Akad Nikah Simple nan Cantik di The Belleza Suites ala Alya dan Reva

By Renya Nuringtyas on under The Wedding

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Hall

Colors

Vendor That Make This Happened

Venue The Belleza Suites Permata Hijau Albergo Tower

Event Styling & Decor Fiori.co

Photography Bootes Photography

Make Up Artist Andini fdzrn

Bride's Attire D E V I N A S H A N T I

Wedding Organizer Rich Organizer

Others Photobooth by Fotomoto Photobooth

Perkenalan Alya dengan Reva bisa dibilang perkenalan yang sangat tidak terduga. Alya dan Reva tinggal di kota yang berbeda, budaya yang berbeda, dengan zona waktu yang berbeda, namun disatukan oleh satu kesamaan, yaitu sama-sama pecinta olah raga dan sama-sama berprofesi sebagai atlet nasional Indonesia. Alya merupakan atlet Water Polo yang juga bertanding di ajang Asian Games 2018 yang lalu, dan Reva merupakan pesepakbola yang bergabung dengan tim PSM Makassar.

Alya dan Reva berkenalan di bulan Februari hanya melalui Instagram. Tidak butuh waktu lama, setelah perkenalan itu mereka pun mulai menjalin komunikasi yang lebih intens sampai akhirnya memutuskan untuk menjalani hubungan yang lebih serius. Sebagai sesama atlet, mereka menemukan banyak kecocokan yang tidak pernah mereka temukan sebelumnya. Sebagai pecinta bola, Alya tidak pernah menyangka kalau jodohnya adalah seorang pemain bola. Reva selama ini pun mengaku kalau ia belum pernah menemui perempuan yang mengerti profesinya sebagai pemain bola dengan kesibukan dan jadwal latihan yang sangat padat, sampai ia bertemu dengan Alya yang merupakan pecinta bola dan sangat mengerti profesinya.

Selama menjalani hubungan, mereka mengaku tidak pernah muluk-muluk dan tidak pernah terlalu berharap mereka bisa sering bertemu, karena mereka berdua sama-sama sibuk dengan jadwal masing-masing yang tidak bisa ditinggalkan. Kebetulan saat itu Reva sedang sibuk dengan Liga 1 yang tengah bergulir dan mengharuskan Reva dan timnya berkeliling ke banyak kota di Indonesia untuk pertandingan. Di saat yang sama, Alya juga tengah sibuk dengan persiapan untuk bertanding di Asian Games 2018 sehingga mereka tidak bisa berharap terlalu banyak untuk bisa bertemu.
Pertemuan pertama mereka terjadi di salah satu Mall di Kota Makassar yang merupakan kota tempat tinggal Reva. Pertemuan yang baru terjadi 3 bulan setelah perkenalan pertama di Instagram itu terjadi secara kebetulan saat Alya dan keluarganya pergi berlibur ke Makassar setelah Lebaran. Pertemuan yang tidak sengaja itu ternyata meninggalkan kesan yang mendalam untuk mereka berdua sampai satu bulan setelahnya Reva pun datang ke Jakarta khusus untuk menyaksikan Alya bertanding di Asian Games 2018, dan semenjak itu semuanya mulai berjalan dengan sendirinya tanpa direncanakan sampai akhirnya mereka pun sampai di momen pernikahan.

Tidak ada momen sweet proposal atau semacamnya. Proses menuju pernikahan berjalan dengan sangat natural tanpa direncanakan. Tidak pernah ada momen resmi pacaran dan Reva pun tidak pernah secara langsung ‘nembak’ Alya, tapi suatu hari di Pantai Losari Makassar mereka membicarakan mengenai topik pernikahan yang memunculkan pertanyaan, ‘apa mungkin kita menikah?.’ Pertanyaan itu pun akhirnya terjawab dengan diadakannya acara akad nikah yang baru-baru ini digelar di Jakarta.

Tanggal acara lamaran dan akad nikah ditentukan dengan menyesuaikan jadwal pertandingan Alya dan Reva. Acara lamaran diselenggarakan H-2 sebelum akad nikah jadi tidak terlalu jauh dari acara akad nikah. Keluarga Reva datang ke Jakarta selama 6 hari untuk acara lamaran sekaligus akad nikah, jadi bisa menghemat waktu dan juga biaya transportasi dari Makassar ke Jakarta.

