukan kordinasi. 

Setelah saling mengenal, Okky lalu follow Endiska di Instagram dan semenjak itu mereka jadi sering ngobrol sampai akhirnya Okky memberanikan diri untuk mengajak Endiska jalan bareng. “Saat itu aku iya-kan karena Mas Okky yang berasal dari Malang sangat sopan, tutur katanya lembut, dan sangat sabar menunggu aku berjam-jam saat aku sedang ada technical meeting untuk acara wedding,” kenang Endiska. 

Semakin mengenal satu sama lain, Endiska dan Okky juga semakin menemukan banyak kecocokan dan kesamaan diantara mereka. Selain tanggal ulang tahun yang sama, ternyata almamater mereka juga sama karena keduanya merupakan lulusan UI. “Bahkan, nama Mama kami berdua juga sama!” tambah Endiska.

Satu setengah tahun pacaran, Okky mendapatkan pekerjaan di Kuala Lumpur dan hubungan pun mereka jalani secara LDR, termasuk proses persiapan acara lamaran dan pernikahan yang semua dilakukan melalui telepon. Sebelumnya, Okky tidak lupa merencanakan momen sweet proposal yang menurut Endiska, itu adalah momen manis yang akan selalu ia kenang.

Lamaran DIY

Pada saat hari ulang tahun Okky, Endiska sengaja datang Kuala Lumpur dan berencana untuk merayakan hari ulang tahun Okky disana. “Di malam hari ulang tahunnya, Mas Okky propose aku di depan pemandangan indah Kuala Lumpur dan Menara Kembar Petronas, sambil memberikan bunga favorit aku, cincin, plus fotografer candid oleh teman-temannya yang memang sudah stand by disana,” kenang Endiska. Di malam itu Endiska pun meng-iya-kan lamaran Okky, dan mereka pun mulai merencanakan acara lamaran keluarga.

Dalam mempersiapkan acara lamaran, Endiska mengaku tantangan terberatnya datang dari eksternal. Saat itu kebetulan ia juga sedang membersiapkan beberapa acara untuk kliennya, dan ia tidak ingin membuat kliennya khawatir atau merasa ia sulit dihubungi, karena is pun sedang sibuk mempersiapkan acara lamarannya sendiri. Sehari sebelum acara lamaran, Endiska bahkan masih menyempatkan diri melakukan technical meeting untuk acara kliennya, “bahkan di hari H acara lamaran ini ada 3 event yang berlangsung, jadi aku harus menjaga kondisi badan agar tetap fokus, terlebih selama persiapan Mas Okky pun masih berada di Malaysia.” ujar Endiska. Tapi ia bersyukur karena timnya sangat helpful dan membuatnya tenang dalam menghadapi semuanyaLamaran DIY

 

Bagi Endiska, banyak momen yang sangat berkesan dari acara lamaran ini. Tapi ada beberapa momen yang paling berkesan yaitu momen-momen DIY dimana ia mempersiapkan beberapa hal sendiri, yang membuat acaranya jadi semakin bermakna.

1. Membuat sendiri makanan untuk vendor pada saat technical meeting

Sebagai tanda terima kasih kepada para vendor yang telah membantu mempersiapkan acaranya, untuk acara technical meeting dengan vendor, Endiska sengaja membuat sendiri makanan yang dihidangkan, sekaligus mendesain dan membuat ucapan terima kasih sendiri, sebagai rasa terima kasih yang tulus atas bantuan yang diberikan oleh para vendor.

2. Membuat hand bouquet dengan bunga-bunga yang dipilih langsung oleh Okky

Memiliki kecintaan kepada bunga dan tumbuhan, Endiska memang memiliki usaha hand bouquet sendiri yaitu @kembangklasik, dan pada saat lamaran, Okky khusus memilih sendiri jenis bunga untuk hand bouquet dan Endiska yang merangkainya.

3. Membuat kotak cincin sendiri

Kebetulan Endiska memiliki kotak cincin ‘jadul’ yang sudah tidak terpakai. Jadi dari pada harus sewa, ia pun mendesain ulang kotak tersebut. Bermodal lem tembak, bunga sisa hand bouquet dan baby’s breath ia pun berhasil membuat kotak cincin yang cantik yang murah meriah.

4. Membuat dekorasi ruangan yang penuh dengan sayuran dan buah-buahan

Dua hari sebelum hari H, Endiska pergi ke pasar tengah malam dengan ditemani oleh adiknya untuk membeli sayuran dan buah-buahan segar untuk dekorasi. Ia memang sangat menyukai dekorasi yang dihiasi oleh suasana tropis, karena membuat suasana menjadi lebih hidup.

Lamaran DIY

Dengan pengalaman selama 7 tahun menjadi Wedding Planner, Endiska tidak lagi menginginkan acara yang besar dengan biaya yang mahal. Ia lebih menginginkan acara yang penuh kehangatan dan penuh makna. “Harapan aku acara lamaran bukan semata hanya untuk membuat orang lain kagum, namun untuk membahagiakan orang terdekat aku, dan untuk mempertemukan dua keluarga besar menjadi satu keluarga baru,” ujarnya. Kelancaran acara merupakan yang terpenting baginya, ditambah dengan bantuan dari vendor-vendor terbaik. 

Saat acara berlangsung, juru bicara keluarga Endiska juga memberikan beberapa petuah dalam bahasa Jawa:

”Gegaraning Wong Akrami… Landasan orang yang hendak berumah tangga…”

”Dudu Bandha Dudu Rupa… Bukan Harta Bukan Penampilan…”

”Amung Ati Pawitane.. Namun kemantapan hati adalah modalnya…”

”Luput Pisan Kena Pisan… Jodoh itu hanya digariskan satu kali…”

”Lamun gampang Luwih Gampang… Bila sudah Berjodoh, akan sangat mudah jalannya…”

”Lamun Angel, Angel Kelakung… Bila belum Berjodoh, sangat sulit terlaksana…”

”Tan Kena Tinumbas Arta… Semua itu tak akan terbeli dengan Harta…”

Lamaran DIY

Dari petuah yang diberikan, Endiska merasa bahwa kelancaran acara tidak akan dapat dibeli dengan harta tanpa adanya restu dari semua pihak yang terlibat. Ia mengaku ia juga sangat bersyukur karena keluarga besar Okky dari Malang semuanya menyempatkan diri untuk hadir, begitu juga dengan para sahabat dan para vendor, yang juga merupakan sahabat Endiska, yang hadir untuk menghangatkan acara.

Top 3 Vendor pilihan Endiska:

  1. Chandani Weddings: “Bukan karena aku yang punya, tapi aku benar-benar bangga dengan tim aku. Ada 3 event di hari itu dan semuanya sukses berlangsung. Mereka solid dan bekerja fokus tanpa adanya aku yang memonitor.”
  2. Memorize Photography: “Memorize sangat mengerti keinginanku, membuat semuanya ter-capture dengan indah sekali seperti yang aku impikan!”
  3. Niccatelier Dekorasi: “Aku sangat strict dengan bunga dan color tone, tapi Nicca bisa mentransfer isi kepala aku lalu merealisasikannya 100%.”

Endiska juga tidak lupa memberikan pesan untuk kamu yang sedang menyiapkan acara lamaran, Yuk langsung simak saran dari Endiska berikut!

“Saran saya untuk calon pengantin diluar sana, yang pertama adalah memikirkan apa outcome yang ingin didapat setelah acara berlangsung. Salah satu tujuan acara lamaran adalah memperkenalkan dua keluarga, bagaimana membuat acara yang hangat, bisa membuat dua keluarga bahagia dan selalu mengingat hari bahagia kamu. Kedua, pilihlah vendor yang sesuai dengan kenyamanan kamu, vendor mahal tidak selalu menjamin acara kamu akan bagus, tapi vendor yang dapat mengerti keinginan kamu, sikap kerja baik dan humble adalah vendor yang benar-benar yang kamu butuhkan dan akan sangat meminimalisir stress saat hari H. Jadikanlah vendor sebagai sahabat kamu, bukan hanya orang yang kamu hire saat hari H saja. Dengan begitu vendor akan merasa mempunyai hati yang dicurahkan saat hari H dan pastinya akan membuat kamu lebih bahagia, enjoy sebelum dan sesudah acara berlangsung!”