Berapakah Usia Yang Tepat Untuk Menikah?

By Septa Mellina on under How To

Ada yang bilang, usia yang tepat untuk menikah adalah 25. Ada juga yang bilang 30 tahun adalah usia yang pas untuk berumahtangga karena sudah cukup dewasa; yang lainnya berpendapat, menikah muda bukanlah masalah. Jadi sebenarnya berapa kisaran usia yang pas untuk menikah? Apa saja pertimbangan untuk menikah di usia tersebut?

Beberapa waktu lalu, The Bride Dept mewawancari sejumlah narasumber tentang usia yang tepat untuk menikah. Karena bagi sebagian orang isu ini agak personal dan sensitif, beberapa narasumber kami tutupi identitasnya ya, brides.

Iyank, 27 tahun, Penulis

“Kalau cewek, menikah di atas 21 tahun sudah oke kok. Usia segitu biasanya cewek sudah lulus kuliah, mulai mikirin masa depan dan sudah malu untuk minta duit ke orang tua. Kalau cowok mungkin di atas 23 tahun. Tapi cowok tuh kebanyakan mau menikah di atas usia 25 tahun sih. Katanya, mereka mau puas-puasin bandel dulu hahaha…. Tapi, basically, biasanya cowok prefer untuk menikah di usia lebih tua soalnya mereka kan harus bertanggungjawab sebagai kepala rumah tangga.”

NN, 23 tahun, Karyawati Swasta

I think 30 years old is perfect. Usia segitu harusnya sudah matang baik dari segi karakter, pemilihan keputusan dan segi finansial. Usia 30 gue rasa tepat karena jika memang ada rencana punya anak, hamil di usia dengan kestabilan emosi baik pastinya juga berdampak bagus untuk si calon bayinya. Kalau belum ada rencana punya momongan, that would be fine too karena, at least, emosi kita sebagai perempuan sudah lebih stabil.”

Novan, 34 tahun, IT Programmer

“Kalau cewek 25 tahun, cowok 27 tahun. Nggak tahu sih, kayaknya pas aja usia segitu hehehehe…”

NN, 28 tahun, Reporter TV

“Sebagai laki-laki sih, gue prefer menikah usia 35. Gue perlu mikirin karier dan tabungan buat menghidupi istri dan anak-anak gue kelak tanpa melupakan kebahagian orang tua juga. Kadang poin ini yang nggak dipahamin perempuan yang maunya buru- buru dinikahin, hehehe.”

Faradila, 28 tahun, Freelancer

Nggak masalah sih kalau cewek menikah umur 28-30 tahun. Cewek kan juga perlu menata masa depannya, karier, kehidupan sosial dan finansial. Kalau sudah mapan kan enak, nggak perlu bergantung 100% sama suami.”

NN, 36 tahun, Karyawan

If you’re ready for a lifetime commitment, then go ahead. Nggak ada patokan usia sih. Kalau memang lo nggak siap berkomitmen, mending jangan buru-buru married hanya karena kejar deadline usia. Gue sendiri masih single. You know, to some guys, marriage is a big thing and commitment is a bit frightening.”

NN, 29 tahun, Konsultan

“Kalau nyokap gue sih maunya gue menikah umur 25 tahun. In fact, gue masih single aja tuh sampai sekarang hahaha yang penting jangan kelamaan single aja sih menurut gue. Maksimal 30 tahun-lah untuk perempuan menikah. Tapi kalau emang belum ketemu yang klik, mending nanti aja menikahnya. Kata orang, when you meet the one, you just know.”

Tanto, 24 tahun, Penulis

“Semua balik ke personal masing-masing. Menikah itu kan komitmen, nggak hanya komitmen jangka pendek, tapi juga jangka panjang. Idealnya, menikah saat kedua belah pihak siap, baik mental maupun materi. Dan kondisi siap itu kan nggak mesti ada di usia-usia tertentu. Ada pria yang siap di usia muda (24-25 tahun) tapi ada juga yang siap di usia 30-35 tahun. Tapi personally, bagi pria, usia ideal itu adalah 28 tahun, paling lambat 30 tahun. Menurut gue, usia segitu harusnya pria sudah bisa lebih mapan baik dalam materi maupun mental. Usia 28-30 tahun juga pas untuk mulai punya anak. Ketika anak nanti besar, kita masih belum terlalu tua, bahkan bisa punya cucu di usia 55 tahun. Tapi kalau memang belum siap ya jangan dipaksain juga hehe…”

Adri, 32 tahun, Marketing Communication Manager

“30 tahun okelah buat menikah asal pasangannya worth it sih hehehe. Kalau nggak, ya mending single aja dulu.”

