Cara Mengatasi Stress Saat Mempersiapkan Pernikahan

By Penna on under How To, Wedding Day

Cara Mengatasi Stress Saat Mempersiapkan Pernikahan by The Bride Dept

Menurut salah studi terbaru di Amerika Serikat, 96% dari pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan akan mengalami stress berkepanjangan. 40% dari sampel sebanyak 500 pasangan ini juga mengakui kalau mereka mengalami stress tingkat akut dan 71% responden menyamakan persiapan pernikahan dengan peristiwa besar hidup mereka, seperti mencari pekerjaan atau pindahan.

Meningkatnya kadar stress ini bisa dimaklumi, berhubung setiap individu pasti tetap harus menjalani aktivitas sehari- hari mereka sambil sibuk merencanakan hari yang paling penting dalam hidup mereka. Belum lagi, biaya dan daftar tamu yang sering terus membengkak- semuanya menjadikan stress sebelum pernikahan sebagai hal yang lumrah di belahan dunia mana saja.

Jadi, buat kalian yang sedang mencari kiat dan cara mengatasi stress saat mempersiapkan pernikahan, wajib untuk mengikuti poin- poin berikut ini dari The Bride Dept :

1. Prioritas, Prioritas, Prioritas

Tahukah brides, semakin banyak hal- hal kecil dan detil tak penting yang dibawa stress- maka kebahagiaan akan semakin sulit diraih.

Saatnya untuk benar- benar mengubah perspektif Anda tentang hal- hal yang menjadi prioritas dalam event pernikahan nantinya. Utamakan hal- hal yang penting, seperti budget, jadwal, keluarga, atau daftar tamu dll sesuai persepsi kalian. Setelah itu, kategorikan hal- hal lain sebagai sesuatu yang bisa diatasi, walaupun tidak harus sempurna.

Dengan tahu prioritas- prioritas ini, pasangan juga akan lebih mudah bekerjasama dan bahkan bisa menghemat pengeluaran yang sebenarnya tidak begitu penting.

2. Komunikasi Dua Arah

Salah satu penyebab stress dalam perencanaan pernikahan sering datang dari orang tua sendiri ataupun orang tua pasangan. Memang tidak bisa dihindari kalau event pernikahan akan melibatkan keluarga kedua belah pihak, tetapi komunikasi yang jelas bisa membantu meminimalisir hal- hal yang bisa membuat Anda stress.

Walaupun orang tua akan membantu mendanai pernikahan, diskusikan secara terbuka dan jelas sejak awal tentang ekspektasi dan keinginan Anda dengan mereka. Tujuan dari komunikasi ini adalah supaya ada kesamaan visi dari semua belah pihak, sehingga tidak ada yang merasa terbengkalai dan malah membuat suasana tidak enak berkelanjutan.

3. Sedia Plan B

Percaya atau tidak? Tidak ada pernikahan yang sempurna. Dalam hidup, memang ada hal- hal yang sudah berada di luar kendali kita misalnya cuaca ataupun kehendak lain dari yang diatas. Jadi daripada panik dan stress tak jelas, sediakan saja rencana cadangan atas worst case scenarios yang bisa Anda bayangkan.

4. Sayangi Diri Sendiri

Stress sebelum pernikahan bisa mengakibatkan banyak hal- hal negatif loh, Mulai dari jerawatan, sakit- sakitan, hilangnya selera makan, hingga rambut rontok. Oh no!

Jadi, penting sekali bagi brides untuk mencari cara- cara untuk menghilangkan stress, baik dengan menjalankan hobi ataupun beristirahat dengan cukup. Jangan lupa ajak juga pasangan untuk bersama- sama melepaskan stress. Sambil santai dan memupuk hubungan, ide bagus bukan?

5. Ingat Juga Si Calon Suami/ Istri

Jangan sampai stress karena pernikahan mengakibatkan renggangnya hubungan percintaan kalian. Momen menjelang pernikahan adalah sebuah ajang untuk menguji kekompakan dan kecocokan tahap lanjutan. Jadi jangan sampai terjadi perpecahan akibat perbedaan pendapat, tetapi ingat kalau kalian selalu berada di satu tim yang sama.

 

×