Arti Barang Seserahan

By arinda.p on under How To

Salah satu hal yang paling ditunggu oleh para calon pengantin wanita dalam rangkaian proses pernikahan adalah ketika mendapatkan barang seserahan dari calon suaminya. Bagaimana tidak, kapan lagi bisa mendapatkan segitu banyaknya hadiah hehe. Seserahan merupakan simbolisasi dari pihak mempelai pria sebagai wujud tanggung jawab kepada pihak keluarga perempuan terutama orang tuanya. Biasanya calon pengantin wanita juga akan memberikan seserahan balasan atau angsul-angsul sebagai pengikat tanda kasih. Sang calon pengantin pria biasanya akan memberikan tray dalam jumlah ganjil kepada sang calon pengantin wanita. Tapi sudahkah kamu tahu arti dari tiap-tiap barang seserahan tersebut?

Beberapa waktu lalu, team The Bride Dept menemui Dita dari Rose Arbor Seserahan untuk berbincang mengenai berbagai arti barang seserahan tersebut! Sudah tahukah kamu apakah Rose Arbor Seserahan sendiri? Rose Arbor Seserahan adalah vendor jasa hias seserahan premium di Jakarta. Walaupun usianya masih relatif muda, tapi Rose Arbor Seserahan sudah memiliki klien yang banyak dikarenakan persediaan tray nya yang banyak dan ada dalam berbagai macam style. Nah, sebagai salah satu vendor yang memberikan jasa hias seserahan, tentunya Dita sudah sangat familiar dengan arti masing-masing perhiasan tersebut! Langsung baca di bawah ya untuk mengetahuinya!

1. Perhiasan

Selain cincin pertunangan, biasanya calon pengantin pria juga memberikan perhiasan kepada calon pengantin wanita. Menurut Dita, bentuknya bisa bermacam-macam. Bisa berupa liontin, gelang ataupun anting-anting. Perhiasan ini haruslah terbuat dari emas ataupun juga jika mampu bisa memberikan yang berhiaskan berlian. Dengan memberikan perhiasan, diharapkan sang calon pengantin wanita akan bisa selalu bersinar dan bercahaya di kehidupannya. Dita juga memberikan tips styling untuk tray seserahan ini, Dita menyarankan jika memberikan kalung untuk ditaruh di manekin leher seperti diatas ini supaya tampak lebih cantik. Let’s just say, we must agree with the expert! Right?

2. Satu Set Bahan Pakaian

Memberikan satu set bahan pakaian ini memiliki arti bahwa kedua calon pengantin harus bisa menyimpan rahasia rumah tangga mereka dengan baik. Menurut Dita, kebanyakan pengantin yang datang ke Rose Arbor Seserahan memberikan bahan brokat kebaya dan juga kain tradisional baik itu batik maupun songket sebagai bawahan. Sedikit tips dari Dita adalah untuk tidak melipat kain songket yang akan diberikan karena akan merusak kualitas kain tersebut. Cara yang benar adalah menggulungnya, jadi ingatkan pihak keluarga calon suamimu ya brides! Untuk bahan kali, kamu bisa melipatnya seperti biasa. Namun Dita menyarankan untuk mengkreasikan jenis lipatan agar terlihat lebih cantik. Contohnya sperti foto di atas di mana bahan dilipat dengan teknik tersendiri oleh tim Rose Arbor Seserahan agar terlihat cantik. Unik sekali ya!

3. Skincare atau Makeup Set

Kalau ini mungkin adalah seserahan favorit dari banyak calon pengantin wanita ya! Kapan lagi kan bisa meminta pacar kamu untuk membelikan skincare atau makeup! Iya, memang benar dari pengalamanku bersama klien biasanya mereka itu favorit seserahannya adalah skincare atau makeup set. Biasanya juga mereka memilih merek yang lebih mahal dari yang mereka pakai sehari-hari karena seserahan kan hanya diberikan sekali seumur hidup hehe,” ujar Dita. Skincare atau makeup set ini diberikan dengan maksud agar sang calon istri dapat menjaga penampilan dan bisa selalu tampil cantik di depan suami.

4. Tas (casual maupun clutch pesta)

Menurut Dita, pemberian tas ini menandakan bahwa sang calon pengantin pria nantinya mampu untuk membiayai segala keperluan calon istrinya termasuk aksesoris seperti tas. Satu tips dari juga Dita, untuk penataan tas pada kotak seserahan sebaiknya di dalam isi tas diberikan kertas tisu atau koran supaya tas bisa berdiri dengan tegak sehingga penataan terlihat rapih dan menarik. Seperti di atas ini yang dilakukan oleh Rose Arbor Seserahan. Cantik ya!

5. Sepatu

Kalau sepatu atau selop memiliki arti bahwa kedua pengantin harus selalu sejalan dalam kehidupan mereka. Tentunya diharapkan bahwa mereka berdua bisa selalu ada dijalan yang lurus ya! Tips lainnya dari Dita untuk penataan seserahan ini adalah penempatan sepatu bisa disatukan dengan tas supaya tray seserahan tidak tampak terlalu kosong. Contohnya adalah seperti penataan yang dilakukan oleh Rose Arbor Seserahan di atas. Tas dan sepatu diletakkan berdampingan dan diberikan hiasan mawar yang simple disampingnya agar tidak tampak terlalu ramai dan tetap elegan.

6. Seperangkat Alat Sholat

Memberikan seperangkat alat sholat sepertinya adalah salah satu barang seserahan yang ada pada pernikahan pasangan Muslim. Menurut Dita, sepanjang pengalamannya mengurus klien Muslim, pastinya selalu ada seperangkat alat sholat ini. Hal ini tentu memiliki makna bahwa pasangan suami istri nantinya harus selalu berpegangan pada agama.

Nah, kira-kira itulah arti dari tiap barang seserahan yang harus diberikan calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita! Adakah yang ingin kamu tanyakan lagi seputar arti barang seserahan? Oh iya, jika kamu tertarik untuk memakai jasa Rose Arbor Seserahan untuk penataan seserahan mu, kamu bisa menghubungi di 081232008600 atau 081281083525!

×