Cara Efektif Membangun Komunikasi dengan Calon Mertua dan Keluarga

By Pravita Hapsari on under How To

Cara Efektif Membangun Komunikasi dengan Calon Mertua dan Keluarga

Masih ingat dengan acara TBDTalkshow bulan lalu yang membahas tentang cara efektif membangun komunikasi dengan calon mertua dan keluarga? Atau malah tidak bisa hadir? Kali ini kita akan berbagi ilmu yang sudah diberikan oleh Mbak Wita (Psikolog dari Tiga Generasi) untuk kamu yang tidak bisa hadir kemarin.

TBDTalkshow yang diadakan di Harlow, Kuningan ini sangat seru lho! Peserta yang datang sangat antusias memberikan pertanyaan dan tidak hanya datang sendiri tetapi banyak dari mereka yang datang bersama pasangannya.

Sepertinya sudah bukan hal yang aneh jika menantu dan mertua itu sulit akur dan akrab. Bagi para menantu rasanya apapun hal yang dikerjakannya pasti selalu salah di mata mertua dan begitu pun sebaliknya. Pasangan pun kadang sulit untuk memposisikan diri karena sering terjepit ditengah-tengah. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk dapat membangun komunikasi yang lebih efektif dengan calon mertua dan keluarga pasangan yaitu sebagai berikut:

1. Kenali lebih dahulu sifat dan karakter mertua atau keluarga pasangan

Memasuki lingkungan yang baru pastinya membuat kita harus beradaptasi dahulu dengan lingkungan yang ada. Apalagi untuk para pengantin baru, pastinya banyak kebiasaan pasangan yang baru terlihat saat nikah begitu pun dengan kebiasaan keluarganya. Sebagai orang yang baru kita harus memahami kebiasaan dan sifat yang menurut kita tidak biasa agar dapat diterima sehingga nantinya kita dapat berkomunikasi dengan baik.

2. Jangan merasa keluarga sendiri adalah yang terbaik

Memahami perbedaan antara keluarga sendiri dan keluarga pasangan adalah hal yang wajar. Dalam hal ini tidak ada keluarga yang lebih baik atau lebih buruk karena kebiasaannya saja sudah berbeda jadi tidak bisa disamakan atau dibanding-bandingkan satu sama lain. Maka dari itu dibutuhkan toleransi dan adaptasi dari kedua belah pihak, dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

3. Cari aktivitas yang bisa dilakukan bersama untuk mendekatkan diri

Salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan mertua dan keluarga pasangan adalah dengan melakukan aktivitas bersama. Hal yang paling simple dan bisa terus dilakukan adalah dengan makan bersama keluarga pasangan. Saat makan biasanya banyak waktu untuk mengobrol sehingga kita bisa lebih kenal dan membicarakan hal-hal ringan namun cukup berkesan. Untuk mengajak calon mertua atau keluarga pasangan makan bersama kamu bisa menggunakan aplikasi alacarte.  Dengan men-download menjadi member alacarte kamu bisa menghemat biaya makan di restoran lho! Aplikasi alacarte ini akan memberikan promo buy 1 get 1 free setiap pembelian makanan atau minuman yang menggunakan aplikasi Alacarte. Ada banyak restoran yang dapat kamu kunjungi, mulai dari restoran fine dining sampai bar dan lounge loh!. So, tunggu apalagi langsung download apps-nya ya!

×