Berapa Isi Amplop Angpau Pernikahan?

By arinda.p on under How To

Di Indonesia, sudah lumrah jika seorang tamu undangan pernikahan membawa amplop yang berisikan uang yang menjadi kado pernikahan untuk sang pengantin.Tapi sebenarnya berapa sih jumlah uang yang standarnya diberikan kepada sang pengantin? Beberapa waktu lalu, team The Bride Dept mencoba untuk interview beberapa orang untuk tahu berapa isi amplop angpau yang tamu berikan! Tapi demi kenyamanan bersama, nama mereka kami samarkan ya hehe. Jadi hanya kami tuliskan dibawah ini umur dan kota mereka berasal!

25 tahun, Jakarta

“Tergantung yang menikah kaya atau tidak hehe. Kalau kaya, aku sih kasih Rp. 50,000 hehe Ya biaya makan seperti kalau ke food court mall aja. Lagian kan kalau pestanya mewah berani ngeluarin duit, berarti nggak butuh angpau lagi toh? Tapi kalau misalkan pas-pasan atau bahkan kurang, biasanya aku kasih antara Rp. 150,000-Rp. 175,000.”

27 tahun, Jogjakarta

“Kalau di tempatku sih rata-rata kasih Rp. 50,000. Lebih dari itu kayak nya sudah wow banget ya!”

26 tahun, Jakarta

“Tergantung lokasi pernikahannya dimana. Kalau dihotel, biasanya memberikan sekitar Rp. 500,000. Tapi kalau di gedung atau tempat lain, kurang dari itu. Maksimal Rp. 300,000. Kan beda juga ya budget hotel dan gedung.”

29 tahun, Jakarta

“Kalau teman dekat bisa kasih sampai Rp. 1,000,000. Soalnya nggak enak kan masa sudah teman dekat tapi ngasih nya dikit. Jangan sampai deh pertemanan rusak hanya karena masalah angpau!”

27 tahun, Bandung

“Kalau aku sih tergantung kondisi keuangan pas saat itu aja. Contohnya nih, kayak sekarang akhir tahun lagi banyak banget kan nikahan. Nah jadi ikutan tekor nih. Jadi biasanya kasih antara Rp. 100,000-Rp. 200,000. Tapi kalau misalkan lagi jarang nikahan, bisa lah kasih lebih sedikit.”

26 tahun, Bandung

“Hm.. Kurang lebih Rp. 100,000-Rp. 150,000. Cuman kalau teman baik, aku sih lebih prefer kasih kado ya. Kayaknya lebih personal gitu.”

24 tahun, Jakarta

“Tergantung seberapa dekat hubungan nya sama si calon pengantin. Kalau asal kenal aja sih biasanya Rp. 50,000. Kalau lumayan kenal Rp. 150,000. Kalau dekat, biasanya sih patungan beliin kado sama teman-teman lain. Maklum ya, kan kita baru mulai kerja. Duit belom ada banyak hehe.”

27 tahun, Medan

“Kalau di sini sepertinya standardnya Rp. 100,000 deh. Eh, apa gw doang ya yang ngasih segitu? Haha!”

Nah, kira-kira seperti itulah isi amplop angpau yang para tamu berikan pada sang pengantin di hari pernikahan. Range nya sangat beragam ya! Tapi mau dikasih berapapun, kita harus tetap bersyukur. Gimana pun juga kan tujuan melangsungkan pesta pernikahan bukan untuk mengumpulkan isi amplop angpau hehe. Nah, kalau kamu sendiri, kasih berapa sih untuk isi amplop angpau? Share yuk di comment dibawah!

Photo courtesy of http://silkroad-studio.com/studio-updates/wedding-season/

Check Out The Vendor

Comments

Masya

Angpaonya perlu dikasih nama gak sih biar pengantinnya tau itu dari siapa? ;D

Reply

arinda.p

Hal tersebut sebenarnya tergantung kamu saja. Boleh dikasih nama, boleh juga nggak 🙂

Reply

Ratih Febriani

Tergantung seberapa dekat hubungan aku dengan mempelai.
Biasanya kalau sahabat/teman dekat (yang gak pernah putus kontak), aku beli kado yang memang dibutuhkan ketika untuk membangun rumah tangga baru (misal: alat rumah tangga/sprei/selimut/voucher belanja).

Tapi kalau hubungan aku dengan mempelai tidak terlalu dekat (dan jarang kontak”an/sekedar kenal), biasanya Rp 50.000 dan gak dikasih nama di amplopnya. hheheh…
Kalau tetangga yang punya hajat, biasanya aku suka nebeng sama ortu. Jadi kondangannya bareng tapi amplopnya dari ortu aja hhahah :p

Reply

Sev Daisy

Rata rata sih kalo ngasih angpao antara 200 – 500 rb.. tergantung seberapa dekat kita dengan si pengantin atau venue pernikahannya. hehehe…

Reply

Kris

Seriusan nih?
Jujur saya biasanya ngasih 500rb, dan itu juga saya masih merasa galau, takutnya terlalu sedikit, makanya saya cari di google, ternyata hasilnya membuat saya bengong.

Pantas setelah saya ngasih, biasanya teman2 saya sangat berterima kasih.

Reply

Kris

*Soalnya dulu pernah ngasih 100rb dan gw di sindir2 pelit gitu sama yang udah merit, kebeneran temen deket, setiap ketemu disindir2, jadi malu.

Padahal bukannya pelit, tapi memang saya nggak tahu standarnya berapa. hahahaha

Reply

Tata

Hah? beneran itu ada yg ngasih 50rb? Waduh, biasanya soalnya standarnya kasih 100rb, itu jg udah ketar ketir takut kedikitan. biasanya gw kasih 100-200rb. Tp klo temen deket / sodara 300-1 jt, kan deket ya ga enak klo dikit kasihnya.

Reply

Caca

kalau aku sebenernya beda konteks sih, posisinya aku yg nikah dan undang Bos aku. Bos aku dengan rapih dandan an nya dtg ke acara pesta pernikahan aku.pas salaman dia blg, “Angpaunya nyusul yah nanti dikantor aja”, aku bales”oh,iya gpp”. tapi pas masuk kantor ditunggu eh ga ngasih2 tuh.. hehehehhe malu kali yah punya bos macem gitu. dr pada ngomong janji mending diem aja, toh dia hadir aja aku ga apa apa kog tanpa membawa angpau. dia janji gitu, malah agak “heran” sih.

Reply
×