Akad atau Pemberkatan dan Resepsi Beda Hari? Ini Plus Minusnya

By Penna on under How To, Wedding Day

Akad atau Pemberkatan dan Resepsi Beda Hari? Ini Plus Minusnya

Proses pernikahan kerap terdiri dari 2 acara utama, akad nikah atau pemberkatan dan resepsi pernikahan. Bagi beberapa pasangan, kedua acara ini bisa dilakukan pada hari yang sama dan hanya berselang beberapa jam saja. Namun, ada pula pasangan yang memilih menggelar akad nikah dan resepsi pernikahan di hari yang berbeda.

Pemilihan tanggal akad nikah atau Pemberkatan dan resepsi biasanya kembali lagi kepada pasangan, apakah sengaja memilih penanggalan dan hari yang baik, disesuaikan dengan ketersediaan venue, ataupun hal-hal personal seperti tanggal istimewa bagi pasangan. Jadi, buat pasangan yang ingin melangsungkan akad nikah dan resepsi pernikahan, baik di hari yang sama ataupun berbeda, pelajari dulu plus minusnya berikut ini :

Akad Nikah atau Pemberkatan & Resepsi Di Hari Yang Sama

Poin Plus:

1. Biaya Pernikahan Lebih Ringan

Keunggulan pertama dari acara pernikahan yang dilangsungkan selesai secara bersamaan adalah soal anggaran atau biaya yang lebih kecil dibandingkan jika digelar terpisah. Penggunaan jasa vendor seperti fotografer, videografer, makeup artist & hairdo, dbsnya akan terhitung cukup 1 kali saja. Sama halnya juga dengan gaun pernikahan, apabila menggunakan busana pengantin rental juga harus dibayar untuk 2 hari terpisah.

2. Repot Cukup Sekali

Ajang pernikahan akan melibatkan banyak orang, bukan hanya pasangan saja. Jika akad nikah dan resepsi diadakan secara bersamaan, maka seluruh pihak yang terlibat hanya akan disibukkan dalam seharian penuh. Walaupun memang menguras tenaga, tetapi akan ada rasa puas karena misi sudah selesai dilaksanakan.

Poin Minus:

1. Memesan Venue

Jika anda ingin mengadakan acara pernikahan seharian penuh, maka harus mengantisipasi sejak jauh hari. Hal ini karena ada kekhawatiran penuhnya venue incaran yang harus di-booking untuk penggunaan seharian.

2. Menguras Tenaga

Untuk menggelar akad nikah dan pernikahan di hari yang sama, stamina dan kondisi tubuh harus prima karena akan terasa cukup melelahkan. Jika anda dan pasangan sudah sempat disibukkan dengan persiapan pernikahan, pastikan sudah beristirahat dengan cukup supaya hari H terasa semakin berkesan.

 

Akad Nikah atau Pemberkatan & Resepsi Di Hari Yang Berbeda

Poin Plus :

1. Lebih Santai & Fleksibel

Memisahkan akad nikah dan resepsi pasti akan terasa lebih tidak memberatkan pasangan. Biasanya setelah menjalani akad nikah, pasangan bisa lebih fokus pada resepsi yang akan datang, sehingga persiapan pun semakin matang.

2. Ketersediaan Venue

Karena hanya akan menggunakan venue untuk satu keperluan saja dengan durasi yang lebih pendek, pasangan akan punya lebih banyak harapan untuk memilih venue favorit sesuai impian.

Poin Minus :

1. Biaya Membengkak

Memisahkan akad nikah dan resepsi pernikahan lebih cocok untuk kalian yang punya budget besar karena otomatis biaya akan lebih besar. Dimulai dari jasa vendor, transportasi, hingga tata rias pasti harus dilakukan secara terpisah.

2. Perjalanan Dua Kali

Untuk tamu undangan yang berlokasi di luar kota, otomatis harus menyisihkan lebih banyak waktu untuk bisa menghadiri akad nikah dan resepsi pernikahan di hari yang berbeda. Namun ini juga bisa memberikan fleksibilitas untuk tamu undangan yang hanya bisa hadir di salah satu acara pernikahan anda.

×