Baju Pengantin Lebih Baik Sewa atau Beli?

By The Bride Dept on under How To

Salah satu hal yang paling esensial dalam pernikahan tentunya adalah baju pengantin. Bagi semua brides-to-be, mengenakan baju pengantin menjadi sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu. Meskipun demikian, sebelum mengenakan baju pengantin, ada satu pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu: mau beli baju pengantin atau cukup sewa saja? Jangan bingung, karena kali ini The Bride Dept akan memberikan dua perspektif yang dapat membantu kamu memutuskan apakah kamu mau membeli atau menyewa baju pengantin.

Sewa saja, jika…

1. Kamu tidak akan mengenakannya lagi

Pada hakikatnya, baju pengantin adalah sesuatu yang kamu kenakan hanya sekali seumur hidup. Potongan model baju pengantin juga berbeda dengan baju pesta sekalipun, sehingga tidak semua baju pengantin bisa dikenakan lagi sebagai baju pesta setelah menikah. Kalau kamu cenderung berpikir praktis dan tidak ingin mengenakan baju pengantin lagi, menyewa adalah pilihan yang tepat.

2. Tight budget policy

Selain menjadi salah satu hal yang paling esensial dalam pernikahan, baju pengantin juga salah satu hal yang paling memakan biaya. Sepakati dulu dengan pasangan kamu mengenai budget baju pengantin kemudian putuskan apakah kamu mau menyewa atau membeli. Jangan memaksakan diri jika memang tidak ada budget-nya, ya.

Beli saja, jika…

1. Kamu menginginkan desain yang customized

Dengan berbagai referensi baju pengantin yang tersedia di media cetak maupun media online, bukan tidak mungkin penjahit atau desainer atau sanggar favorit kamu bisa membuatkan baju pengantin yang kamu impikan selama ini. Kalau desain baju pengantin yang kamu inginkan cenderung unik, membeli adalah pilihan yang tepat.

2. Baju pengantin adalah kenang-kenangan

Setuju kan bahwa hari pernikahan adalah hari paling membahagiakan dalam hidup yang akan selalu dikenang? Nah, kenang-kenangan hari pernikahan dalam bentuk fisik yang akan tersisa hanyalah album foto pernikahan dan kepingan DVD video pernikahan. Kalau kamu membeli baju pengantin dan bukan menyewa, berarti kamu akan memiliki kenang-kenangan hari pernikahan selain bentuk dokumentasi pernikahan kamu. Hanya saja, baju pengantin memerlukan perawatan khusus, jadi kalau kamu memutuskan untuk membeli baju pengantin, pastikan kamu bisa merawatnya dengan baik, ya.

Membeli ataupun menyewa baju pengantin memiliki nilai plus dan minusnya sendiri. Apapun keputusan kamu, pertimbangkanlah dengan matang. Selalu diskusikan dengan pasanganmu terlebih dahulu sebelum membuat keputusan ya, karena pikiran dua orang tentunya lebih baik daripada satu orang.

Apakah kamu akan menyewa atau membeli baju pengantin? Apa alasan kamu? Kita diskusi di kolom komentar yuk!

Featured image – courtesy of Fotologue

×