Berbagai Istilah Dokumentasi Pernikahan

By arinda.p on under How To

Ketika dulu sedang dalam proses menyeleksi vendor photo dan video, saya sering sekali kebingungan dengan berbagai istilah dokumentasi pernikahan yang ada di price list vendor-vendor tersebut. Ada yang disebut full documentation, cinematic video, trailer dan masih banyak lagi! Alhasil, saya jadi sering bolak balik bertanya ke para vendor itu apa sih artinya istilah-istilah tersebut. Saya yakin, nggak saya sendiri saja yang kebingungan dengan berbagai istilah dokumentasi pernikahan tersebut. Jadi kali ini kita membahas mengenai berbagai istilah ini! Mudah-mudahan membantu ya!

1. Full documentation

Full documentation artinya vendor foto dan video tersebut akan merekam seluruh kejadian event dari awal sampai akhir. Jadi bentuknya lebih seperti liputan biasa sehingga biasanya hasilnya pun kurang artistik.

2. Cinematic video

Berbeda dengan full documentation, biasanya cinematic video memiliki hasil video yang artistik. Kenapa? Karena biasanya kamera yang digunakan berbeda (biasanya menggunakan kamera DSLR), di edit dengan tampilan artistik dan juga ada backsound yang mengiringi video tersebut. Makanya biasanya cinematic video ini memiliki rate yang lebih mahal dibandingkan full documentation.

Oh ya, tiap vendor memiliki standard sendiri-sendiri untuk lama durasi dari cinematic video tersebut sehingga lebih baik kamu bertanya dulu ke vendor tersebut ya!

3. Trailer

Kalau ini mungkin kamu sudah tahu kali ya! Ya, trailer adalah short video yang biasanya diambil dari keseluruhan cinematic atau full documentation yang sudah vendor punya sebelumnya. Biasanya trailer ini hanya berkisar antara 2-3 menit. Biasanya yang ada didalam trailer ini adalah highlights dari moment penting selama rangkaian pernikahan ini.

4. Same-day Edit

Same-day edit ini adalah video yang menayangkan event yang terjadi sebelumya. Jadi contohnya ketika pernikahan ku kemarin, same day edit menayangkan recording dari liputan akad nikah yang tadi pagi. Hasil video same-day edit ini pun ditayangkan ketika resepsi malamnya. Aku masih ingat sekali, demi video same-day edit ini team vendor videography ku sibuk berkutat di ruang tamu rumahku untuk mengedit video akad yang baru diambil paginya. Bisa dibilang mereka tidak beristirahat sama sekali karena sore harinya sudah harus standby lagi di gedung resepsi!

Nah, kira-kira itulah arti dari berbagai istilah dokumentasi pernikahan yang pasti akan kamu temui ketika sedang mencari vendor foto dan video! Ada lagi kah istilah yang kamu ingin tahu artinya? Tulis saja ya di comment section dibawah!

×