Maritta, 23 tahun, Pekerja Nonprofit

“Menurut gue, segala umur di atas 25 tahun itu ideal. Kalau alasan gue sih masalah independensi seorang wanita saja. Kalau nantinya dia mau jadi seorang ibu rumah tangga, setelah lulus kuliah harusnya dia tetap memberikan waktu untuk dirinya, cari tahu dia siapa: nyari duit sendiri atau travelling sendiri as a single woman. Kayak cari tahu what might have been without a partner. Semua orang pengen hidup dengan pasangan kan, tapi suka kalut sendiri saat hal buruk terjadi sementara lo sudah terlalu bergantung sama pasangan dan lo benar-benar nggak tahu caranya hidup sendiri. Kenapa? Karena lo nggak pernah kasih kesempatan untuk cari tahu.”

Ilham, 23 tahun

“Kalau cowok sih 27 tahun. Secara psikologis, manusia akan lebih dewasa dan akan lebih bijak di usia itu. Biasanya cowok juga sudah punya posisi di suatu perusahaan, atau kalau dia adalah pengusaha, dia minimal sudah bisa menghidupi hidupnya sendiri dari usahanya itu. Nah kalau menikah di usia 27, anggaplah dia akan punya anak di usia 28.   Ketika si anak sedang butuh biaya kuliah yang cukup besar, orang tuanya masih akan ada dalam usia produktif yaitu 46 tahun. Bandingkan dengan kalau kita menikah di usia 35 misalnya, apakah kita masih bisa membiayai uang kuliah anak kita nanti?”

Dyota, 22 tahun, Post-Graduate Student

“Relatif sih. Tapi menurutku sebelum 30 tahun untuk wanita, kalau untuk laki-laki sebelum 34 tahun. Saat ini karir cenderung jadi prioritas, which I think is reasonable. Jadi secara financial lebih matang. Kalau bisa, menikah nggak lebih dari umur segitu karena takut terlalu jauh bedanya sama anak mereka nanti.”

Kalau diperhatikan dari jawaban-jawaban ini, umumnya usia menikah yang ideal bagi perempuan adalah 21-30 tahun. Sementara bagi pria, usia ideal untuk menikah cenderung lebih tua, antara 27-35 tahun. Kalau menurut kamu sendiri gimana? Feel free to share your thoughts below ya J

Check Out The Vendor

Comments

ginamardiana

Gina

Saya akan menikah di usia 22 tahun, tahun ini. Bahkan kuliah saya belum selesai, hanya selang 3 bulan dari kelulusan! Hehe. But I think it’s true, when we’ve found the one, we just knew. And the most important thing is when we are ready to take the commitment, then go ahead :)

Reply

Radit

Jangan buru-buru sis kalo urusan nikah. Jangan sampai nyesel pas udah nikah, terlalu banyak yang harus dikorbanin.

Reply
aw_fitri

Fitri A Wibowo

Kalo saya punya patokan cewek itu lebih baik menikah dibawah umur 25 tahun. Yaa sekitar 22-25 lah untuk mulai memikirkan pasangan, financial dsb. Karna biar jarak sama anaknya ga jauh-jauh banget. Selain itu keren kalo nikah muda mah hehe..
Setelah nge-follow The Bridedept ini, keinginanku untuk menikah muda bertambah besar. Ditambah lagi awal tahun kemarin “dijodohkan” sama orang tua. Hahahha meskipun gagal karna orang ketiga, well.. laki-laki ga cuma dia aja. Semakin semangat untuk niat nikah muda ??

Reply

Hendry

lebih baik memikirkan karier,kewajiban sebagai anak,dan menabung untuk masa depan.Karena kehidupan sekarang ini bukan main-main.Akan Lebih baik pernikahan itu juga butuh kesiapan mental yang kuat dan matang.Kalo untuk Pria si maks 30 dan wanita 25 tahun itu cukup

Reply

thalia

Sy menikah usia 19 thn hehehehe

Reply

Stefanie

jika usia yg cocok untuk pria menikah antara 30-35 tahun dan wanita 20-25 tahun lalu jika mereka berpacaran dengan perbedaan usia hanya beberapa bulan (seumuran), sedangkan si pria ingin menikah diusia 35 tahun, lalu bagaimana dengan si wanitanya? sedangkan usia 30 tahun aja sudah dikatakan usia rawan bagi wanita jika belum menikah :) (begitu sih orang-orang bilang)

Reply

Andi subandi

Apaan cwok nikah muda ada 16 tahun sedangkan pasangannya cewek 71 tahun. Heeee nenek lagi. Masih mending nikahin cwek 30 tahun. Msh seger atau 36 tahun.

Reply

Salma

Jadi pengen nikah deh diumur 24 nanti semoga ketemu jodohnya aminnnn…

Reply