Inspirasi Bulan Madu Ke Pulau Derawan

By Ikke Dwi A on under How To

Bulan madu ke pulau Derawan? Indonesia memang terkenal dengan koleksi pulaunya yang ribuan dan indah-indah. Dan kali ini The Bride Dept akan berikan tips buat kamu yang ingin berbulan madu hemat ke Pulau Derawan.

Pulau Derawan atau lebih tepatnya disebut Kepulauan Derawan (karena ada lebih dari satu pulau) berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepualauan Derawan memiliki tiga kecamatan, yaitu Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk. Setidaknya ada empat pulau yang terkenal di kepualauan ini, yaitu Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban. Di pulau ini juga ditempati oleh satwa langka Penyu Hijau dan Penyu Sisik loh.

Derawan menjadi salah satu tujuan favorit para pecinta olahraga air di Indonesia. Selain menyuguhkan keindahan alam dan bawah airnya, juga terdapat banyak biota dan fauna laut yang hidup di sana.

Bagaimana Menuju Kepulauan Derawan?

Ada berbagai cara untuk bisa sampai ke Kepulauan yang cantik ini, yaitu :

Via Darat:

Jika kamu dan pasangan sudah berada di Kalimantan maka bisa menggunakan jalan darat karena sudah ada jalan penghubungnya walaupun di beberapa spot rusak.

Adapun rutenya : Palangkaraya – Banjarmasin – Balikpapan – Samarinda – Tanjung Redeb – Tanjung Batu – Derawan.

Rinican Biaya:

Banjarmasin – Samarinda (bus) = Rp 120.000 – 150.000

Samarinda – Tanjung Redeb (travel) = Rp 275.000 – 300.000

Tanjung Redeb – Tanjung Batu (travel) = Rp 100.000

Tanjung Batu – Pulau Derawan (speedboat) = Rp 100.000

Via Udara:

Sekarang ini terdapat beberapa pilihan maskapai penerbangan menuju Balikpapan. Kemudian dari Balikpapan, kamu bisa pergi ke Berau atau Tarakan. Jika kamu pergi lewat Tarakan maka biayanya lebih murah, namun jalur laut untuk menuju Pulau Derawan lebih jauh. Sedangkan jika lewat Tarakan, biaya penerbangan lebih mahal, namun jalur lautnya lebih mudah apalagi jika pergi secara rombongan.

Penginapan Di Kepulauan Derawan

Ada banyak tempat pilihan untuk menginap di Derawan, mulai dari homestay sampai resort. Tarif berkisar antara Rp 100.000 sampai jutaan rupiah. Sebagai info tambahan, jika kamu berkunjung ke Pulau Nabucco dan Sangalaki, ada satu resort yang bayarnya pakai dolar.

What to do in Derawan?

Di Derawan tujuan utamanya tentu saja wisata air dan bawah laut. Di sini kamu bisa berjemur di pantai yang pasirnya putih, berenang, snorkeling, diving, sampai melihat penyu.

Tempat penyewaan alat pun cukup banyak di sini dengan tarif sekitar Rp 50.000 per hari. Jika kamu dan pasangan ingin berkeliling di pulau Derawan maka bisa berjalan kaki loh karena pulau ini tidak terlalu luas. Sedangkan untuk berkunjung ke pulau-pulau di sekitarnya bisa menyewa kapal.

Ingin berbulan madu di Derawan tapi tidak mau repot? Kamu bisa menggunakan jasa agen travel. Paket tour yang ditawarkan pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan budget. Tertarik untuk berbulan madu ke pulau Derawan?

×