Apa Saja Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menikah di Bali?

By Pravita Hapsari on under Meet The Expert, Wedding Organizer

Ana & Adie Exchange Vow Ceremony di Tirtha Bridal Bali

Menikah di Bali mungkin menjadi salah satu impian para calon pengantin, karena dengan dekorasi yang minim saja sudah bisa mendapatkan pemandangan yang indah. Saat ini Bali tidak hanya menjadi destinasi wisata tetapi juga menjadi pilihan untuk destinasi pernikahan. Kami pun sempat mewawancarai Paul dari Bali Wedding Specialist yang juga mengurus pernikahan Ana Octarina dan Adie Baron di Bali kemarin seputar persiapan untuk menikah di Bali.

Hi Paul, kita mau tanya nih apasaja langkah-langkah penting yang harus dipersiapkan untuk awal mula merencanakan acara pernikahan?

“Untuk para calon pengantin, langkah-langkah yang penting itu:

  1. Tetapkan hari dan tanggal pernikahan yang sudah terlebih dahulu didiskusikan dengan keluarga
  2. Tentukan budget atau anggaran biaya untuk pernikahan
  3. Mencari beberapa pilihan venue yang kira-kira cocok dan sesuai dengan budget yang sudah disiapkan
  4. Membuat daftar tamu dan perkiraan jumlah undangan
  5. Mencari wedding planner yang dipercaya dan bisa membantu mulai dari membuatkan checklist dan menemukan venue yang pas, juga memilih vendor lain yang bisa disesuaikan dengan budget dari calon pengantin. Perlu diingat, wedding planner biasanya sudah lebih tahu dan mengerti mengenai venue dan vendor-vendor yang ada dan nanti juga akan dibantu bernegosiasi dengan vendor. Hal ini tentunya akan mempermudah calon pengantin untuk mempersiapkan semua hal yang diperlukan sampai hari H.”

Sudah banyak calon pengantin yang berasal dari luar kota bahkan luar negeri ingin menikah di Bali, nah itu bagaimana cara mereka mengurus pernikahannya?

“Kalau calon pengantin berada di luar kota ataupun luar negeri, sangat disarankan untuk langsung datang terlebih dahulu ke lokasi dalam menentukan venue. Tampilan di foto dan aslinya kadangkala bisa berbeda, karena pemilihan venue merupakan salah satu hal yang sangat penting jadi harus disesuaikan dengan keinginan dan juga budget calon pengantin. Setelah menemukan beberapa pilihan venue, konsultasikan kepada wedding planner yang akan membantu mempersiapkan pernikahan kalian nantinya. Wedding planner inilah yang akan menjadi representasi calon pengantin dan membantu semua persiapan dari checklist, negosiasi dengan venue dan vendor-vendor, konsultasi untuk tema dan konsep, membuatkan rundown, rehearsal sampai eksekusi pada hari H nantinya.”  

Apakah ada perbedaan mengurus pernikahan di Bali dan di Jakarta?

“Perbedaan yang paling mencolok ada pada venue. Untuk wedding di Jakarta biasanya lebih banyak menawarkan venue indoor (ballroom atau gedung) sedangkan di Bali dengan keindahannya menawarkan venue outdoor dengan pemandangan laut, tebing ataupun kebun. Jumlah tamu undangan juga pastinya berbeda dan ini berpengaruh juga dengan konsep dan keintiman dari acara. Bali Wedding Specialist sebagai salah satu wedding planner terbaik di Bali, menjaga keintiman dan konsep kebersamaan dari pengantin, keluarga dan para tamu undangan yang menjadikan itu sebagai salah satu prioritas kami dalam mempersiapkan sebuah pernikahan. Karena menurut kami, kenangan dan momen dari keintiman acara adalah salah satu yang paling diingat oleh para tamu undangan dan akan dibawa pulang nantinya.”

Adakah persiapan khusus untuk menyelenggarakan pernikahan outdoor yang mungkin berbeda dari biasanya?

“Dengan suasana outdoor yang dipilih, pastinya akan memiliki banyak tantangan. Untuk mencapai venue saja pastinya sudah memiliki tantangan tersendiri, selain itu juga ada resiko jika cuaca tidak mendukung. Disarankan untuk tidak memilih tanggal pernikahan di musim hujan ataupun kalau menyesuaikan dengan hari baik sangat disarankan untuk memakai tenda atau memilih venue yang menyediakan ballroom ataupun restaurant yang dapat digunakan sebagai Plan B apabila cuaca tidak mendukung. Dengan keindahan Pulau Bali dan juga tradisi dan keanekaragamannya, pawang hujan juga bisa menjadi pilihan. Percaya ataupun tidak percaya tapi pawang hujan sudah banyak membantu acara-acara outdoor yang ada di Bali.”

Lalu bagaimana cara meng-handle para tamu undangan yang datang dari luar kota atau bahkan luar negeri?

“Saran kami apabila memang ada budget akomodasi untuk tamu, pilihlah salah satu hotel yang bisa disesuaikan dengan budget untuk 1 atau 2 malam tamu menginap. Rata-rata hotel memiliki kontrak dengan wedding planner untuk group booking dan dipastikan bisa mendapatkan harga lebih special dari publish rate mereka. Dari Bali Wedding Specialist sendiri akan menyediakan service hospitality desk yang akan menyambut tamu-tamu di hotel ketika mereka sampai dan juga akan menginformasikan untuk schedule acara pada hari H nantinya kepada para tamu. Transportasi di hari H juga sangat diperlukan untuk mempermudah tamu undangan menghadiri acara sehingga bisa datang tepat waktu. Dari pengalaman, dengan menyediakan bis ataupun mini bis akan membantu kelancaran transportasi untuk tamu juga.”

Berapa rata-rata budget yang dibutuhkan untuk menggelar pernikahan di Bali dan untuk apa saja budget tersebut?

“Sebenarnya untuk pernikahan di Bali bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh pasangan. Sama seperti halnya barang, ada grade 1, grade 2 ataupun premium. Demikian halnya dengan pernikahan di Bali, budget dari calon pengantin akan disesuaikan dengan pilihan venue dan vendor-vendor yang cocok dengan budget calon pengantin. Semua bisa kita sesuaikan dengan dengan budget dan keinginan calon pengantin karena bagi kita setiap calon pengantin memiliki mimpi pernikahan yang berbeda satu dengan lainnya. Oleh karena itu, setiap wedding planner di Bali Wedding Specialist akan mendampingi secara personal calon pengantin yang akan memakai jasa kami dalam persiapan pernikahan mereka. Bagi kami tidak ada pernikahan kecil atau besar. Semua akan kami kerjakan dengan hati untuk kebahagian kedua mempelai dan keluarga.”

Pesta pernikahan Ana Octarina di Bali kemarin kan dibantu oleh Bali Wedding Specialist, nah ada nggak sih tantangan dalam mengurus pernikahan Ana kemarin?

“Well, sangat menarik mempersiapkan pernikahan Ana Ocarina karena pastinya tim The Bride Dept juga sangat membantu semua persiapan pernikahan mereka. Ana & Adie merupakan pribadi yang humble dan flexible jadi kita pun lebih mudah dalam mengatur semua hal yang dibutuhkan. Kedua mempelai ingin suasana outdoor dengan tema intimate romantic dengan pencahayaan dari fairy lights. Dengan kerjasama dari pihak venue dan semua vendor yang telah dipilih, acara pernikahan Ana & Adie berjalan dengan sangat lancar dan suasana keakrabannya pun sangat terasa. Dengan begitu banyak teman-teman dan keluarga mereka yang secara spontan menyumbangkan talenta mereka dan terlibat di sesi games yang telah kita persiapkan.”

Terakhir, ada tips untuk para brides-to-be yang ingin menikah di Bali?

“Tips-nya hanya satu, jangan pernah takut untuk bermimpi menyelenggarakan acara pernikahan di Bali. Pilihlah wedding planner yang sesuai dan bisa membantu persiapan pernikahan kalian dari awal persiapan sampai hari H nanti dan nikmatilah setiap prosesnya. Bali Wedding Specialist juga akan siap membantu calon pengantin dalam mewujudkan pernikahan impian mereka di Bali.”