Wawancara Dengan Artea Organizer

Sebagai seorang calon pengantin, pastilah banyak sekali pertanyaan yang berseliweran di dalam kepala kamu. Terkadang kamu bisa menemukan jawabannya melalui teman, tetapi tidak jarang pertanyaan kamu tidak terjawab seluruhnya karena minim-nya pengetahuan dari orang yang kamu tanyakan. Oleh karena itu, kali ini The Bride Dept dan Artea Organizer akan meluangkan 1 jam khusus untuk menjawab pertanyaan kamu secara LIVE di feature terbaru kami yaitu Ask The Expert!

Artea Organizer adalah salah satu wedding organizer ternama yang sudah berdiri sejak tahun 2009 di Jakarta. Dengan 6 tahun pengalaman di wedding industry, Artea Organizer selalu memberikan pelayanan maksimal untuk setiap client yang ditangani oleh mereka. Hingga saat ini, Artea sudah menangani lebih dari Β 80 pernikahan di Indonesia, baik pernikahan tradisional maupun internasional. Beberapa dari mereka sudah pernah kami featured di The Bride Dept

1. Nita dan Ucha

2. Jessica dan Aldo

3. Danu dan Pingkan

4. Fabio dan Moon

Tidak hanya itu, Artea Organizer pun memiliki banyak pengalaman dalam bekerja sama dengan berbagai macam vendor, mulai dari venue, photographer, catering, dan banyak lainnya. Nah makin pengan kan berkonsultasi secara online dengan Artea Organizer?

Caranya mudah saja, kamu bisa langsung menanyakan semua yang kamu ingin tahu di comment section di bawah article ini dan Artea Organizer akan menjawab semuanya pada hari Rabu 24 Juni 2015, mulai dari pukul 12 hingga 1 siang. Jadi tunggu apa lagi! Tanyakan semua yang kamu ingin tahu sekarang juga!

65 thoughts on “Wawancara Dengan Artea Organizer

  1. Thank you for this session! Banyak banget pertanyaan tentang pernikahan yang aku pengen tanya.
    1. Lebih baik lamaran itu dilakukan berapa bulan sebelum pernikahan? Soalnya ada yang bilang setahun sebelumnya tapi ada juga yang bilang dekat2 aja. Jadi bingung.

    2. Apa hal pertama yang harus dilakukan untuk ngerencanain pernikahan? I dont know where to start, honestly…

    Thank you artea!!

    • Artea Organizer

      Dear Myana
      1. Tidak ada waktu yang bisa dibilang paling ideal untuk menentukan kapan Lamaran itu perlu diadakan.. yang paling penting, apakah hati kamu & pasangan mu telah siap ya? πŸ™‚

      Jika kalian sudah merasa yakin satu sama lain, dan betul-betul sudah siap berbagi kehidupan baik dalam suka maupun duka.. maka inilah saat yg tepat utk event Lamaran ini.

      Ada baiknya jika sudah tidak ada lagi halangan/masalah yang krusial dlm hubungan kalian yang masih perlu diselesaikan.. sehingga persiapan acara Lamaran sampai dengan hari H dapat berjalan mulus.

      Lamaran adalah one step forward menuju Pernikahan. Tidak perlu terburu-buru.. rencanakan dengan matang dan persiapkan segala sesuatunya dengan baik.

      Persiapan lamaran setidaknya butuh paling tidak 3 bulan. Ada baiknya jangan terlalu dekat dengan waktu pernikahan.. karena biasanya menjelang hari pernikahan kamu khususnya 3 bulan sebelumnya, kamu akan lebih intense mengurus hari pernikahan mu.

      Sebagai tambahan informasi, jika tidak ada acara Midodareni atau acara adat lainnya sebekum hari pernikahan, barang-barang Seserahan dapat diberikan saat Lamaran πŸ™‚

      2. Idealnya persiapan pernikahan membutuhkan 6 bulan.. sehingga calon pengantin punya waktu yang cukup untuk membandingkan beberapa pilihan vendor dan mempertimbangkannya.. serta mengeksplorasi konsep yang disukai.
      Langkah persiapan pernikahan secara garis besar :
      1. Buatlah Timeline Preparation (time schedule) yang akan sangat membantumu selama persiapan dari bulan ke bulan s/d hari H nanti. Lanjutkan dengan menentukan tanggal pernikahan (kalau bisa ada alternatif).
      2. Buat perkiraan budget pernikahan secara keseluruhan, jika kamu menggunakan jasa wedding planner maka mereka bisa membantu memberikan estimasi dan mereferensikan vendor-vendor yang sesuai.
      3. Mulai cari venue sesuai konsep pernikahan idaman kamu dan tentunya sesuai dengan budget yang telah disusun
      4. Setelah venue telah dibook, kamu bisa mulai mencari vendor-vendor lainnya.
      5. Sambil berjalan, buatlah Rundown Acara sebagai panduan para vendor & panitia yg terlibat di dalamnya. Pastikan mereka semua jelas dengan susunan acara dan mengetahui tugas dan tanggung jawab mereka dengan lengkap
      6. Jangan lupa buat catatan atau reminder di gadgetmu berupa checklist things to do sehingga tidak ada yang terlewatkan.

      Yang paling penting dari semua.. banyak berdoa dan berpikir positif serta banyak bersyukur.. sehingga hatimu tenang dan aura bahagia terpancar dari wajahmu saat tiba hari Besar itu πŸ™‚

      Terima kasih πŸ™‚

      • Halo Artea!!

        Thanks untuk jawabannya… Hehehhee… Tapi ini justru aku ada pertanyaan lagi…

        1. Aku kan bukan orang Jawa jadi nggak ada midodareni, jadi seserahan bisa pas lamaran ya… Nah sekarang kan biasanya kalau lamaran itu ada pemberian underwear… tapi aku malu bgt kasih tahu pacarku ukuran underwear huhuuuu.. mana kan nanti dipamerin dikotak seserahan lagi… jadi sebenarnya bisa nggak sih kl bagian underwear ini kita skip? aneh nggak sih kl diganti hal lain? atau ini wajar aja?

        2. 6 bulan minimal ya? abisan kmrn aku mulai cari2 gedung kok kebanyakan yg populer kayak bidakara gitu udah mulai dibooking untuk taun depan gt.. heboh bgttt!! ada rekomendasi gedung lain nggak sih dijakarta yang bisa menampung 2000 orang selain bidakara, balai sudirman, balai kartini, dll. lalu artea sendiri kan WO, berarti ada rekanan gt kah dengan gedung2 itu? atau gimana?

        thanks yaaa sorry bgt banyak pertanyaannya…

        • Artea Organizer

          Dear myana,

          Thank you untuk responnya ya…

          Kita jawab lagi ya pertanyaan kamu:
          1. Untuk masalah underwear ini, coba dibicarakan saja dengan pasangan kamu apakah item ini bisa diganti dengan item lain misalnya barang atau perlengkapan dari hobby kamu..:)

          2. Kalau untuk gedung-gedung favorit memang harus lebih awal, atau jika tetap mau di venue tersebut coba cari tanggal yang masih available di venue tersebut. Untuk venue lain ada di daerah Gatot Subroto dan Tebet πŸ™‚

    • Halo myana!

      Sekedar sharing aja nih.. Kalau dulu aku melakukan lamaran H-1bulan.. Tapi memang hanya simple aja sih lamarannya jadi nggak terlalu ribet.. Tapi sodaraku kemarin juga lamaran H-9bulan.. Jadi sebenarnya sepertinya kesepatakan kedua belah pihak juga kapan maunya.. Pro kontranya juga banyak.. Kalau lebih dekat ke acara pernikahan, rasa takut akan adanya pembatalan semacam itu juga lebih sedikit.. Hope it helps ya!!

  2. mau tanya, kalau pembagian expense antara cewe dan cowo itu berapa ya seharusnya untuk jaman sekarang? soalnya belom ada kesepakatan dan aku bingunggg bgtttttt!!!

    • Artea Organizer

      Dear rae_p

      Untuk besarnya persentase biaya pernikahan biasanya perlu dibicarakan dulu dengan pasangan. Setelah sepakat dengan pasanganmu mulai lah membicarakannya dengan keluarga masing-masing. Calon pengantin baiknya menjadi perantara yang menjembatani kedua keluarga, mengingat hal ini cukup sensitif.

      Pembicaraan bisa dimulai dengan mempertimbangkan :
      1. Budaya yang dianut oleh kedua keluarga (patrilineal atau matrilineal)
      2. Jumlah tamu yang akan diundang dari kedua belah pihak (misal : pasangan kamu tinggal di luar kota, sehingga sebagian besar tamu adl undangan dari pihak keluarga mu atau sebaliknya?)
      3. Konsep pernikahan yang diidamkan serta budget yang tersedia.
      Diskusi yang jujur dan terbuka dengan pasangan, serta komunikasi yang baik mudah-mudahan akan membuahkan hasil yang terbaik ya πŸ™‚ goodluck!

  3. melissa

    Pernikahan aku nantinya international wedding. Apakah jumlah bridesmaids harus sama dengan groomsmen?

    • Artea Organizer

      Dear Melissa,

      Tergantung tujuannya, apakah kamu mau mereka berpasangan saat prosesi masuk dan mempercantik iringan prosesi masuk? Jika ia, maka ada baiknya supaya jumlah bridesmaids & groomsmen sama. Atau jika jumlah mereka tidak seimbang, kamu bisa memilih 1 pasang maid of honor dan bestman yang bisa ikut dalam prosesi masuk sebagai solusi.

      Di samping meramaikan suasana & mempercantik dokumentasi.. kehadiran mereka yang utama adalah membantu Bride dan Groom selama acara (biasanya WO akan meminta bantuan bridesmaids & groomsmen selama acara utk keindahan hasil dokumentasi). Misalnya membantu merapikan gaun Bride selama acara Pemberkatan, sampai mengantarkan cangkir teh saat Tea Pai Ceremony. Untuk tujuan ini, jumlahnya sama atau tdk memang tidak menjadi masalah πŸ™‚

      Silahkan dipertimbangkan sesuai tujuannya ya..
      Thank you πŸ™‚

  4. Mau tanya gmn sih caranya menghemat budget pernikahan?

    • Artea Organizer

      Dear Putri

      Cara menghemat budget Pernikahan yang efektif menurut kami adalah dengan menyusun perkiraan budget maksimal, yang di dalamnya sudah termasuk biaya tak terduga. Dengan mempersiapkan biaya-biaya tak terduga maka kamu masih memiliki backup jika sewaktu-waktu diperlukan biaya tambahan yang tak terpikirkan sebelumnya.

      Berangkat dari Budget Estimation ini, kamu bisa mulai mencari dan menentukan vendor-vendor yang pernikahanmu. Tujuannya supaya tidak over budget! πŸ™‚

      Sebagai gambaran vendor yang biasanya paling banyak memakan biaya adalah
      1. Venue (Gedung/Hotel, Indoor/Outdoor)
      2. Catering (jika menikah di Gedung)
      3. Dekorasi

      Jika kamu memilih venue di Hotel biasanya ada minimum revenue yang harus dicapai.. sementara di Gedung biasanya tidak ada min.revenue, namun umumnya telah memiliki vendor rekanan.

      Venue & besarnya jumlah tamu paling berkontribusi menentukan besarnya biaya pernikahan.
      Jadikan ini tantangan utk kamu & pasangan, bagaimana menyiasati keseluruhan budget yang dimiliki utk mewujudkan Pernikahan yang diharapkan. Buat konsep yang matang utk pernikahanmu & pilih vendor yang dpt mengakomodasinya dengan penawaran terbaik πŸ™‚
      Bantuan Wedding Organizer akan bermanfaat bagi kamu untuk menemukan vendor yang sesuai range budget namun kualitasnya baik.
      Selamat mencoba πŸ™‚

  5. Hai..
    Kalau undangan yang tersebar berjumlah 500 undangan. Berapa porsi catering yang harus di pesan? Bagaimana pembagian antara buffet dan food stall? Terima kasih.

    • Artea Organizer

      Dear Lita,

      Ada baiknya mendengarkan masukan dari pihak Catering atau Hotel mengenai jumlah porsi makanan, karena mereka memiliki standard dan besar porsi yang berbeda.

      Namun umumnya, kami menyarankan utk memesan 500 undangan x 2 : 1.000 pax utk aman nya pemesanan makanan. Asumsi dari undangan yg disebar tentunya ada yg tidak hadir dan ada pula yang datang lebih dr 2 orang.

      Utk total buffet & stall yang ideal & aman adalah 60% buffet dan 40% stalls. Jika ingin dibuat 50% buffet dan 50% stalls juga masih ok dengan catatan pilihan menu stallsnya diimbangi dengan pemilihan menu yang cukup berat/ mengenyangkan (ada salah satu menu : nasi, lontong, noodle, atau pasta)

      Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat. Terima kasih πŸ™‚

  6. Wah! Thank you banget untuk feature ini, sangat membantu. Jujur aku bingung banget dalam mempersiapkan pernikahan karena aku anak pertama dan cucu pertama yang menikah dalam keluarga. Jadi aku ngga tau mau bertanya sama siapa hehe..

    1. Apa sih pro dan kontra jika menikah di gedung? Dan apa benar availability gedung di Jakarta, sesusah itu?

    2. Beberapa waktu yang lalu, temanku menyarankan untuk booking makeup artist terlebih dahulu karena jadwal mereka yang padat. Tetapi menurut aku, kok agak lucu ya jika harus mengutamakan MUA terlebih dahulu karena sebenarnya ada hal yang lebih besar yang harus diutamakan. Yang ingin aku tanyakan adalah apakah ada urutannya dari yang mana yang harus diutamakan hingga yang kurang ‘diutamakan’?

    Thank you so much Artea dan The Bride Dept!

    • Artea Organizer

      Dear Donna Putri,

      Bersyukur ya ada thebridedept yang punya feature ini.. Artea pun senang sekali bisa diajak untuk berbagi dengan teman-teman calon Pengantin di sini πŸ™‚

      Menjawab pertanyaan Donna mengenai :
      1. Sebenarnya pemilihan venue lebih kepada kebutuhan & tujuan πŸ™‚
      – Gedung : ada biaya sewa pemakaian Gedung di luar biaya Catering. Hotel : sudah include Food & Beverage dengan standard Hotel tsb & tidak ada biaya sewa tambahan.
      – Gedung : tidak ada min.revenue (kecuali sudah ada Customize Package yang ditawarkan). Hotel : umumnya ada min. Revenue yang harus dicapai.
      – Gedung : biasanya tersedia Ruang Ganti/Ruang Tunggu (namun ada juga Gedung yang menyediakan kamar). Hotel : biasanya menawarkan Complimentary Room yang sudah include dalam Package mereka & berada dalam lokasi yang sama dengan venue Pernikahan.
      – Gedung biasanya memiliki daftar rekanan sehingga lebih terarah namun terbatas (ada additional charge jika menggunakan vendor di luar daftar rekanan). Hotel : lebih fleksibel dalam pemilihan vendor-vendornya
      – Gedung : perlu mencari vendor Catering. Hotel : F&B standard Hotel.

      Gedung atau Hotel favorite biasanya memang perlu dibook paling tidak 6 bulan-1 thn sebelumnya, apalagi jika kamu menginginkan tanggal pilihan πŸ™‚ tidak bisa dipungkiri beberapa Gedung favorit sudah banyak dibook calon pengantin dari 1 tahun sebelum.

      2. MUA favorit memang cukup sulit didapat. Mereka punya beberapa slot sehari tp tetap full padahal masih 6 bulan lagi. Ya itu terjadi memang di dunia Wedding πŸ™‚

      Priority terpenting menurut kami adalah Venue & kepastian wedding date πŸ™‚

      Begitu tempat & date fix.. tidak masalah jika langsung cari MUA favorit. Karena prosesnya cepat.. cukup liat2 instagram /porfolio mereka dan minta penawaran.. kalau suka & harga cocok tinggal down payment. Satu “PR” kamu beres πŸ™‚ MUA favorit sudah bisa didapat..

      Selanjutnya baru mulai dengan pencarian vendor-vendor lainnya πŸ™‚ yang mungkin nantinya akan lebih memakan waktumu utk meeting dan diskusi2 (Dekorasi, Photo Video, Wedding Attires, MC, Entertainment, Invitation, Souvenirs, dll)

      Terima kasih dan semoga info dari kami bermanfaat πŸ™‚

  7. Waahh!! Terima kasih sudah meluncurkan feature ini, pasti akan sangat membantu kami para capeng. Sebenarnya pertanyaan aku banyak banget, tapi aku mencoba untuk tidak mengulang pertanyaan dari teman-teman yg sudah utarakan. Pernikahanku akan dilaksanakan di gedung menggunakan adat minang dengan jumlah tamu 600 undangan.
    1. Seberapa penting kita menggunakan jasa WO untuk acara pernikahan kita nanti?
    2. Apakah perlu menggunakan jasa MUA dgn price yang cukup tinggi? Karna aku lihat banyak sekali capeng yg tidak sayang mengeluarkan biaya besar hanya untuk makeup.
    3. Untuk pengurusan KUA sebaiknya Berapa bulan sebelum acara?
    Terima kasih the bridedept dan artea

    • Artea Organizer

      Dear Selly Marlisa,

      1. Menggunakan jasa WO penting πŸ™‚
      Selama persiapan..
      WO yang akan mendampingi kamu, membuatkan worksheets yang dibutuhkan, tempat share & diskusi, menjadi jembatan dengan para vendor selama persiapan & memimpin Technical Meeting, serta mempresentasikan Rundown Acara kepada orangtua calon pengantin & juga keluarga besar yang terlibat sebagai Panitia.

      WO juga bertanggung jawab sebagai checklist & reminder apa saja yang mungkin masih perlu dilengkapi. Memastikan para vendor mengetahui tanggung jawabnya dengan lengkap.

      Di hari H : WO dibutuhkan sebagai tangan kanan calon pengantin & kedua orangtua. WO perlu tahu detail informasi dan harapan Pengantin sehingga dapat merealisasikan goal yang hendak dicapai πŸ™‚ Team WO yang profesional, sigap, kompak, dan fleksibel juga sangat dibutuhkan untuk menghandle details di hari H sehingga acara dapat berjalan sesuai dengan rencana dan rapi.

      2. Banyak browsing & lihat portfolio.. apakah style make up mereka cocok dengan kamu? Biasanya mereka mempunyai harga yg relatif cukup tinggi karena kualitas mereka telah diakui banyak pihak, produk yang digunakan memang premium & karenanya punya nilai jual yang lebih tinggi. Test make up juga penting dilakukan sebelum memutuskan πŸ™‚

      3. Pengurusan KUA baiknya mulai dari 6 bulan sebelum hari H dengan melengkapi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.

      Terima kasih & semoga bermanfaat ya.

  8. Valeska

    Walaupun menyewa jasa WO untuk hari H, tentunya kepanitiaan keluarga tetap harus dibentuk kan, karena WO pun akan memerlukan panitia keluarga untuk bekerja sama. Nah, pertanyaannya, apakah jumlah panitia keluarga harus sama dengan jumlah tenaga kerja yg diturunkan oleh WO (misalnya Artea menurunkan 15 tenaga kerja, maka panitia keluarga yg dibutuhkan juga 15) agar komunikasi berjalan 1-to-1 atau ada perbandingan ideal antara jumlah tenaga kerja WO dengan jumlah panitia keluarga?

    Thanks in advance!

    • Artea Organizer

      Dear Valeska,
      Ya benar, Panitia Keluarga dibutuhkan.

      Jumlahnya tidak ada perbandingan ideal. Jumlah WO tergantung banyaknya jumlah tamu & kompleksitas acara dan bukan berbanding 1:1 dengan panitia keluarga.

      Prinsipnya tugas WO beda dengan Panitia Keluarga. Panitia Keluarga punya peran dalam rangkaian Acara (misal sebagai Among Tamu, Saksi Pernikahan, dll) dan tugas WO sebagai reminder dan yg memberikan arahan.

      Dengan kata lain jumlah Panitia Keluarga bisa lebih banyak dari WO yang incharge di hari H (misalnya dalam kondisi jumlah Among Tamu Keluarga nya banyak), bisa juga lebih sedikit dari jumlah WO jika jumah crew yg turun di hari H cukup banyak utk mengcover banyaknya tamu undangan atau Pengantin tidak mau melibatkan banyak keluarga sebagai Panitia.

      Terima kasih & semoga bermanfaat.

    • Halo Valeska!

      Mau sharing aja nih hehe.. Kalau aku kemarin justru lebih banyak panitia keluarga dibanding WO.. Karena kalau aku kmrn selain panitia keluarga itu untuk membantu WO dipos2 yang udah ada tapi juga untuk bantu mendeteksi tamu VIP dan juga keluarga dekat..

  9. Aku pengen banget buat wedding outdoor dan garden party, kira2 enaknya bulan apa yaa? Sama kalau mau adainnya di jakarta ada opsi venue lain ngga selain di plataran cilandak?

    • Artea Organizer

      Dear Aghnia

      Pertanyaan mu juga ditanyakan oleh Dita. Bisa baca2 tips kami juga untuk outdoor wedding di jawaban kami untuk Dita ya πŸ™‚

      Jika kamu hendak. menyelenggarakan Wedding Oudoor, ada baiknya memilih waktu antara bulan Mei sampai dengan awal Oktober. Walaupun cuaca saat ini tidak menentu, tetapi bulan-bulan tersebut relatif lebih aman dibandingkan dengan akhir tahun atau awal tahun yang memiliki curah hujan tinggi.

      Utk venue outdoor, Plataran Cilandak salah satu opsi yg bagus untuk kapasitas tamu cukup banyak karena tempatnya luas.

      Untuk venue outdoor lainnya yang sering untuk pernikan ada di daerah Pondok Indah, Pondok Cabe, PIK dan masih banyak yang juga bagus-bagus. Untuk lebih lengkapnya coba liat insta kami @arteaorganizer πŸ™‚

      Terima kasih

  10. Hi Artea team!
    Ak mau nanya dong kalau untuk international wedding terus ak mau ad lempar bouquet gitu harus ngga sih ada hadiah untuk yang dapat bouquet nya ?
    Kalau iya apa ya hadiahnya ?
    Thanks !

    • Artea Organizer

      Dear Putri,

      Tidak harus ada hadiah Put, tapi kalau ada hadiahnya biasanya lebih menarik & yang ikut lebih banyak πŸ™‚

      Selain sebagai daya tarik & gift adalah bentuk apresiasi untuk mereka sudah mau ikutan Throwing Handbouquet.

      Hadiahnya yang paling aman & pasti terpakai adalah voucher belanja πŸ™‚ Selain nyarinya gampang, bentuknya kecil sehingga praktis saat dibawa selama resepsi.

      Alternatif lainnya banyak.. tergantung budget kalian πŸ™‚ ada yg kasih produk gadget, barang elektronik sampai power bank, ada pula yang memberikan voucher dinner di Hotel ternama.

      Silahkan dipilih & semoga bermanfaat πŸ™‚

  11. Selalu punya angan-angan pernikahan outdoor, entah garden, hutan, pantai, atau lain-lain. Kira-kira apa ya yang harus diperhatikan paling pertama kali dan don’ts-nya?

    Thank you!

    • Artea Organizer

      Dear Dita,

      Pernikahan outdoor memang selalu jadi daya tarik tersendiri..
      Kesan romantis, rustic, dan natural ambiance dari outdoor Wedding memang tidak tergantikan πŸ™‚ juga cocok utk pengantin yang lebih suka casual atau informal wedding..

      Sebetulnya, yang paling penting saat kamu memutuskan untuk memiliki outdoor wedding concept adalah waktu pelaksanaannya & dekorasi yang terencana.

      Jika kamu mengadakan acara di Bali misalnya, bulan September sampai dengan awal Oktober adalah saat yang tepat, karena angin di waktu-waktu tersebut tidak terlalu kencang (khususnya jika venue dekat dengan pantai).

      Pilihlah waktu yg lebih aman dan bukan musim hujan. Jangan akhir tahun atau awal tahun karena biasanya curah hujan cukup tinggi.

      Jika memungkinkan.. pilihlah tempat yang memiliki plan B jika sampai terjadi hujan atau jika perlu minta saran dari vendor Dekorasi utk membuat indoor lounge dengan tenda cantik mereka sebagai back up jika turun hujan.

      Indoor area ini juga penting utk food & beverage, FOH sound & beberapa speakers, sehingga jika hujan turun ada back up tempat untuk meng’aman’kan F&B serta sound acara.

