the bride dept seserahan dekraft

Apa Saja Sih Isi Kotak Seserahan?

“Apa saja sih isi seserahan?” adalah pertanyaan yang pasti selalu ditanyakan oleh calon pengantin. Seserahan memang selalu jadi bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh calon pengantin wanita. Karena di saat inilah ia bisa memperoleh hadiah yang banyak. Isn’t it exciting?

Isi seserahan memang bisa berbeda-beda untuk setiap daerah di Indonesia karena biasanya ada pakem-pakem yang harus diikuti. Akan tetapi, jaman sekarang semakin banyak calon pengantin yang memilih untuk tidak mengikuti adat dan memilih isi seserahan yang lebih bisa mereka pakai sehari-hari. Ketika saya menikah beberapa waktu yang lalu, saya memilih seserahan yang isinya bisa saya gunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun karena saya memiliki keturunan Minang, maka keluarga saya meminta untuk memasukkan adat tersebut ke dalam seserahan. Salah satunya adalah kue yang bertekstur lengket seperti kue talam. Katanya sih biar saya dan suami bisa lengket selamanya. Hihi.

Isi seserahan untuk calon pengantin wanita:
1. Perlengkapan beribadah
Hal ini tentu sesuai dengan agama yang kamu dan pasangan anut. Untuk pasangan muslim, biasanya calon pengantin wanita akan diberikan mukena, sajadah dan juga tasbih.

2. Pakaian lengkap, tas dan sepatu
Jenis pakaian yang diberikan biasanya tergantung kesepakatan bersama. Beberapa calon pengantin wanita memilih untuk diberikan kebaya dengan kain batik atau songket untuk bawahan, tetapi ada juga yang memilih dress. Tak jarang juga ada yang meminta untuk dibelikan pakaian kerja saja. The choice is yours! Banyak juga yang menambahnya dengan tas (bisa tas sehari-hari atau clutch pesta) dan juga sepatu.

3. Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi
Seserahan ini biasanya berupa sabun, shampoo, scrub, handuk dan hal lainnya yang biasa kamu gunakan untuk merawat tubuhmu.

4. Peralatan kosmetik
It could be anything from foundation, loose powder, mascara, eyeliner to lipstick!

5. Perhiasan
Perhiasan di sini berbeda dengan cincin pernikahan. Biasanya perhiasan yang diberikan sudah satu set mulai dari kalung hingga anting. Pada pernikahan adat Jawa, biasanya perhiasan yang dipilih adalah perhiasan yang terbuat dari emas, intan, atau berlian. Hal ini memiliki makna agar sang calon mempelai wanita selalu bersinar dalam kehidupannya.

6. Makanan
Makanan ini bisa berupa kue tradisional, kue modern seperti red velvet cake atau bahkan singgang ayam untuk kamu yang memakai adat Minang. Saran dari kami, pilihlah makanan yang kamu memang sukai agar tidak mubazir!

7. Buah-buahan
Pilihlah buah-buahan yang memang disukai oleh kamu dan keluargamu. Sedikit tips dari kami, janganlah meminta buah dengan ukuran besar, seperti semangka. Sebenarnya tidak ada alasan khusus, tapi pasti akan berat banget untuk dibawa! Hehe.

Isi seserahan untuk calon pengantin pria:
1. Perlengkapan beribadah
Bisa hanya sarung dan sajadah atau juga ditambah dengan baju koko. Your choice!

2. Pakaian lengkap dengan tas dan sepatu
Nah biasanya untuk pria bisa diberikan kemeja batik atau jas dengan kemejanya. Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa menambahkan aksesoris seperti belt atau cufflink.

3. Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi
4. Makanan
5. Buah-buahan

Satu hal yang harus diingat, jumlah kotak seserahan tergantung dari kesepakatan kedua calon pengantin. Jadi bukan berarti kotak seserahan harus berjumlah 7 lho! Akan tetapi karena di Indonesia sudah tercampur dengan budaya Jawa, maka jumlah kotak seserahan memiliki jumlah yang ganjil, seperti 5, 7, 9, dan seterusnya. Hal lainnya yang harus diingat adalah kotak seserahan untuk CPW dan CPP biasanya memiliki jumlah yang berbeda. Misalnya apabila CPW menerima 9 kotak, maka CPP akan menerima kotak seserahan dengan jumlah yang lebih sedikit. Namun tidak ada aturan yang mengikat mengenai hal tersebut, semuanya kembali lagi kepada kesepakatan antara kedua belah pihak. Jadi jika kalian ingin memberikan dan menerima jumlah yang sama then go ahead!

21 thoughts on “Apa Saja Sih Isi Kotak Seserahan?

  1. Hi kak… vendor yg bagus untuk seserahn, apa ya????

  2. zlatasilver

    halo mba, kalau seserahan gini biasanya diberikan saat lamaran atau saat menikah ya mba??

    • Biasanya sih ketika lamaran yaa. Tapi kalau mau saat menikah juga boleh kok 🙂

  3. Mau tanya dong.. kalo untuk seserahan pria yg membuat dari pihak wanita bukan.?? Mohon pnjelasan’a..

  4. Mbak, kalau pada saat lamaran yang dibawa oleh pihak pria itu sebenarnya apa saja ya?

    Pihak wanita tidak perlu menyiapkan balasan atas barang yang dibawa oleh pihak pria kan?

    Karena menurut tradisi Chinese, kalau pada prosesi sangjit baru-lah kedua belah pihak melakukan seserahan (pria menyerahan barang2 apa yang menjadi kebutuhan utk wanita dan wanita pun menyerahkan barang2 apa yang menjadi kebutuhan pria).

    Terima kasih sebelumnya.

    • Hi mbak Shanti,
      Iya kalau menikah dengan adat Chinese biasanya seserahan baru dilakukan pada prosesi sangjit. Tapi kalau dengan adat nasional lainnya, biasanya seserahan ini dilakukan pada saat lamaran atau sebelum pernikahan. Dan biasanya sang CPW membawakan hantaran balasan untuk CPP.
      Semoga menjawab ya mbak!

  5. Kalau untuk pernikahan adat Tionghoa, apa saja ya isi seserahannya? Thank you

  6. hai! aku mau nanya, apakah prosesi seserahan ini wajib? atau kembali ke kesepakatan kedua belah pihak? thanks

  7. Artikelnya sangat informatif! aku mau nanya, apakah setiap adat di Indonesia memiliki pakemnya masing-masing untuk seserahan?

  8. Artikelnya membantu sekali, jadi ga bingung mau isi kotak seserahan apa.

  9. Trimakasih artikelnya

  10. Hai,
    untuk yang mau sewa kotak seserahan bisa liat-liat dulu di IG @yourcraft_store ya!

    murah lo 500rb sudah dapat sewa 16 kotak !

    🙂

  11. Wahh… very nice share info nih cece cantik. 🙂
    hatur tengkyu pisan..

    jadi pengen nikah neeehhh hehee

    ayo… para cwek yg jomblo! Ping me!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *