Bedanya Pernikahan Prince Harry dan Meghan Markle dengan Prince William dan Kate Middleton

By Pravita Hapsari on under The Wedding

Beda Royal Wedding Prince Harry dan Meghan Markle dengan Prince William dan Kate Middleton

Style Guide

Style

Venue

Colors

Setelah Royal Wedding 2018 ini usai, banyak pihak yang selalu membanding-bandingkan dua pernikahan kakak beradik ini. Mulai dari wedding dress, makeup, sampai tamu yang hadir dipernikahan mereka. Perbedaan ini terlihat sangat kontras sehingga mengundang komentar-komentar dari masyarakat yang melihatnya.

Hari Pernikahan

Prince Harry dan Meghan Markle memutuskan menikah pada hari Sabtu (weekend) yang mana sangat berbeda dengan tradisi royal wedding karena biasanya diadakan pada hari kerja (weekday). Prince William dan Kate Middleton mengikuti tradisi royal wedding dengan menikah di hari Jumat.

Venue

Prince Harry dan Meghan Markle menikah di St. George’s Chapel, Windsor Castle, dengan kapasitas sebanyak 800 orang yang pasti terlihat lebih kecil dari acara pernikahan Prince William dan Kate Middleton diselenggarakan di Westminster Abbey, London, dengan kapasitas sebanyak 1.900 orang.

Tamu yang diundang

Tamu yang diundang pada Royal Wedding tahun ini hanya 600 orang, lebih sedikit dari tamu pernikahan Prince William atau bahkan pernikahan Ratu Elizabeth sebanyak 2.000 orang. Itu dikarenakan Prince Harry yang “antri” diposisi keenam sebagai pemegang takhta kerajaan ini tidak diwajibkan untuk mengundang para petinggi negara lain, sehingga orang-orang yang di undangan juga lebih sedikit karena hanya mengundang keluarga, kerabat dekat pasangan pengantin, orang-orang yang dekat dengan kerajaan, dan tamu spesial lain yang sudah diseleksi oleh pihak kerajaan.

Wedding Dress

Saat Royal Wedding 2011 lalu, Kate Middleton menggunakan wedding dress lengan panjang ditambah dengan detail lace yang bisa dibilang simple dan diluar ekspektasi dari seseorang yang akan menikahi pangeran kerajaan Inggris. Sementara itu Meghan Markle terlihat lebih simple lagi daripada Kate Middleton, ia menggunakan wedding dress lengan panjang dengan cutting off-shoulder dan detail bordir diujung veil yang dikenakannya.

Baju yang dikenakan Prince Harry juga menjadi sorotan karena berbeda dengan baju yang dikenakan Prince William di pernikahannya. Tetapi sebenarnya mereka sama-sama menggunakan seragam militer. Karena keduanya sudah tidak bertugas secara militer, Prince Harry ingin ia dan kakaknya sebagai bestman menggunakan frockcoat uniform of the Blues and Royals (Pasukan Berkuda Kerjaan). Sementara pada pernikahan Prince William mereka berdua menggunakan baju yang berbeda karena mereka bertugas di tempat yang berbeda. Prince William di hari pernikahannya menggunakan baju berwarna merah yang merupakan seragam Irish Guards Mounted Officer (Kepolisian Republik Irlandia) dan Prince Harry yang saat itu mendampingi kakaknya sebagai bestman menggunakan seragam British Armed Forces (Tentara Inggris).

Kereta Kencana

Sudah menjadi tradisi Royal Wedding Inggris untuk berkeliling menyapa dari dekat orang-orang yang sudah menunggu untuk menyaksikan pernikahan mereka secara langsung. Prince William dan Kate Middleton menaiki Imperial State Landau yang mana itu adalah kereta yang sama yang dipakai oleh orangtua Prince Wiliiam, Prince Charles dan Princess Diana, di hari pernikahannya. Pada pernikahan Prince Harry dan Meghan Markle mereka menaiki Ascot Landau dengan ukuran yang lebih kecil dari kereta yang digunakan Prince William karena lebih mudah udah dilihat dan berkomunikasi, berhubung mereka menikah bukan di London jadi cukup sulit untuk membawa kereta kencana yang lebih besar dari ini.

Flower Bouquet

Kate membawa buket bunga kecil yang semuanya berwarna putih, berisi bunga lily, sweet william, hyacinth, myrtle, dan daun ivy yang merupakan tradisi kerajaan sejak pernikahan Ratu Victoria. Sementara, buket bunga yang dibawa Meghan dipilih sendiri oleh Prince Harry dan dirangkai oleh Philippa Craddock dengan bunga-bunga kesukaan Lady Diana seperti bunga lily, melati, sweet peas, astilbe, astrantia, dan myrtle.

 

×