Berbulan Madu ke Luar Negeri? Ini Dia yang Harus Diperhatikan!

By NSCHY on under How To

Berbulan madu ke luar negeri sekarang tidaklah menjadi hal begitu bermasalah, mengingat banyaknya pameran travel yang menyediakan tiket pesawat dengan harga murah ditambah lagi dengan promo tahunan. Bahkan, berbulan madu di luar negeri menjadi pilihan bagi sebagian orang, terutama yang hobi mampir di website travel atau maskapai pesawat untuk mencari tiket promo.

Untuk para pasangan yang sudah merencanakan berbulan madu di luar negeri, pastikan kalian memperhatikan hal-hal berikut ya!

1. Perhatikan dokumen yang dibutuhkan

Paspor adalah dokumen utama yang wajib kamu miliki apabila kamu ingin berbulan madu keluar negeri. Nah kamu harus memeriksa kembali expiry date dari paspor kamu, perlu diingat bahwa paspor kamu tidak bisa digunakan apabila expiry date kurang dari 6 bulan dari waktu keberangkatan. Dokumen lainnya yang juga harus kamu pastikan adalah visa. Cek kembali ya apakah destinasi tujuan kamu membutuhkan visa atau tidak dan kapan waktu terbaik untuk mengurus visa ya!

2. Perhatikan waktu keberangkatan

Waktu keberangkatan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan budget dan juga perlengkapan yang harus dibawa. Usahakan jangan pergi di saat high season dimana harga juga sedang melonjak dan juga tentunya ketersediaan kursi terbatas. Biasanya high season juga saat di mana tempat tersebut, apalagi kamu memilih negara yang banyak diincar turis, nggak mau dong kamu jalan-jalan sana sini dan kembali lagi ke kepadatan kota? Jadi, usahakan kamu pergi di saat low season.

3. Perhatikan cuaca setempat

Menentukan waktu keberangkatan juga sama dengan menentukan cuaca setempat. Apalagi jika kamu memutuskan untuk pergi ke negara dengan 4 musim atau negara dengan cuaca yang sedang tidak menentu. Jadi, pastikan kamu sudah mengetahui hal tersebut sebelumnya. Jangan sampai kesehatan kamu malah drop dengan adanya cuaca ekstrim. Berikut perlengkapan yang harus kamu bawa:

  • Lip balm

Entah cuaca sedang panas atau dingin, lip balm itu merupakan benda wajib. Selain berguna sebagai pelembab bibir, lip balm juga berguna untuk memperhalus bibirmu. Di saat bulan madu, pastinya bibir yang halus menjadi perhatian utama tuh!

  • Coat

Pastikan kamu sudah mendapatkan informasi cuaca terkini di negara tujuanmu. Jika memang masih atau sedang musim dingin, kamu wajib membawa coat. Tentunya, dingin di Indonesia dengan di luar sana akan beda. Jangan sampai kamu kaget dan mennggangu bulan madumu.

  • Persiapkan baju tipis

Mungkin waktu keberangkatan kamu saat musim dingin, tapi tidak menutup kemungkinan itu berada di akhir musim dingin dan keesokan harinya mendadak hari menjadi super panas. Selain mempersiapkan coat, kamu juga wajib membawa beberapa baju yang cocok untuk musim panas. Supaya tidak berdobel-dobel, persiapkanlah baju berlayer. Saat dingin kamu bisa pakai beberapa, namun saat panas juga masih nyaman.

  • Sarung tangan dan kaos kaki

Persiapkan dirimu untuk cuaca ekstrim, apalagi kalau kamu baru pertama kali berada di negara bermusim dingin. Selain mempersiapkan baju hangat, kamu juga wajib menyelipkan sarung tangan dan kaos kaki. Bila memungkinkan, bawalah satu atau dua pasang long john untuk menghangatkanmu.

4. Perhatikan waktu liburan destinasi bulan madumu

Menghindari high season berguna untuk menghindari keramaian kota, namun jangan sampai juga kamu datang disaat liburan setempat yang membuat tempatnya menjadi kosong karena kebanyakan orang lokalnya pergi berlibur. Mau bagaimanapun, menyenangkan bisa mengenal orang lokalnya kan dan tidak datang seperti ke kota mati?

5. Perhatikan adat budaya

Namanya pengantin baru, pastinya kalian ingin memamerkan kemesraan kepada semua orang, kan? Nah, tapi, berhubung kalian akan berbulan madu ke tempat baru, usahakan perhatikan adat budaya setempat. Seperti berlibur ke daerah Timur, mungkin kalian musti mengurangi sedikit bermesraan di muka umum untuk menghormati budaya setempat.

6. Datangi tempat romantis

Setiap daerah pasti punya spot sendiri yang berhubungan dengan cinta, padlock bridge misalnya. Nggak ada salahnya lho untuk mendatangi lokasi itu dan meninggalkan jejak kalian dengan berpartisipasi mengunci padlock bertuliskan nama kalian berdua.

Mendatangi tempat romantis juga memberikan suasana bermesraan baru untuk kalian berdua. Di sana pasti akan dikelilingi oleh berbagai pasangan yang membuat kalian menjadi lebih dimabuk asmara dan lebih mesra seolah berlomba-lomba menjadi pasangan termesra.

7. Bawa GoPro!

Jika berbulan madu di dalam negeri, mungkin masih masuk akal untuk menyewa fotografer untuk menangkap semua kegiatan bulan madumu. Tapi kalau pergi ke luar negeri yang notabene membutuhkan biaya yang lebih, usahakan kamu bisa meng-handle semua urusan dokumentasi sendiri. Bawalah kamera kecil, tidak perlu kamera professional, yang penting mudah dibawa dan dengan kualitas gambar yang memuaskan juga. GoPro bisa jadi andalannya tuh!

8. Datangi restoran romantis!

Untuk merayakan cinta, nggak ada salahnya kalian mendatangi salah satu restoran recommended romantis untuk pasangan yang baru menikah. Berdandanlah dan anggaplah ini kencan pertama setelah menikah!

Selamat berbulan madu!

×