Bagaimana Mengantisipasi Cuaca Di Hari Pernikahan

By Septa Mellina on under How To

Banyak pasangan yang menginginkan resepsi pernikahan dengan konsep outdoor namun mengurungkan rencana tersebut karena tidak yakin dengan cuaca di hari H. Ada juga pasangan yang kebingungan mengantisipasi cuaca buruk di hari pernikahan yang bertepatan dengan musim hujan.

Biar nggak tambah pusing, berikut adalah tips pilihan The Bride Dept untuk mengantisipasi cuaca di hari bahagia kamu.

Musim Kemarau

Apabila resepsi pernikahan kamu jatuh di musim kemarau yang terik dan bikin keringatan, inilah hal-hal yang perlu kamu siapkan:

  1. Jika konsep pernikahan kamu di luar ruangan, pastikan ada banyak area teduh untuk melindungi para tamu dari sengatan matahari. Kamu bisa mencari venue yang memiliki banyak pepohonan atau menyiapkan payung-payung besar.
  2. Tempatkan banyak air minum di sekitar lokasi agar tamu tidak kehausan apalagi dehidrasi.
  3. Bahkan, jika perlu, kamu bisa menyiapkan deodorant spray, parfum, tisu basah, atau wewangian lainnya di ruang ganti atau toilet agar tamu bisa tetap wangi dan pede saat di pesta resepsi. Kasihan kan kalau tamu kamu keringatan dan bau badan.
  4. Jangan lupa siapkan blower atau portable AC agar tamu nggak kegerahan. Pastikan pula kamu menyediakan kursi di sekitar blower atau portable AC sehingga tamu bisa merasakan sejuknya udara sembari duduk.
  5. Untuk soal hidangan, pastikan es krim yang kamu sajikan tetap dingin hingga resepsi usai. Jika ada minuman dingin, pastikan pula kalau kamu menyediakan es yang cukup banyak agar minuman tetap dingin.
  6. Apabila venue pernikahan kamu semi indoor-outdoor, bukalah jendela dan pintu supaya sirkulasi udara tetap terjaga.

Musim Hujan

Musim hujan yang bisa bikin ribet bisa kamu siasati dengan cara berikut:

  1. Siapkan banyak payung bagi para tamu. Jadi ketika ada tamu yang lupa bawa payung, mereka bisa mengenakan payung dari kamu.
  2. Sebagai raja dan ratu sehari, kamu juga harus melindungi penampilan kamu. Sediakanlah jas hujan dengan hood untuk melindungi gaun dan tatanan rambutmu serta tas plastik untuk melindungi alas kaki kamu. Jangan lupa minta para tamu untuk menyiapkan hal serupa.
  3. Siapkan pula area bagi para tamu untuk meletakkan jas hujan dan payung mereka. Jadi air tetesan hujan nggak akan berceceran di lantai venue pernikahan, brides.
  4. Sediakan tisu, lap, serta keset untuk mencegah alas kaki tamu yang basah atau kotor terkena tanah yang becek.
  5. Kamu juga bisa menyiapkan selimut atau syal untuk mengantisipasi tamu yang kedinginan.
  6. Untuk konsep indoor-outdoor, tutuplah jendela dan pintu agar udara dingin tidak masuk ke ruangan.
  7. Sediakan berbagai pilihan minuman hangat, seperti kopi, teh, atau cokelat, untuk menghangatkan suhu tubuh tamu.

Outdoor Wedding

Pernikahan di luar ruangan memang cantik, brides. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tamu undangan tetap nyaman di tengah udara terbuka.

  1. Untuk mengantisipasi terik matahari yang menyengat, pastikan tempat duduk kamu sejajar dengan tempat duduk para tamu. Kenapa? Tempat duduk pengantin yang tinggi akan memaksa tamu untuk menengadahkan kepala mereka langsung ke arah sinar matahari. Jadi, daripada mereka silau, lebih baik kamu yang menyesuaikan tempat duduk kamu.
  2. Sediakan lilin citronella untuk mencegah serangga yang mengganggu.
  3. Beritahu para tamu untuk menyesuaikan pakaian dan alas kaki mereka untuk pernikahan outdoor Jadi mereka bisa mengenakan pakaian yang nyaman, menyerap keringat, dan alas kaki yang sesuai. Nggak lucu kan kalau tiba-tiba tamu memakai sepatu high-heels yang menusuk-nusuk tanah di venue pernikahan.
  4. Sediakan krim sunscreen di ruang ganti atau toilet untuk melindungi kulit para tamu.

Nah, brides-to-be, semoga tips ini membantu kamu ya.

×