Cara Melibatkan Mama Mertua dalam Mempersiapkan Pernikahan

By Septa Mellina on under How To

Menyiapkan pernikahan memang bikin stres dan melelahkan. Nggak heran kalau banyak pasangan yang sepenuhnya menyerahkan persiapan pernikahan ke wedding organizer. But if you’re not into wedding organizer due to some concerns, nggak ada salahnya kok untuk mengurus pernikahan dengan bantuan keluarga dan teman-teman.

Nah, seringkali brides-to-be lupa melibatkan Mama mertua dalam persiapan ini. Ujung-ujungnya, kamu dan Mama mertua jadi bete deh. Padahal, Mama mertua bisa jadi partner yang menyenangkan lho, brides (semenyenangkan Mama kamu!). Coba deh lakukan hal-hal ini untuk melibatkan Mama mertua dalam pernikahanmu supaya beliau nggak merasa left out.

Berikan tugas yang spesifik

Daripada diuber-uber Mama mertua yang pengen banget bantuin pernikahanmu, nggak ada salahnya kok kalau kamu bikin task list yang bisa beliau bantu. Jadi, beliau bisa tetap terlibat di hari bahagiamu dan kamu pun tetap bisa fokus mengerjakan tugas yang kamu ingin lakukan.

Libatkan Mama mertua untuk urusan katering

Coba deh ajak Mama mertua kamu untuk ikutan food tasting, memilih wedding cake, atau saat fitting kebaya pernikahan. Beliau pasti senang banget dilibatkan di hal-hal detail seperti ini. Kamu juga bisa tanyakan pendapatnya lho saat kamu bingung.

Minta Mama mertua untuk memutuskan pilihan

Persiapan pernikahan yang stres dan melelahkan kadang bisa bikin kamu nggak sanggup berpikir dan mengambil keputusan, misalnya souvenir mana yang paling oke di antara 3 pilihan. Coba deh minta Mama mertua kamu untuk mengambil keputusan final. Selain bisa mengurangi stres kamu, cara ini juga bisa membuat Mama mertua kamu merasa dihargai lho.

Beritahu batasannya

Meski kamu melibatkan Mama mertua dalam persiapan pernikahan, beritahu juga bahwa ada beberapa hal yang tidak dapat dicampuri oleh orang lain dan hanya kamu yang bisa melakukannya. Yang pasti, sampaikan dengan sopan dan baik ya, brides.

Mintalah detail dari pernikahannya terdahulu

Nggak ada salahnya lho, brides, untuk meminta inspirasi atau detail dari pernikahan Mama mertua kamu. Kamu bisa menyajikan hidangan yang dulu dihidangkan saat pernikahan Mama mertua kamu atau mencari inspirasi dari adat Mama mertua kamu.

Biarkan beliau memilih gaunnya sendiri

Karena ini adalah hari bahagia kamu, chances are you want to take control of everything! Meskipun ini adalah perayaan kamu, belajarlah untuk membiarkan beliau memilih gaun atau kebayanya sendiri. Biarkan beliau memilih pakaian terbaik yang membuatnya nyaman, percaya diri, dan cantik.

Apakah kamu ada ide lain, brides? Let’s share with us!

×