      Tips lainnya yang mungkin dapat dipertimbangkan adalah buat waktu acaramu lebih panjang.. (misalnya diawali dengan cocktail hours, entertainment yang beragam, dan after party). Ini utk menyiasati agar kamu masih punya banyak waktu utk melanjutkan acaramu jika turun hujan sementara waktu.

      Jasa pawang hujan pun banyak diminati saat ini untuk event outdoor. Jangan lupa sediakan banyak payung jika diperlukan atau bahkan menjadikannya sebagai souvenir pernikahan πŸ™‚

      Don’ts nya : diadakan di musim hujan, tidak ada area yg aman utk F&B/sound area, venuenya panas karena kekurangan misty fan sehingga tamu2 kegerahan, makanan kehabisan πŸ™‚

      Terima kasih & semoga bermanfaat

  12. Hai.. Aku rencananya mau bikin pernikahan di bali, mau tanya beberapa pertanyaan.
    1. Apakah capeng harus membiayai tiket pesawat para undangan?
    2. Waktu nya lebih baik diadakan pada pagi hari atau menjelang sunset?
    3. Minta suggest untuk venue di bali yang bagus dan viewnya pantai
    Thank you!

    • Artea Organizer

      Dear Arina,

      1. Calon pengantin tidak harus membiayai tiket pesawat para undangan. Kalaupun ada budget berlebih, km bisa siapkan tiket, transportasi dan penginapan untuk Bridesmaids & Groomsmen serta keluarga dekat :).
      Jika kamu mau membiayai keberangkatan semua tamu undangan, ada baiknya mencharter 1 pesawat khusus untuk mereka & minta jasa WO mu untuk mengkoordinasi keberangkatan para tamu tersebut πŸ™‚

      2. Acara ceremony bisa dilakukan sore hari dilanjutkan dengan cocktail hours sambil menikmati sunset dan canapes, diiringi tarian Bali yang indah dan menghibur para tamu. Siapkan playground untuk anak-anak bisa menjadi poin plus πŸ™‚ Acara dilanjutkan dengan Dinner Reception yang romantis dan after party sebagai penutupnya.
      Semua orang akan menyukainya πŸ™‚

      3. Di Bali dengan view Pantai kami pernah mengadakannya di salah satu private Villa, di daerah Canggu, Bali. Venue tersebut bersebelahan langsung dengan pantai. We love the place! Kamu bisa liat foto-fotonya di instagram kami @arteaorganizer. Really good to consider πŸ™‚
      Yang juga menjadi salah satu favorit pantai di Bali untuk menjadi wedding venue adalah pantai Nusa Dua jadi kamu bisa check hotel yang berada di Nusa Dua..

      Semoga persiapannya lancar. Terima kasih & semoga info dari kami bermanfaat.

  13. Hai Artea,

    Mau tanya dong gimana ya menghitung porsi makanan untuk undangan yg paling baik, berbanding dengan undangan biar ga berlebihan/kekurangan?

    Thank you!

    • Artea Organizer

      Hi Firda,
      Pertanyaan ini sudah ditanyakan oleh Lita sebelumnya πŸ™‚ kami share lagi ya..

      Ada baiknya mendengarkan masukan dari pihak Catering atau Hotel mengenai jumlah porsi makanan, karena mereka memiliki standard dan besar porsi yang berbeda.

      Namun umumnya, kami menyarankan utk memesan sesuai jumlah undangan yang kamu sebar. Misal 500 undangan, dikalikan 2 : 1.000 pax. Asumsi dari undangan yg disebar tentunya ada yg tidak hadir dan ada pula yang datang lebih dr 2 orang.

      Utk total buffet & stall yang ideal & aman adalah 60% buffet dan 40% stalls. Jika ingin dibuat 50% buffet dan 50% stalls juga masih ok dengan catatan pilihan menu stallsnya diimbangi dengan pemilihan menu yang cukup berat/ mengenyangkan (ada salah satu menu : nasi, lontong, noodle, atau pasta).

      Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat. Terima kasih πŸ™‚

  14. Layla Amry

    Halo.. Aku mau tanya dong, gimana ya cara menghadapi keluarga diluar keluarga inti (tante, om, dll) yang terlalu ikut campur?
    Thank you

    • Artea Organizer

      Siang Layla,

      Seringkali keluarga besar terlalu antusias jika keponakannya menikah ya J untuk menghargai Om & Tante yang ingin terlibat dalam pernikahan kamu, coba dengarkan masukan-masukan dari beliau.

      Jika perlu catat poin-poin bagus yang menjadi concern mereka & sampaikan bahwa kamu dan keluarga inti sangat menghargai & akan mendiskusikannya lebih lanjut dengan keluarga inti J stay calm & keep nice…

      Komunikasikan dengan keluarga besar juga, bahwa kamu telah menunjuk Wedding Organizer (jika kamu menggunakan jasa WO), yang telah berpengalaman dan dapat diandalkan. WO tsb yang akan menyusun Rundown Acara Pernikahan kamu serta detail (tentunya tanpa melupakan masukan-masukan dari Om & Tante). Tujuannya agar pada saat hari H, mereka tidak perlu repot lagi & bisa menikmati acara layaknya keluarga J

      Memang terkadang terlalu banyaknya masukan, tanpa mereka sadari, dapat merusak mood atau membingungkan calon pengantin ya.. saran kami, jumlah Panitia Keluarga yang terlibat jangan terlalu banyak jumlahnya, mungkin 1 orang bisa merangkap beberapa tugas sekaligus (misalnya beliau adalah Wakil Keluarga Calon Pengantin, merangkap Sie Konsumsi yang membantu WO untuk mendistribusikan makanan berlebih kepada keluarga besar di akhir acara).

      Tugas Panitia Keluarga pun sebaiknya tidak bertabrakan dengan WO, maksudnya WO tetap memiliki wewenang sebagai Do-ernya & akan mereminder Panitia Keluarga di hari H. Dengan demikian, WO & Panitia Keluarga bisa menjadi team yang saling bekerjasama mensukseskan hari Bahagiamu.

      Terima kasih & semoga tipsnya bermanfaat.

  15. Haii.. aku mau tanya nih.. gedung udah dapet, dan lg mau nyari catering, which I believe ibuku lbh ciamik dlm hal catering. Yg pasti aku hrs tentukan sendiri adalah tema warna nanti. Dulu bridedept pernah bikin event yg buat moodboard. Pengen bgt ikutan.. liat warna macem2 jadi galau.

    Berikutnya, skrg ini byk catering yg nawarin paket yg include dgn dekor, rias busana, foto dll. Memangnya kalo kita ambil metode ‘ala carte’ jatuhnya akan lbh mahal ya ?

    Trakir, aku pake adat Jawa dan biasanya selalu ada seserahan / hantaran yg akan diserahkan kpd pasangan. Sebenernya seserahan ini diberikan saat lamaran / midodareni / atau akad nikah ya ?

    Thank you bangettt… sgt mengharapkan bridedept bikin event yg moodboadd itu lagi. Kapan nii ??

    Sukses selalu…

    • Artea Organizer

      Siang Aretha,

      Terima kasih Aretha untuk curhatnya πŸ˜‰ moodboard memang bagus-bagus sekali ya, wajar memang bikin bingung mau pilih yang mana.. ada baiknya, kamu kumpulkan referensi kamu dalam 1 folder, mulai dari kebaya idaman, model & warna invitation, rangkaian bunga favorit, dekorasi pelaminan & ambiance wedding yang kamu suka.. dari situ kamu bisa analisa lagi.. kombinasi warna apa yang paling mendekati impian kamu.

      Jika ada catering yang menawarkan paket, tidak ada salahnya dikroscek kembali dengan detail, vendor-vendor yang include di dalamnya. Misalnya dekorasinya dari mana, sanggar rias nya dari siapa, foto & video menggunakan vendor apa. Karena vendor-vendor yang include di dalam paket pasti akan mempengaruhi harga keseluruhan paket tersebut. Barangkali jika β€˜ala carte’ jatuhnya bisa lebih mahal, karena vendor yang kamu gunakan sudah terseleksi lebih ketat atau dengan kata lain kualitasnya sesuai dengan harapa kamu.

      Biasanya Seserahan diberikan saat Midodareni Aretha.. kalau tidak ada Midodareni bisa juga saat Lamaran / Akad Nikah J

      Terima kasih, semoga infonya bermanfaat. Have a nice day!

  16. Terimakasih The Bride Dept dan Artea Organizer telah membuka forum untuk tanya jawab. Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan.

    1. Bila pernikahan diurus sendiri, dalam menyusun rundown acara, hal-hal apa yang sebaiknya diperhatikan?
    2. Dalam menyusun panitia pernikahan sebaiknya dari keluarga sendiri atau boleh melibatkan rekanan dan lainnya?
    3. Sebaiknya mengurus administrasi KUA dimulai sejak kapan? Dan persyaratan apa saja yg diperlukan?
    4. Bagaimana cara menghitung jumlah porsi katering dengan tepat?
    5. Sebaiknya undangan disebar sejak kapan?

    Thank you The Bride Dept and Artea Organizer!

    • Artea Organizer

      Dear Rani,

      Berikut masukan dari kami ya, semoga bermanfaat…

      1. Rundown acara baiknya disusun dengan detail, karena melalui Rundown tersebut kita bisa mengecek apa saja yang masih kurang. Jadikan Rundown Acara ini seperti Buku Panduan Lengkap Pernikahan. Semua Susunan Panitia, Petugas yang terlibat di dalam acara, Daftar Vendor, dan informasi lainnya seperti jumlah pemesanan makanan pun tertuang di dalam Rundown acara tersebut.

      2. Boleh saja keduanya (keluarga ataupun rekan), yang penting orang yang ditunjuk tersebut memang pihak yang dapat diandalkan & kamu tau bahwa mereka bertanggung jawab serta dapat dipercaya. Pastikan Rundown yang telah kamu buat dengan lengkap, selanjutnya kamu delegasikan kepada mereka yang akan menghandle pernikahanmu. Tujuannya, agar mereka tahu detail tentang acara mu. Baiknya, sampaikan harapan kamu kepada mereka (seperti apa yang kamu suka & tidak suka). Goodluck ya J

      3. Mengurus administrasi KUA bisa mulai dari 3-6 bulan sebelum hari H. Jadi tidak tergesa-gesa.
      Persyaratannya sebagai berikut ya :

      -Surat Numpang Nikah dari KUA masing-masing yang ditujukan kepada KUA tempat nikah
      -Surat Pengantar RT, RW, dan Lurah sesuai KTP masing-masing
      -Fotocopy KK & KTP masing-masing selembar untuk KUA (extra copy untuk RT dan RW)
      -Photocopy KTP dari Bapak Calon Pengantin Wanita sebagai Wali (atau Wali Nikah lainnya seperti saudara kandung laki-laki dari Pengantin atau saudara kandung dari ayah)
      -Pas foto 2×3 (masing-masing 4 lembar), dan 4×6 (masing-masing 2 lembar) dan 4×6 berdampingan berwarna background biru untuk di buku nikah
      -Buat pernyataan belum menikah dari RT/RW kalau bisa dari Kelurahan supaya lebih kuat, dengan materai 6.000

      4. Perhitungan jumlah porsi makan yang tepat :
      Ada baiknya mendengarkan masukan dari pihak Catering atau Hotel mengenai jumlah porsi makanan, karena mereka memiliki standard dan besar porsi yang berbeda.
      Kami menyarankan untuk memesan sesuai jumlah undangan yang kamu sebar. Misal 500 undangan, dikalikan 2 : 1.000 pax. Asumsi dari undangan yg disebar tentunya ada yg tidak hadir dan ada pula yang datang lebih dr 2 orang.
      Untuk total buffet & stall yang ideal & aman adalah 60% buffet dan 40% stalls. Jika ingin dibuat 50% buffet dan 50% stalls juga masih ok dengan catatan pilihan menu stallsnya diimbangi dengan pemilihan menu yang cukup berat/ mengenyangkan (ada salah satu menu : nasi, lontong, noodle, atau pasta.

      5. Undangan baiknya disebar 3 minggu-1 bulan sebelum hari H jika dikirim ke luar kota. Undangan di dalam kota, bisa dikirim 2-3 minggu sebelum hari H.

      Terima kasih & semoga bermanfaat πŸ™‚

  17. 1. Tips resepsi untuk resepsi yg diselenggarakan mempelai wanita
    Bagaimana bila mempelai wanita meminta nominal uang dari keluarga mempelai pria? apakah pantas di budaya Indonesia? karena setau saya, sumbangan dari pria seikhlasnya (walau berusaha yang terbaik). Catatan: ada ngunduh mantu.

    2. Post post apa saja yg biasanya dibiayai pria? misal: fotografi, bulan madu, dll.

    Terimakasih yaaa =) i am very happy to wait your reply

    • Artea Organizer

      Selamat siang Bunda Romi,

      1. Menurut pendapat kami, hal ini kembali lagi kepada tujuannya.
      Ada baiknya, agar menyampaikan tujuan atau maksud dari keluarga calon mempelai wanita secara jujur dan terbuka kepada pihak calon mempelai pria.
      Dikarenakan pembicaraan ini cukup sensitif, ada baiknya dibicarakan antara kedua calon pengantin terlebih dulu. Setelah keduanya sepakat dan memahami tujuan/maksud dari permintaan keluarga calon mempelai wanita, barulah calon mempelai pria dapat menyampaikan permintaan tersebut kepada keluarganya. Menurut kami, biarlah calon pengantin yang menjadi perantara yang menjembatani kedua keluarga. Kami yakin dengan maksud dan tujuan yang baik, maka akan mendapatkan respon yang baik pula.
      2. Tidak ada pakem khusus Bunda mengenai bagian-bagian yang dibiayai oleh CPP. Mungkin seperti bulan madu, attires keluarga CPP, bisa menjadi bagian dari CPP. Atau ada beberapa vendor yang memang menjadi concern dari CPP (misal : bagi CPP penting sekali jika Entertainmentnya bagus). Kembali lagi, ini perlu disepakati di awal oleh kedua calon pengantin.

      Terima kasih & semoga bermanfaat πŸ™‚

  18. Dear The Bride Dept dan Artea Organizer, saya mau tanya beberapa hal.

    1. Saya dan calon pasangan tinggal di satu kota yang sama tapi berbeda kecamatan, sementara tempat kami menikah juga berbeda kecamatan dengan tempat tinggal kami. Apakah kami harus mengurus surat izin numpang menikah?

    2. Saya masih akan menikah tahun depan, tapi saya dan pasangan sudah hunting vendor dan cicil-cicil apa yang bisa dicicil dari sekarang. Tapi kadang saya bingung, apa yang harus didahulukan? Catering, dekor, atau yang lainnya? Dan idealnya saya deal dengan vendor itu berapa bulan sebelum hari H ya?

    Terima kasih atas sudah memberikan ruang bagi pertanyaan saya!

    • Artea Organizer

      Dear Dilla,

      Thank you untuk pertanyaannya ya..

      Aku coba jawab pertanyaan kamu ya..

      1. Iya benar kamu perlu membuat Surat Numpang Nikah dari KUA tempat tinggal masing-masing yang ditujukan kepada KUA tempat nikah.

      2. Yang terpenting pemilihan tanggal terlebih dahulu dan booking venue yang kamu inginkan. Setelah mendapatkan venue yang kamu dan pasangan kamu inginkan baru kamu mulai untuk mencari vendor-vendor lainnya. Kalau kamu menginginkan spesifik MUA boleh cepat-cepat dibooked MUA-nya. Selanjutnya dekor dan catering, baru vendor-vendor lainnya. Tetapi jika kamu sudah sreg dengan vendor tertentu tidak masalah kamu book vendor tersebut. Jadi memang tidak ada urutan khusus dalam pemilihan vendor..;)

      Terima kasih dan good luck dalam persiapan pernikahannya πŸ™‚

  19. Hi.. Mau tanya dong..
    Kalau jumlah undangan 500, kira2 berapa ya jumlah souvenir yg kita order?
    Terima kasih.. πŸ™‚

    • Artea Organizer

      Hai Ayu Rizky Amelia,

      Jumlah souvenir sebaiknya diorder minimal sesuai dengan jumlah undangan yang disebar atau jika bisa lebih baik ada spare supaya di hari H ada backup jika tamu undangan yang datang lebih banyak dari yang diperkirakan atau juga jika ada tamu yang minta lebih dari 1 souvenir. Jika souvenir yang dipesan sesuai dengan jumlah undangan sebaiknya strict 1 nama mendapatkan 1 souvenir..

      Terima kasih untuk pertanyaannya semoga bisa menjawab pertanyaan kamu ya πŸ™‚

  20. Saya beragama Katolik tetapi ingin menikah di Bali. Untuk kursus persiapan pernikahannya, saya harus ikut di Jakarta atau di Bali ya?

    Thanks!

    • Artea Organizer

      Hai Olivia..

      Salam kenal ya…

      Kursus persiapan pernikahan bisa dilakukan dimana saja, jika kamu berdomisili di Jakarta, bisa ikut Kursus yang di Jakarta. Sertifikat Kursus Persiapan Pernikan ini berlaku kurang lebih selama 6 bulan. Untuk Kanonik dilakukan di paroki calon pengantin wanita yang terdaftar. Atau kamu bisa langsung ke sekretariat gereja untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap..

      Terima kasih..

      Have a nice day πŸ™‚

  21. Hai, aku pengen banget saat menikah mengambil unsur geek wedding, tapi harus tetep mengutamakan budaya tradisional Jawa/Padang. Nah, kira-kira gimana nyiasatinnya ya supaya unik tapi tetep bisa diterima oleh kedua keluarga?
    Thanks a bunch, Artea & Thebridedept!

    • Artea Organizer

      Dear Ratri,

      Haha.. seru nih unsur Geek Wedding! Ide kreatif seperti ini jarang loh direalisasikan.. kalau terealisasi.. ini akan dikenang sama para tamu undangan.

      Kalau mau tidak nanggung dengan unsur Geeknya, bisa displit acaranya J mungkin masukan kami bisa dipertimbangkan, hopefully wedding impian kamu bisa terwujud yah!

      Pagi hari dimulai dengan Akad Nikah/Ceremony dengan adat Jawa dengan Panggih setelah nya. Lalu Resepsi nya bisa dengan konsep Geek Wedding.

      Jika keluarga tetap mau ada Resepsi dengan budaya traditional, resepsi bisa kamu bagi menjadi 2 shift : Resepsi sore hari dibuat dengan prosesi masuk Adat Padang. Mungkin, tamu yang diundang adalah rekan-rekan orangtua & keluarga besar di shift 1 ini. Prosesi masuk bisa diiringi oleh Gedang Tabuik & Tari Persembahan), bisa ditambahkan performance Tari Piring yang menarik untuk ditonton, entertainment pun disesuaikan dengan para undangan yang hadir J

      Shift kedua, bisa mengundang sahabat dan teman-teman mungkin dengan dresscode sesuai tema.. jeda acara bisa dengan cocktail hours. Diakhiri dengan after party.. pasti wedding mu memorable, cape pastinya seharian full acara, tapi moment sekali seumur hidupnya akan berkesan.

      Cheers. Semoga bermanfaat

  22. Halo artea!

    Aku ada beberapa pertanyaan nih hehe boleh yaa!
    1. Untuk lamaran itu yang benar itu apakah kita dikasih cincin oleh CPP atau kita tukeran cincin dengan menggunakan cincin kawin??
    2. Kalau menggunakan WO seperti Artea ini, scoop kerja kalian sampai mana saja? Aku masih bingung pakai WO apa nggak..
    3. Apa saja yang mesti diperhatikan ketika memilih WO? Maksudnya kan banyak bgt WO di Jakarta. Jd bingung aja harus pilih gimana. Biasanya aku cm baca dr website ini yang jadi top 3 vendors. Tp ada ga sih hal lain yg mesti diperhatikan juga??

    Thanks ya Artea!!!

    • Artea Organizer

      Hallo Gabriella87..

      Boleh dong…..

      Dan akan kita jawab ya, semoga jawaban kita ini dapat membantu kamu πŸ™‚

      1. Untuk pemberian cincin atau tukeran cincin dengan menggunakan cincin kawin sebaiknya balik lagi dibicarakan dengan pasangan kamu dan orang tua masing-masing siapa tahu masih menganut budaya khusus atau kebiasaan di keluarga kamu atau pasangan kamu. Ada juga yang memberikan kalung kepada CPW yang akan dipasangkan oleh ibu CPP.

      2. Kalau kita Artea WO ada 2 paket yaitu Planning Your Wedding Perfectly (Wedding Planner) dan Perfect D-Day (Wedding Organizer). Untuk pemilihan paket ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan calon pengantin. Jika calon pengantin sibuk dengan aktivitas kerja dan memerlukan ekstra service bisa menggunakan paket yang Wedding Planner, karena di paket ini calon pengantin benar-benar akan didampingi terus sampai pada pemilihan vendor dan hal-hal detail lainnya. Jika hanya membutuhkan jasa WO untuk pengkoordinasian di hari H, bisa ambil paket yang Wedding Organizer, tentunya kita pasti tetap akan memperhatikan detail-detail yang diperlukan. WO juga akan menjadi jembatan dengan para vendor selama persiapan & memimpin Technical Meeting, serta mempresentasikan Rundown Acara kepada orangtua calon pengantin & juga keluarga besar yang terlibat sebagai Panitia.

      WO juga bertanggung jawab sebagai checklist & reminder apa saja yang mungkin masih perlu dilengkapi. Memastikan para vendor mengetahui tanggung jawabnya dengan lengkap.

      Di hari H : WO dibutuhkan sebagai tangan kanan calon pengantin & kedua orangtua. WO perlu tahu detail informasi dan harapan Pengantin sehingga dapat merealisasikan goal yang hendak dicapai πŸ™‚ Team WO yang profesional, sigap, kompak, dan fleksibel juga sangat dibutuhkan untuk menghandle details di hari H sehingga acara dapat berjalan sesuai dengan rencana dan rapi.

      3. Hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih WO adalah chemistry dan kenyamanan saat pertama kali bertemu karena WO adalah vendor yang paling intens berhubungan dengan kamu.

      Sekian jawaban dari kami..

      Semoga bisa dipertimbangkan untuk menggunakan jasa WO ya..Goodluck!

  23. Halo Artea dan The Bride Dept,

    Saya sebenarnya masih sedikit bingung dengan pembagian biaya pernikahan. Saya datang dari background keluarga Chinese yang sangat kental sekali dan keluarga saya expect pihak laki-laki untuk meng-cover keseluruhan biaya (hal ini adalah part dari adat yang sudah turun temurun). Sedangkan keluarga pacar saya sepertinya kurang bersedia untuk membayar 100%.

    Apakah Artea pernah menghadapi hal seperti ini? Dan kira-kira apakah ada win-win solution nya ya?

    Thank you

    • Artea Organizer

      Hallo Bernadette,

      Biaya pernikahan, seringkali menjadi permasalahan yang ditemukan menjelang pernikahan. Memang ini merupakan hal sensitif untuk dibicarakan antar keluarga. Beberapa calon pengantin sebelumnya di dalam Q&A ini, juga menanyakan hal yang serupa mengenai biaya pernikahan ini.

      Untuk budaya Chinese, memang biasanya biaya pernikahan dicover oleh pihak laki-laki. Namun, hal ini tidak boleh kaku & perlu musyawarah mufakat antar pasangan. Di sini memang tantangan untuk menguji kesabaran mu dengan pasangan untuk mencapai solusi yang terbaik. Tetap semangat & positive thinking ya! J

      Kami yakin belum bisa memberikan jawaban yang terbaik untuk masalahmu, apalagi kami belum mengetahui duduk permasalahannya secara detail. Apakah keseluruhan biaya (total budget) telah disepakati oleh kedua belah pihak? Dan apakah pihak laki-laki tidak bersedia membayar 100% dikarenakan biayanya yang telalu besar atau karena alasan / pertimbangan lainnya?

      Jika keluarga kamu masih sangat kental bahwa pihak laki-laki yang perlu membayar 100%, maka perlu dimaklumi bahwa besarnya acara tersebut perlu disesuaikan dengan biaya yang tersedia dari pihak laki-laki, dengan kata lain, kamu perlu menyesuaikan dengan budget yang ada.

      Sampaikan kepada keluarga masing-masing bahwa tujuan mu menikah dengan nya adalah baik. Jangan diganggu dengan hal yang sifatnya temporary. Jangan karena masalah pembagian biaya ini, akan membuat jalan mu dan pasangan tidak mulus ya..

      Artea pernah bertemu dengan masalah serupa. Kondisinya, pihak laki-laki memiliki budget tertentu yang bersedia ia keluarkan untuk acara Pernikahan (hal ini diinformasikan Calon Pengantin Pria kepada pasangannya). Setelah menimbang bahwa dengan budget tersebut mungkin kurang bisa mencapai ekspektasi yang diharapkan oleh calon mempelai wanitanya, maka dengan komunikasi yang baik & kesepakatan kedua belah pihak, maka akhirnya pihak calon mempelai wanita bersedia untuk membantu / β€œmensupport”, sehingga akhirnya terwujud pernikahan yang diharapkan & membahagiakan kedua belah pihak. Misalnya budget dekorasi yang disiapkan calon mempelai pria adalah sebesar Rp .., pihak wanita menambahkan biaya nya sehingga dekorasi yang diidamkan bisa terwujud.

      Terima kasih & semoga bermanfaat πŸ™‚

  24. Dear The Bride Dept & Artea Organizer:)
    Jadi gini, saya ingin sekali mengadakan wedding outdoor seperti di taman2 gitu, namun kendalanya di daerah saya tidak ada venue yang cocok untuk pesta semacam ini..
    Nah, apakah ada tips atau alternatif lain tentang hal ini?
    Terimakasih banyak yaaa atas jawabannya πŸ™‚

    • Artea Organizer

      Hallo Namira..

      Pesta taman memang sangat menyenangkan ya..Namun jika di daerah kamu tidak ada venue yang cocok untuk pesta semacam itu bisa disiasati dengan memilih tema dekorasi garden seperti yang sekarang lagi digemari.

      Sisi positifnya jika kamu menikah di indoor dengan dekorasi bertema garden, kamu tidak perlu khawatir akan hujan dan tamu akan kepanasan. Jadi kamu bisa dapat suasana garden dengan tidak memikirikan hal-hal yang yang akan terjadi jika kamu pesta di outdoor..

      Semoga jawabannya bisa memberi gambaran ya..

      Terima kasih banyak πŸ™‚

  25. Hi Artea Team,

    Akhirnya ada feature ini ya, membantu sekali untuk capeng2 lainya, terutama saya yang mau nikah.. hehe..

    oiya, saya mau nanya mengenai budget pernikahan. budget saya di kisaran 100jt. kira2 dengan budget seperti itu, saya bisa menyelenggarakan pernikahan di gereja dan family garden party yang seperti apa ?

    ditunggu advice dari artea yaa.. terima kasih πŸ™‚

    • Artea Organizer

      Hi Niken,

      Terima kasih The Bride Dept untuk feature ini yang pastinya akan membantu calon pengantin dalam merencakan pernikahannya..

      Untuk budget di sekitar 100 jt, tergantung berapa orang yang akan diundang di pesta tersebut, mungkin bisa disiasati dengan mengundang lebih banyak tamu di Pemberkatan dan diberikan souvenir/Nasi Box yang cantik dan hanya mengundang kerabat terdekat di pesta taman kamu supaya mimpi di pernikahan kamu bisa lebih terwujud.

      Semoga jawaban kami bisa membantu ya πŸ™‚

      Thank you untuk partisipasinya..

  26. Hai Artea,
    Mau tanya soal pemilihan vendor decor, apa yang perlu diperhatikan atau dipastikan ke vendor saat deal dengan vendor decor. Dari blog walking, yang sering saya baca selama ini kadang yang terjadi pengantin kecewa karena decornya tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau ada di foto.
    Mohon dibantu yah .. Thanks a bunch !! Happy Wednesday !

    • Artea Organizer

      Hi Luki….

      Dalam pemilihan vendor, tidak hanya vendor dekorasi, sebaiknya sudah mencari tahu track record dari vendor tersebut..

      Sebelum deal dengan vendor dekorasi, sebaiknya benar-benar memperhatikan style dekor vendor tersebut karena setiap dekorator memiliki style yang berbeda-beda dan tidak dapat disamakan dengan vendor lain. Pemilihan warna juga penting, tapi perlu diingat bahwa mungkin warna yang kamu pilih tidak pasti persis sama di hari H, fleksibilitas dari pengantin juga diperlukan yang pasti warnanya tidak akan lari dengan warna yang telah kamu tentukan.

      Jika kamu menggunakan jasa WO, WO pada hari H akan mengecek dekorasi yang sesuai dengan kontrak. Atau jika tidak menggunakan jasa WO, Luki bisa menunjuk orang yang dipercaya untuk membantu pengecekan di Hari H, tapi jangan lupa untuk membrief person in charge yang akan melakukan pengecekan hari H supaya tidak terjadi kesalahpahaman ya πŸ™‚

      Terima kasih yaaa, semoga bisa membantu πŸ˜‰

  27. Dear Artea Organizer,

    saya ingin menanyakan ttg :
    1. apa saja sih yang perlu disiapkan untuk acara lamaran itu? sampai saat ini, saya masih bingung ttg konsep lamaran saya hahaha dan dekorasinya bagaimana
    2. apabila budget saya terbatas cuma sampai 100 juta, apakah saya masih bs mewujudkan pernikahan saya?
    3. apakah saya bisa meyiapkan pernikahan saya dlm waktu 6 bulan saja, tanpa menggunakan WO?

    Regards,
    Alika PPS

    • Artea Organizer

      Dear Alika Putri Permatasari..

      Terima kasih untuk pertanyaannya..

      Kami coba jawab pertanyaan kamu ya..

      1. Yang perlu dipersiapkan untuk lamaran adalah konsep lamaran tersebut serta rundown acaranya. Biasanya lamaran juga sebagai perkenalan dua keluarga besar. Untuk dekor lamaran pun biasanya sederhana saja dengan posisi kedua keluarga saling berhadap-hadapan dengan meja kecil di tengah. Di meja tersebut bisa diletakkan karangan bunga yang cantik. Yang mungkin diperlukan satu backdrop saja untuk foto-foto.

      2. Jika hanya memiliki budget berkisar di 100jt pastinya tetap bisa mewujudkan pernikahan seperti impian kamu tergantung dari jumlah undangan yang akan diundang. Bisa juga mengadakan intimate party supaya pernikahan kamu semakin berkesan dengan berkumpul dengan orang-orang terdekat. Untuk dekorasi pun sekarang banyak yang minimalis tetapi tetap cantik. Satu hal yang paling penting menikah dengan pasangan kamu juga suatu impian kamu kan

      3. Untuk persiapan pernikahan 6 bulan tanpa wedding organizer tetap akan bisa dilakukan yang penting cepat mengambil keputusan untuk memilih para vendor serta banyak browsing tentang persiapan pernikahan. Terutama browsing di website The Bride Dept ini bisa sangat membantu kamu dalam persiapan pernikahan.

      Terima kasih ya semoga sukses sampai hari H ya

  28. Dear Artea Organizer,

    I have a few questions nih hehe, mohon bantuannya yaa πŸ™‚

    1. Dalam mendiskusikan budget dan porsi sponsorship, gimana ya caranya supaya pihak laki2 jadi setuju untuk membiayai most of it (if not all of it)? Aku kurang paham gmn cara mengarahkan pembicaraannya supaya menghasilkan kesepakatan seperti itu.

    2. Gimana ya caranya supaya bisa menerapkan aturan ‘no kids allowed’ selama acara dan juga menerapkan dress code supaya dipatuhi tamu? Aku paling nggak suka kalo liat orang2 yang pake baju super cuek (jeans, kaos lengan pendek, sepatu keds) ke acara wedding, jd aku mau menghindarkan ini terjadi di wedding aku.

    3. Gimana ya caranya supaya transisi dari akad nikah ke resepsi berjalan mulus? Menurut pengalaman kalian apa do’s and don’ts nya?

    4. Foto2 aku dan calonku saat udh pake baju akad nikah sebaiknya dilakuin segea setelah ijab kabul atau setelah acara akad selesai? Pengennya setelah acara akad selesai tp takutnya make up udh luntur dan keringetan, tp kalo segera setelah ijab kabul aneh gak sih pasangan pengantinnya tiba2 ngilang gt? (Hahaha)

    5. Photo booth kayanya mulai basi ya jaman sekarang, terlalu pasaran. Ada ide gak untuk gantiin photo booth sebagai something unique and memorable di sebuah wedding? (Not particularly for MY wedding)

    6. Temanku weddingnya batal, dan pihak laki2nya minta pengembalian perhiasan yang dikasih pas lamaran. Ini pantes nggak sih? Bukannya perhiasan itu jadi milik temanku (CPW) ya setelah dikasih?

    Maaf ya pertanyaannya banyak hehe, masih buta nih masalah wedding preps. Thank you so much! πŸ™‚

    • Artea Organizer

      Dear D.S,
      Berikut kami coba menjawab pertanyaan kamu & semoga membantu πŸ™‚
      1. Sebagai pasangan, bicarakan masalah yg sensitif ini dengan jujur & terbuka..
      – buat dulu suasana santai misalnya saat kamu dan pasangan lunch di restaurant dan suasana hati lagi sama-sama baik πŸ™‚
      – katakan bahwa kamu ingin mendiskusikan rencana pernikahan kalian
      – pertimbangkan budaya yang dianut oleh kedua keluarga (patrilineal atau matrilineal)
      – pertimbangkan juga jumlah tamu yang akan diundang dari kedua belah pihak (misal : pasangan kamu tinggal di luar kota, sehingga sebagian besar tamu adl undangan dari pihak keluarga mu atau sebaliknya?)
      – ceritakan lah konsep pernikahan yang diidamkan serta budget yg dapat kamu siapkan utk pernikahan ini dan harapan mu bahwa ia dapat menanggung sebagian besar biayanya.
      Perlu dimengerti bahwa setiap orang akan mempunyai budget tersendiri. Jika kamu mengharapkan sebagian besar biaya ditanggung oleh pasanganmu, maka ingat bahwa kamu perlu menjadi pendengar yg baik mengenai budget yg dapat ia siapkan dan tentu saja menyesuaikan harapan kamu dengan budget yg ada..
      Tujuan utama dari pernikahan adalah menyatukan kalian berdua, dan masalah yg lainnya hanya hal sepele saja yg tidak akan mengganggu hubungan mu dengan nya πŸ™‚

      2. Sulit utk menerapkan ‘no kids allowed’. Tantangan bagi mu memikirkan cara yg baik untuk menghandle masalah ini jika hal ini menjadi concern yang sangat penting untukmu.
      Ide kreatif seperti membuat kids corner, misalnya dessert area dimana anak-anak dpt membuat cupcakesnya sendiri bisa menjadi alternatif atau siapkan kids corner dengan children’s food/candies tower & dvd player. Anak-anak akan menyukainya dan berkumpul di sana. Siapkan ushers yg mengarahkan anak-anak tsb utk menikmati fasilitas yg telah kamu siapkan itu. Yg penting, pilihlah lokasi kids corner yg sesuai sehingga tdk mengganggu acara Pernikahanmu.

      Dresscode bisa kamu note di undangan πŸ™‚ hal ini memang tidak umum ya.. karenanya pastikan kamu memiliki pernikahan yang berkonsep (undangan & dekorasi yang konseptual) sehingga dresscode ini terkesan mendukung ambiance weddingmu.
      Sampaikan juga di undangan dengan kata-kata yg persuasif misalnya “please come & celebrate our wedding with formal black & white attires”. Untuk penerapan dresscode ini lebih efektif pada intimate wedding.

      3. Agar transisi dari Akad Nikah ke Resepsi berjalan mulus.. beberapa hal berikut perlu diperhatikan :
      – dekorasi punya waktu yang mencukupi untuk turnover jika Akad & Resepsi dilakukan di lokasi yg sama
      – jika waktu antara Akad dan Resepsi berdekatan kamu perlu memikirkan tamu-tamu yang menunggu, sehingga mereka bisa tetap enjoy sambil menunggu acara Resepsi dimulai. Misal dengan mempersiapkan canapes dan pass aroud drinks, menyiapkan photobooth atau live band selama Pengantin & keluarga inti bersiap utk Prosesi Masuk Resepsi.
      – jika kamu membutuhkan retouch make up, pastikan waktunya mencukupi
      – jangan sampai moment2 penting seperti foto keluarga mu tidak terlaksana karena keterbatasan waktu
      – jika jeda waktu antara akad dan resepsi cukup panjang, maka kamu akan lebih fleksibel mengatur acara kamu (misal ada waktu untuk retouch make up, Gladiresik prosesi Resepsi, foto keluarga di Pelaminan dan juga Early Dinner sehingga selama acara perutmu sudah terisi πŸ™‚ jangan lupa ini penting agar kamu tetap segar dan punya mood yg lebih baik selama Resepsi.

      4. Foto-foto formal biasanya dilakukan setelah acara Akad Nikah selesai. Bersama keluarga inti dilanjutkan bersama keluarga besar & para tamu jika masih ada waktu yang mencukupi πŸ™‚ biasanya make up kamu masih aman kok

      5. Sekarang photobooth punya jenis paket yang berbeda.. Photographer mereka bisa mingle atau juga tamu dapat upload foto2 pribadi mereka via instagram dengan hashtag khusus. Bisa menambah candid photos kamu di instagram, apalagi kalau kamu buat tema khusus (misalnya : the best photo groups & memberikan hadiah utk foto yg terpilih)..ada juga konsep videobooth yg masih jarang loh dan moving photobook yg bisa dijadikan kenang-kenangan πŸ™‚

      6. Kalau mengenai hal pantas atau tidaknya balik lg ya ke pribadi masing-masing. Permasalahan dlm suatu hubungan kan beragam dan bisa mempengaruhi tindakan seseorang pasca berakhirnya suatu hubungan. Yang penting ambil jalan tengah dan musyawarah mufakat kedua belah pihak. Bagaimanapun kerukunan itu indah πŸ™‚ kalaupun tidak jadi menikah itu kan berarti bukan jodoh dari yang di atas..

      Semoga jawaban kami bermanfaat. Terima kasih

  29. Dear Artea Organizer,

    Permisi saya mau tanya,saya akan mengadakan pernikahan saya dari jawa dan saya akan mengunakan adat jawa, untuk semua acara,vendor,gedung,makanan,dekor,dll sudah clear semua. Yang saya ingin tanyakan adalah, tamu undangan mempelai wanita adalah 650 undangan dan undangan dari saya (CPL) adalah 200, jadi untuk pembagian biaya seperti apa ya? terimaksih banyak

    Regards,

  30. Dear artea,

    Mohon pendapatnya, saya rencana akan menikah diluar kota, bahkan beda pulau dgn tempat tinggal dan kota asal saya. Yg pasti hanya keluarga inti yg bisa hadir. Untuk teman dekat dan rekan kerja pastinya akan sulit untuk datang dikarnakan jarak dan biaya yg lumayan tinggi. Pertanyaan saya, apakah saya sebaiknya tetap memberikan undangan kepada teman saya atau tidak?

    Dikarenakan bbrp bilang untuk menghormati, bagusnya tetap kasih undangan. Namun ada juga yg bilang tdk usah dikasih, krn jika dikasih undangan, seakan2 kita meminta mereka untuk memberikan “amplop” meskipun mereka sudah jelas2 tdk bisa datang.

    Thanks before

  31. Hai artea, mau tanya nih bingung bgt milih antara menyelenggarakan resepsi di hotel (sdh termasuk dekor, makan, hiburan dll) atau mengurus segala sesuatunya sendiri (resepsi di gedung)? Jumlah pax nya 500 aja.
    Apakah kl dihitung2 resepsi d hotel lebih rugi (dr segi budget) dibandingkan dg mengurus resepsi sndri (asumsi kualitas yg diinginkan sama dg hotel)?

    Thx u bgttt. Mohon dijawab.

    • Hi Sari, maaf ya sesi tanya jawab dengan artea ini sudah ditutup. Aku bantu jawab ya. Kalau di hotel pasti akan lebih mahal daripada di gedung. Akan tetapi sebenarnya bisa juga mengadakan di hotel dan tanpa wo jadi mengurus sendiri. Pastinya budget juga bisa lebih bisa ditekan.

  32. Hi artea, sy mau tanya nih.. jd ceritanya gini saya & calon suami tinggal di kota yg berbeda tapi sy mau mengadakan acara hanya di 1 tempat yaitu di kota calon suami, nah yg skg di bingungkan bagaimana membagi undangan untuk keluarga sy yg di luar kota agar pada waktu hari H meja2 yg saya udah booking buat tamu luar kota tidak kosong ( terisi penuh ) thanks sebelumnya buat masukan nya😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *