Di mana Harus Mencari Jodoh?

By Friska R. on under How To, Relationship

“Di mana harus mencari jodoh?” Begitulah pertanyaan dari salah seorang teman yang saya temui minggu lalu. Tidak dapat dipungkiri, jodoh dan pernikahan adalah topik yang paling sering dibicarakan, apalagi untuk kaum perempuan single yang sudah menginjak umur 25 tahun keatas. Memang pertanyaan ini cukup berat ya hehe. Tetapi hari ini, The Bride Dept berusaha memberikan jawaban dengan memberikan sedikit solusinya untuk kamu yang sedang bertanya-tanya “Dimanakah harus mencari jodoh?”

1. Teman kantor

Pada umumnya, salah satu tempat pencarian jodoh yang paling efektif adalah lingkungan tempat kita bekerja. Di sana, kita pasti akan bertemu dan berhubungan dengan banyak orang setiap harinya. Dari pengalaman saya, banyak sekali teman-teman yang menemukan pasangan hidupnya sekarang di kantor mereka lho. Oleh karena itu, saya menyarankan kamu untuk berpakaian rapi dan berdandan setiap harinya. Siapa tau ada yang kecantol hehe.

2. Teman sekolah

Teman TK, SD, SMP, dan SMA. Jika ditotal pasti banyak sekali kan orang-orang yang kamu kenal. Dari sekian banyak orang tersebut, saya yakin pasti ada yang masih single. Nah oleh karena itu, kamu harus rajin untuk datang ke acara reunian, baik itu yang kecil-kecilan ataupun yang besar seperti reuni akbar. Saran saya yang lain adalah untuk tetap kontak dengan teman-teman lama ya, siapa tau cinta monyet semasa SMP adalah jodoh kamu yang tertunda.

3. Teman-nya teman

Dari sekian banyak cerita pernikahan yang pernah diliput The Bride Dept, sekitar 70% menemukan pasangan hidup melalui seorang teman. Jadi kamu tidak usah malu untuk meminta teman dekat kamu untuk mengenalkan dengan teman mereka yang masih single juga. Salah satu teman saya, dia dan temannya yang sama-sama single bersepakat untuk saling mencarikah jodoh. Dan ternyata, it worked lho! Hanya dalam waktu 1.5 bulan, mereka berdua langsung mendapat pacar karena memang mereka punya komitmen yang mereka saling sepakati.

4. Anak dari Relasi Orang Tua

Eits, tunggu dulu! Ini bukan berarti kamu kembali ke zaman Siti Nurbaya lho. Apabila kamu masih single, kamu mungkin bisa meminta orang tuamu untuk menjodohkan dengan anak dari relasi mereka. Menurut saya pribadi, cara ini sebenarnya cukup bagus karena bagaimanapun orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, sehingga mereka pasti berusaha untuk mencarikan yang terbaik untuk kamu. Jadi apabila orang tua kamu mau menjodohkan kamu, jangan langsung marah dulu ya!

5. Perkumpulan Agama

Perbedaan agama memang sering menjadi penghalang sebuah hubungan. Maka sebaiknya kamu harus mencoba mengantisipasi masalah ini di awal. Cobalah menjadi lebih aktif di organisasi keagamaan karena bisa saja kamu bisa menemukan pasangan di sana. Misalnya pada agama Kristen, ada yang disebut dengan Persekutuan Doa, selain memperdalam iman, siapa tau kamu bisa bertemu jodohmu di sana!

6. Website dan aplikasi perjodohan

Beberapa orang menganggap bahwa cara ini kurang layak, apalagi untuk sesuatu yang penting, yaitu jodoh.Tapi sebenarnya cara ini beberapa kali beneran membantu para perempuan dan laki-laki untuk mendapatkan jodohnya. Beberapa bahkan sampai ke pelaminan lho seperti cerita dari Maqeba dan Irvan yang bertemu lewat aplikasi perjodohan ini!

Jodoh memanglah sesuatu yang tidak terduga, oleh karena itu, kamu harus tetap berusaha dan optimis ya! Jangan lupa juga untuk berdoa ya!

×