Bridal Accessories: DOs & DON’Ts

By Septa Mellina on under How To

Selain wedding venue, dekorasi dan berbagai hal besar lainnya, aksesoris yang terlihat sepele pun tak boleh luput dari perhatianmu saat mempersiapkan pernikahan. Dengan pemilihan yang tepat, aksesoris dapat menjadi penunjang penampilanmu di hari pernikahan, brides. Sebaliknya, pemilihan aksesoris yang salah justru bisa jadi bumerang untuk kamu. Apa saja sih dos and don’ts saat memilih bridal accessories?

DOs

Sesuaikan dengan kepribadianmu

Pernikahan hanya sekali seumur hidup dan, pastinya, kamu ingin tampil sempurna di hari itu. Itu sebabnya, tampilkan dirimu apa adanya yang membuatmu nyaman. Pilihlah aksesoris yang sesuai dengan kepribadianmu. Jika kamu adalah wanita sederhana, gaun super glamor mungkin tidak akan kamu pilih. Sebaliknya, jika kamu adalah wanita yang menyukai konsep pernikahan ala kerajaan Disney, menggunakan mahkota untuk menghias kepalamu adalah pilihan tepat. Don’t wear accessories that don’t reflect who you really are just because other people think that’s how a bride should look like.

Pilih warna yang membuatmu semakin cantik

Putih memang menjadi warna andalan dalam pernikahan. Tapi, kalau kamu menyukai warna lain, tidak ada salahnya memadukan warna tersebut dengan putih. Kamu bisa memadukan warna tersebut pada aksesoris di rambut atau sepatumu.

Jadilah Tuan Puteri

Pernikahan adalah satu-satunya momen kamu tampil sebagai ratu sehari. Jadi, manfaatkan kesempatan tersebut untuk membuatmu bersinar layaknya puteri kerajaan. Kamu bisa mengenakan mahkota untuk menghias rambutmu yang indah. Namun, jika kamu enggan menggunakannya, coba pilih aksesoris lain sebagai real statement piece dalam penampilanmu. Pilihlah aksesoris eksklusif yang tidak akan kamu kenakan di kesempatan lainnya, misalnya kalung dengan permata yang bersinar.

Perhatikan aksesoris dengan detail

Ada beberapa jenis aksesoris yang luput dari pandangan mata namun berperan penting dalam mendukung penampilanmu, misalnya parfum dan pakaian dalam. Pilihlah aroma yang tahan lama sehingga kamu tidak perlu berkali-kali menyemprot parfum ke tubuhmu. Pilih pula pakaian dalam yang nyaman sehingga makin mempercantik gaun atau kebayamu.

Fokus pada gaun atau kebaya

Gaun atau kebaya pernikahan adalah fokus utama dari keseluruhan penampilanmu. Jadi, pastikan kamu telah memilih gaun atau kebaya yang tepat untuk hari bersejarahmu, brides. Aksesoris dapat kamu pilih setelah gaun atau kebaya tersebut fixed.

DON’Ts

Last-minute preparation

Pernikahan adalah hari besar yang perlu kamu siapkan dengan matang. Menunda persiapan (sekecil apapun!) hingga di detik-detik terakhir hanya akan menimbulkan kepanikan dan bisa merusak hal-hal yang sudah dipersiapkan.

Perhatikan kuku-kuku kamu

Dalam banyak foto pernikahan, fotografer seringkali memotret tangan dan kakimu dengan close up. Jadi, pastikan kulit tangan dan kakimu sehat dan terawat. Jangan lupa warnai kuku tangan dan kakimu agar makin terlihat cantik saat di foto.

Ukuran wedding bouquet yang sesuai

Jika kamu berencana untuk memegang wedding bouquet selama resepsi, pastikan ukuran bunga tersebut tidak terlalu besar dan tidak berat supaya kamu tidak repot. Jadi, selain sisi estetika, pertimbangkan pula sisi kepraktisan wedding bouquet tersebut.

Jangan terlalu banyak aksesoris

Meski kamu bisa menggunakan berbagai perhiasan dan aksesoris kepala, bukan berarti kamu bisa mengenakan semuanya secara bersamaan. Jadi, cobalah kenakan satu atau dua aksesoris statement untuk mendukung penampilanmu.

So, apa aksesoris pilihan kamu, brides-to-be?

×