Alasan Mengapa Pria Takut Ajak Menikah

By Rebebekka on under How To, Relationship

Sering ya kita dengar wedding joke yang ditujukan untuk para pria. Bahkan ada yang sampai mengatakan pernikahan merupakan tahap “game over” dalam hidup mereka. Di saat para wanita sibuk mendambakan bagaimana pernikahan impiannya, beberapa pria justru membuat candaan bahwa pernikahan adalah sebuah nightmare. Banyak juga diantara mereka yang takut untuk mengajak pasangannya menikah meski sudah berpacaran cukup lama. Ternyata alasan para pria dalam ketakutannya mengajak menikah beragam – ragam. Berikut beberapa alasan dari pria yang takut mengajak pacarnya menikah.

  1. Takut tidak mendapat restu dari orangtua pacar

Dia tahu benar orangtua kamu tidak merestuinya dari sikap mereka kepada pacar kamu. Walaupun dia cinta dan sayang sama kamu namun ketakutannya untuk meminta restu kepada orangtuamu seringkali menjadi penyebab dia takut mengajak kamu untuk menikah. Faktor penghambat restu dari orangtua bermacam – macam, bisa karena latar belakang keluarga pacar kamu, pekerjaannya, perbedaan agama, perbedaan suku, atau memang sentimen tersendiri dari orangtua kamu dengan si pacar. Coba selidiki dan menjadi penengah yang baik antara orangtua kamu dan pacar sehingga bisa mendapatkan jalan keluar yang terbaik.

  1. Takut tidak bisa membahagiakan pasangan

Ternyata beberapa pria memiliki ketakutan besar seperti ini loh, brides! Mereka takut sekali apabila tidak sanggup membahagiakan pasangannya kelak. Memang dalam berumah tangga, faktor cinta saja tidak cukup untuk menyelesaikan semuanya. Namun ada baiknya kamu berdiskusi dengan pasangan kamu hal seperti apa yang dapat membuatmu bahagia agar dia tidak perlu memiliki kekhawatiran seperti itu lagi.

  1. Takut tidak mencintai dengan sungguh – sungguh

Pacaran dengan waktu yang lama belum tentu dikarenakan kita saling mencintai. Bisa saja karena salah satu diantara kalian atau malah dua – duanya hanya “tidak mau (tidak bisa) sendiri.” Karena tidak tulus mencintai tentu saja ajakan untuk menjadi teman hidup tidak pernah datang.

  1. Takut tidak cukup mapan

Ini merupakan ketakutan terbesar dari para pria ketika ajak pasangannya untuk menikah. Apakah mereka sudah cukup mapan untuk membiayai segala kebutuhan istrinya kelak setelah menikah. Rata – rata umur pria untuk siap menikah di Indonesia adalah 25 – 30 dimana biasanya saat itu mereka baru saja merintis pekerjaan ataupun bisnis mereka. Itulah sebanya mereka seringkali khawatir dengan hal ini.

  1. Takut dengan biaya pernikahan

Kita tahu sendiri biaya pernikahan memang sangat besar. Walaupun dibuat se-intimate mungkin tetap saja biayanya menguras tabungan dan isi dompet. Urusan uang memang sensitif, namun ada baiknya jika hal ini yang dipermasalahkan oleh pasangan kamu, kamu bisa mendiskusikannya dengan serius dan berencana untuk membuat pernikahan yang sesuai dengan budget yang ada. Lagipula pernikahan yang indah dan dikenang bisa juga kok dengan dana yang terbatas. Cek inspirasinya di The Bride Dept ya brides!

  1. Takut dengan bayang – bayang masa lalu

Mereka takut dengan bayang – bayang masa lalu dimana orangtuanya dulu sering bertengkar, tidak akur atau sudah bercerai. Mereka tidak ingin mengulangi lagi kepahitan yang pernah mereka alami dulu sehingga takut untuk mengajak kamu menikah. Jika ini masalahnya, kamu bisa bicara dari hati ke hati dan jika perlu temani dia ke psikolog untuk mengobati trauma dan luka lamanya.

Nah, yang manakah ketakutan yang dialami pasangan kamu sekarang brides? Cobalah untuk cari tahu secara perlahan dan pikirkan apakah ketakutannya beralasan atau tidak. Jika beralasan kamu bisa membantu memecahkannya dengan diskusi lebih dalam dengannya. Jika tidak dan terkesan dibuat – buat. tanyakan lagi pada diri kita sendiri, apakah kita mau membuang – buang waktu kita dengan orang yang tidak tepat? Cheers!