Acara Lamaran Nuansa Merah Muda ala Emyr dan Tiqa

By Gregoria Elsa on under The Engagement

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Residential

Colors

Vendor That Make This Happened

Lamaran

Event Styling & Decor Fleur Florist

Photography Tala.Img

Make Up Artist Vivi Thalib

Catering Umara Catering

Proses perkenalan, pacaran, hingga lamaran antara Tiqa dan Emyr terbilang singkat. Satu bulan sejak pertemuan pertama mereka berdua, Emyr langsung menghadap kedua orang tua Tiqa dan meminta izin untuk menikahinya. “I was quite surprised that my parents responded really well. Aku ingat respon ibuku yang singkat; “Anaknya sopan, baik, insha Allah ini jawaban dari doa ibu untuk Tiqa.” Berkat sikap dan keseriusan Emyr, Tiqa jadi makin memantapkan hati. Satu bulan berikutnya, Tiqa dan Emyr mulai menyiapkan acara lamaran dengan mencuri-curi waktu di sela kesibukan pekerjaan.

Di sela-sela persiapan acara lamaran dan kesibukan pekerjaan masing-masing, Emyr diam-diam menyiapkan personal proposal untuk Tiqa. Beberapa hari sebelum hari acara lamaran, dua sahabat Tiqa yaitu Bunga dan Nuran tiba-tiba mengajak Tiqa ke Bali untuk mengadakan intimate bridal shower. Saat itu, Emyr berpura-pura sedang dinas di luar kota. Di Bali, Tiqa dan sahabatnya berencana untuk menikmati sunset di pantai Seminyak. Dari kejauhan, Tiqa melihat begitu banyak balon dan lilin juga beberapa kamera, ia pikir di sana sedang ada foto keluarga atau prewedding. Bunga dan Nuran mengajak untuk melihat lebih dekat. “Then my heart literally skipped a beat when I saw Emyr standing there, holding a really big balloon written “Will you marry me?” on one hand, and a lil box on the other hand. Then he kneeled down, opened up the box that filled with a beautiful ring, and he asked the magic question. So tell me, how can I say no?” kisah Tiqa sambil tersenyum.

Tiqa dan Emyr mempersiapkan acara lamaran ini hanya dalam waktu 1 bulan. Dari awal, Tiqa sengaja tidak mengambil konsep acara yang kental dengan prosesi adat karena waktu persiapan hanya sedikit. Tiqa menginginkan acara lamaran dengan nuansa warna rose and gold. “Soalnya itu warna kesukaanku, aku suka kesan manis dengan sentuhan elegan yang diberikan oleh warna tersebut,” ujar Tiqa. Selanjutnya, Tiqa juga menghubungi beberapa vendor seperti dekor, fotografer, catering, dan makeup artist. Dalam melakukan berbagai persiapan, Tiqa juga merasa sangat terbantu dengan kehadiran sahabatnya, Bunga dan Nuran, yang telah ikut menyusun acara, hunting vendor, dan sebagainya.

Salah satu kesulitan yang dihadapi Tiqa dalam persiapan lamaran adalah membuat kebaya. Dia mendapatkan bahan kebaya baru 2 minggu sebelum hari-H, dan beberapa designer yang sudah ia incar ternyata tidak bisa menerima jahitan dadakan karena sedang banyak orderan. Kemudian salah satu sahabat Tiqa menyarankan untuk menjahitkan kebaya di salah satu langganan keluarganya, Tiqa pun langsung setuju. “Selama ini aku selalu menyukai baju-baju temanku yang dirancang oleh Tante Susi. Tante Susi pun menyanggupi untuk membuatkan kebayaku kurang dari 2 minggu. Awalnya aku tidak berharap banyak karena waktu yang sudah mepet, tapi ternyata hasilnya bagusss! Saat hari-H, semua orang memuji kebayaku dan menanyakan di mana aku menjahitnya. Terima kasih Tante Susi!” ucap Tiqa.

Saat acara lamaran, Tiqa dan Emyr sempat merasa tegang dan sedikit khawatir saat merupakan hari pertama pertemuan keluarga mereka. Mereka berdua sudah terbiasa menjadi penyambung lidah keluarga masing-masing, dan telah saling menceritakan keluarga pasangan kepada keluarga sebelum hari-H, agar masing-masing keluarga tidak terlalu merasa asing. Peranan wakil keluarga dalam acara lamaran juga sangat penting, karena dialah yang membuka acara, mengenalkan keluarga dan secara tidak langsung mengatur mood acara. “Kebetulan wakil dari keluarga Emyr adalah sosok yang luwes berbicara dan tidak kaku, sering menyelipkan bahan candaan, suasana pun jadi lebih cair dan akrab,” jelasnya.

Ada dua hal yang paling berkesan dalam acara lamaran Tiqa dan Emyr. Yang pertama adalah ketika Tiqa dipanggil masuk ke ruangan, yang datang adalah tiga orang perempuan ditutupi dengan kain sehingga hanya terlihat bagian kaki saja, dan Emyrpun harus menebak siapa wanita yang akan dipinangnya. Hal tersebut berhasil membuat suasana mencair dan menjadi semarak. Hal kedua adalah saat Tiqa meminta izin untuk menerima lamaran Emyr kepada kedua orangtua. Rasa haru dan bahagia bercampur jadi satu. “Momen lamaran ini juga merupakan pertama kalinya keluargaku bertemu dengan keluarga Emyr, sempat ada kekhawatiran apakah akan terjadi ketidakcocokan. Tapi Alhamdulillah perkenalan keluarga berjalan lancar dan hangat,” ungkap Tiqa.

Top 3 vendors yang dipilih oleh Tiqa dan Emyr adalah:

1. Fleur Florist and Decor

“Aku memakai Fleur sebagai vendor dekor awalnya karena aku sudah mengenal ownernya, jadi saat itu aku pikir akan lebih mudah untuk komunikasi apalagi dalam waktu yang mepet. Tapi ternyata mereka benar-benar bisa diandalkan, mereka bisa diajak berdiskusi dan memberi saran dalam mengeksekusi desain dekor yang aku mau. Dalam pengerjaannya juga mereka terus mengabarkan aku, mengirimkan contoh barang, pilihan bunga yang akan dipakai, dan begitu fleksibel jika aku kurang suka dengan pilihan yang ada. Mereka juga bekerja cepat dan tepat waktu, dan dengan biaya yang sangat affordable. Hasilnya begitu cantik dan membuat aku puas.”

2. Vivi Thalib

“Make up mba Vivi sangat pas untukku, mba Vivi bisa memberikan pulasan make up natural dan flawless, make upnya juga tahan lama. Make up yang cantik itu salah satu hal yang penting karena bisa membuat kamu merasa percaya diri selama acara, dan mba Vivi berhasil membuatku merasa seperti itu seharian.”

3. Tala.Img

“Kami merupakan klien pertama Tala dalam hal foto lamaran atau wedding, tapi kami tidak meragukan Tala karena memang kami sudah mengenal ownernya dan sudah mengetahui hasil foto mereka. Tala datang tepat waktu, begitu kooperatif dan banyak mendapatkan hasil foto yang cantik!”

Bagi para pasangan yang sedang menyiapkan acara lamaran, Tiqa membagi tips berikut:

  1. Dalam mempersiapkan lamaran, yang harus diingat adalah tujuan dari acara tersebut, yaitu pertemuan kedua keluarga untuk meminang kamu, jadi fokuslah untuk membuat kedua keluarga merasa nyaman, juga perhatikan isi acara sehingga bisa membuat suasana nyaman dan akrab.
  2. Jika kamu tidak menggunakan jasa WO, kamu bisa meminta tolong bantuan sahabat dekat atau keluargamu untuk mengatur jalannya acara, bahkan mereka terkadang bisa lebih mengerti apa yang kamu mau karena sudah mengenalmu luar dalam.
  3. Dilarang stres! Tentunya kamu pingin lamaran berjalan perfect sesuai kemauan kamu, but trust me, it doesnt have to be perfect to be wonderful. it’s not about what kind of dress that you wear, or what kind of flowers to decorate the place. At the end of the day I just realized what matters the most was having a man that really want you to steal his last name, having new famiy to lovem and having your important people around on that day.
×