Untuk acara akad nikah, Alya dibantu oleh WO yang baru berdiri namun sangat profesional, @rich_organizer. Akad nikah sendiri diselenggarakan di kota tempat tinggal Alya yaitu Jakarta, dan acara resepsi rencananya akan digelar di kota tempat tinggal Reva, Makassar, dengan waktu yang saat ini masih didiskusikan oleh keluarga. Untuk acara akad nikah Alya menginginkan konsep yang berbeda dari biasanya dengan insiprasi dari acara pernikahan yang simple seperti budaya barat, dengan suasana yang santai namun tetap penuh makna.

Konsep yang diangkat adalah konsep internasional namun tetap memiliki sentuhan tradisional dengan mengenakan pakaian adat Songko Makassar. Alya juga memutuskan untuk tidak menggunakan pelaminan supaya ia dan Reva bisa mingle dengan para tamu sambil bercerita mengenai kisah awal pertemuan mereka berdua. Untuk dekorasi, Alya juga menambahkan photo booth untuk menambah suasana seru dan bahagia dengan dibantu oleh vendor fiori.co. “Aku cuma bilang kalau intinya aku menginginkan dekorasi rustic namun simple dengan budget yang tidak terlalu besar, dan tanpa disangka akhirnya para vendor dengan senang hati meng-endorse aku, hehe..”

Untuk pakaian Alya dan Reva sama-sama memilih warna putih agar terlihat lebih elegan, dengan kain yang didapatkan dari dua tempat berbeda. Reva membeli pakaiannya di salah satu penjahit jas di Makassar, sementara Alya membeli kain brokatnya di Jakarta. Untuk bawahan mereka membeli kain yang sama agak terlihat serasi.

Mempersiapkan acara akad nikah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan Alya dan Reva. Selain karena lokasi mereka yang berbeda kota, mereka juga harus menyesuaikan semuanya dengan jadwal latihan dan pertandingan, “WO sampai mendatangi aku ke tempat latihan dan rela pagi-pagi bertemu dengan Reva saat ia sedang berada di Jakarta untuk meeting sebentar di hotel tempat Reva menginap, sebelum ia kembali ke Makassar,” kenang Alya.

Namun semua itu terbayar dengan acara akad nikah yang berjalan dengan lancar tanpa ada tantangan yang berarti. Satu hal yang paling berkesan untuk Alya dan Reva adalah kehadiran para tamu yang tidak pernah mereka sangka akan hadir. “Acara pernikahan kami disaksikan langsung oleh menteri Pemuda dan Olahraga Bapak Imam Nahrawi, sangat membanggakan bagi kami berdua, dan juga dengan kehadiran banyak teman-teman atlet dan pesepakbola, seru banget!” ujar Alya.

Top 3 vendor pilihan Arya untuk acara akad nikahnya adalah @bootesphotography, @rich_organizer dan The Belleza Suites Albergo Tower, “semuanya memberikan full service, sangat mengerti kesibukan kami dan berhasil membuat acara akad nikah terlihat sangat cantik padahal acaranya sendiri sangat simple. Belleza juga memberikan harga yang murah banget untuk tempat yang luas dan mewah,” tutup Alya.

Ia juga memberikan tips buat kamu yang sedang mempersiapkan acara akad nikah:

“Tips yang utama adalah pilih tempat yang memudahkan kamu supaya semua bisa berjalan dengan lancar, jangan tempat yang terlalu banyak aturan, dan yang paling penting jangan sampai salah memilih fotografer, karena saat ini apabila fotografer mengerti konsep acara, hasilnya pasti akan bagus. Jangan lupa juga untuk menggunakan jasa WO supaya kamu tidak perlu pusing. Tidak perlu mencari yang terlalu mahal, tapi pastikan layanan yang diberikan bagus, demikian juga untuk vendor dekorasi, karena jadi sayang kalau terlalu mahal, hehe..”

Shop