Alasan Kenapa Harus Tinggal Terpisah dari Orang Tua

Setelah menikah, kamu sudah bebas memilih antara tetap tinggal bersama orang tua atau tinggal hanya berdua dengan pasangan, yaitu dengan keluar dari rumah dan tinggal berpisah dengan orang tua. Tentunya, kedua pilihan tersebut mempunyai pertimbangan baik dan buruknya masing-masing.

Untuk kamu yang masih bingung menentukan pilihan, ini dia pertimbangan mengapa harus tinggal berpisah dengan orang tua setelah menikah.

1. Bebas mengatur dan membina rumah tangga sendiri

Sebagai orang tua, sudah suatu hal yang pasti mereka ingin yang terbaik untuk anaknya, salah satu caranya dengan ikut berkontribusi untuk mengatur dan membina rumah tangga anaknya. Tentunya, berdasarkan pengalaman, pasti mereka para orang tua merasa keputusan dan jalannyalah yang terbaik untuk dijalani. Tentunya, hal ini akan mengganggu bagi sebagian orang, terutama untuk pasangan muda yang masih ingin bebas dan mengatur rumah tangganya sendiri. Nah, ketidakcocokan tersebut umumnya bisa membangun konflik dengan orang tua, terutama mertua.

2. Tidak ada yang akan merasa terpojok

Selagi terjadi permasalahan diantara kalian berdua, pastinya orang tua berniat baik untuk menjadi penengah dan membantu menyelesaikan permasalahan rumah tangga kalian. Sebagai menantu, bukan hal yang tidak mungkin kamu merasa terpojok saat mertuamu membela pasanganmu untuk permasalahan yang terjadi. Agar lebih adil dan juga sama-sama enak, lebih baik permasalahan diantara kalian selalu diselesaikan diantara kalian pula.

3. Semua terselesaikan dengan tuntas

Di saat orang tua sudah berusaha untuk membantu menyelesaikan masalah, mau tidak mau kamu dan pasangan menurunkan ego untuk berbaikan karena perasaan tidak enak di depan orang tua yang berada di rumah yang membuat suasana di rumah menjadi canggung. Jika tinggal hanya berdua, kalian bebas beradu pendapat bahkan sampai dini hari demi tuntas menyelesaikan masalah.

4. Bisa menjadi diri sendiri

Dengan tinggal hanya berdua dengan pasangan pastinya kamu bisa lebih menjadi diri sendiri dan pasangan. Kalian tidak akan jaim atau “jaga image” di depan orang tua setiap hari. Mulai dari bermalas-malasan di hari minggu pagi, bahkan sampai makan makanan junk food setiap malam dan hanya tidur-tiduran di rumah sepanjang hari sabtu.

5. Mengurangi konflik dengan mertua

Menjaga jarak tetaplah hal yang terbaik. Meskipun mertua sudah menjadi orang tua kita juga, namun untuk tinggal bersama pastinya perlahan akan muncul konflik yang ada. Mulai dari perbedaan pendapat untuk jenis masakan, pola tidur, bahkan hingga untuk mengurus anak sekalipun. Jadi, akan lebih baik menjaga hubungan dengan mertua namun tetap mengunjunginya seminggu sekali.

6. Menjadi lebih terbuka

Dengan hanya bebas berdua dengan pasangan di rumah, kalian akan merasa lebih terbuka atas satu sama lain karena tidak ada pembatas diantara kalian. Orang tua memang merupakan bagian dari hubungan rumah tangga, namun, dengan kehadiran mertua di rumah, pasti mau tidak mau kamu akan berusaha yang terbaik, bukan hal yang tidak mungkin kamu malah menjadi orang lain.

7. Benar-benar berjuang untuk rumah tangga dari awal

Mulai dari tagihan yang melonjak hingga pengehematan untuk kebutuhan rumah tangga pasti akan kalian rasakan dan nikmati berdua jika tinggal berpisah dengan orang tua. Di saat orang tua berada di rumah, bukan hal yang tidak mungkin kamu tetap bisa makan enak karena masakan sang mama meskipun sedang menghemat. Bukan hal yang tidak mungkin juga sang mama akan menawarkan bantuan setiap kali merasa anaknya sedang terlilit kebutuhan rumah tangga.

Mertua memang sudah menjadi orang tua setelah menikah. Namun, akan menjadi lebih baik jika kita menghindari konflik dengan mertua setelah menikah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *