Bagaimana Jika Kamu dan Sahabat Menikah di Waktu yang Berdekatan?

By alandakariza on under How To

Apa pernah mendengar cerita bahwa dua orang sahabat tidak sengaja memilih tanggal pernikahan yang sama, atau paling tidak — berdekatan? Hal ini, entah mengapa, sering sekali terjadi. Saya dan pasangan sudah menentukan tanggal pernikahan sejak hampir satu tahun sebelumnya. Tiba-tiba, lima bulan sebelum menikah, kami mendengar bahwa sahabat pasangan saya akan menikah satu hari setelah kami. Tiga bulan sebelum menikah, sahabat saya memutuskan untuk melangsungkan pernikahan satu minggu sebelum kami. Lebih dari itu, ada kenalan kami yang menikah di tanggal yang sama dengan kami!

Ini bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari ketersediaan gedung, rencana yang tiba-tiba berubah, pencarian tanggal baik di budaya/kepercayaan tertentu misalnya Jawa dan Chinese, dan lain-lain. Apa yang harus dilakukan ketika ini terjadi?

  1. Ambil momentum ini untuk mempersiapkan pernikahan bersama-sama. Jika kalian bersahabat dan satu selera, bukannya tidak mungkin untuk menggunakan vendor yang sama (dan dapat diskon!).
  2. Namun, belum tentu sahabatmu tertarik untuk mempersiapkan pernikahan bersama-sama, meski tanggal pernikahan kalian berdekatan. Terkadang, ada saja orang yang memandang pernikahan sebagai sebuah “kompetisi”, dan tidak ingin memiliki vendor yang sama dengan kita — ‘sahabat’ mereka sekalipun! Coba ajak dia untuk mempersiapkan pernikahan bersama-sama, misalnya datang ke pameran vendor, atau fitting. Jika ia tidak bersedia, mungkin dia memang tidak tertarik untuk mempersiapkan pernikahan bersama-sama (which is also fine!).
  3. Jika tanggal pernikahan kalian terlalu berdekatan (dalam hitungan satu minggu atau kurang), ada baiknya jika kalian “mengobrol” untuk saling memberitahu apakah memungkinkan untuk datang ke rangkaian acara satu sama lain. Istri sahabat suami saya, yang menikah satu hari setelah kami, sejak jauh-jauh hari sudah meminta maaf karena tidak bisa datang ke acara kami mengingat ia sudah “dipingit” dan tidak boleh ke luar rumah. Ketika saya menyelenggarakan acara pengajian sehari setelah pernikahan sahabat saya (atau enam hari sebelum pernikahan saya), teman-teman dekat saya juga tidak datang karena masih kelelahan dari acara di malam sebelumnya. Persiapkan mental untuk menghadapi hal-hal seperti ini dari jauh-jauh hari.
  4. Jangan pernah merasa bahwa pernikahan kita lebih penting dari pernikahan mereka. Pernikahan tentunya penting bagi semua individu, dan pasti teman-teman kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk berada di kedua acara.
  5. Selenggarakan bachelorette party atau bridal shower bersama-sama! Selain lebih hemat, teman-teman kalian pun hanya perlu datang dan menyiapkan satu acara.

Apakah kamu memiliki pengalaman serupa? Jika iya, bagaimana kamu dan sahabat mengatasinya?