DIY Rustic Garden Engagement

By Septa Mellina on under The Engagement

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Residential

Colors

Vendor That Make This Happened

Engagement Reception

Venue Private Residence

Photography Sunday Diaries

Kebaya House of Dempton

Make Up Artist Vera Ferial

Beauty Preparation Estu Echo Catering

Konsep pertunangan yang sederhana dan menyatu dengan alam kini begitu digandrungi banyak pasangan. Konsep pertunangan outdoor pasangan Hasan-Tazkia berikut ini pastinya akan menambah daftar referensi konsep outdoor untuk hari bahagiamu, brides-to-be.

Saat ditanya perihal persiapan pertunangan, pasangan Hasan dan Tazkia sebenarnya sudah merencanakan pertunangan sejak September lalu. Awalnya, pertunangan akan diadakan pada bulan November. Namun, karena satu dan lain hal, pertunangan dipercepat sehingga keduanya mempersiapkan hari besar tersebut hanya dalam waktu sekitar satu bulan. “Tantangan terbesar yang kami hadapi adalah lokasi pertunangan yang berbeda dengan lokasi kami bekerja. Saya dan tunangan saya bekerja di Jakarta, sementara pertunangan diadakan di Bandung. Jadi setiap weekend saya harus pulang pergi ke Bandung untuk mempersiapkan semuanya, mulai dari food testing, membeli peralatan dekorasi dan sebagainya. Agak melelahkan, tetapi kalau liat hasilnya, this is definitely beyond my expectation,” Tazkia berkisah.

Tantangan yang dihadapi pasangan ini tidak berhenti sampai di situ, brides. Tazkia mengaku telah mempunyai konsep dekorasi sendiri untuk hari bahagianya itu. “Karena saya ingin hasilnya benar-benar sesuai dengan yang saya bayangkan, jadi saya memutuskan untuk merancang sendiri desain dekorasinya,” katanya.

Hasilnya? The decoration was truly beautiful! Hari pertunangan yang sakral itu dibalut dengan dekorasi yang natural, sederhana namun tetap indah. Mengambil lokasi di halaman depan rumah, keduanya memang menginginkan konsep outdoor untuk hari engagement mereka. “Saya mendapatkan inspirasi dekorasi mostly dari Pinterest dan Instagram. Banyak sekali referensi menarik untuk pertunangan dan pernikahan outdoor. Sisanya, adik saya mendesainnya dan disesuaikan dengan items yang sudah ada,” kata Tazkia memberikan bocoran.

Karena keduanya berdarah Sunda, pertunangan keduanya cukup kental dengan budaya satu ini. “Ketika melaksanakan pertunangan, tunangan saya datang dengan berbagai jenis makanan dan juga uang. Berdasarkan adat Sunda, calon mempelai pria harus memberikan uang sebesar 10% dari total uang yang akan diberikan untuk persiapan resepsi pernikahan. Makanan tradisional, buah-buahan dan uang yang dibawa oleh pihak laki-laki itu terkenal dengan sebutan hantaran di kalangan orang Sunda,” kata Tazkia.

Sepanjang acara pertunangan, MC dan seluruh keluarga pun berkomunikasi dengan Bahasa Sunda. “Yang lucu ketika saya sempat curi-curi lihat ke arah sekumpulan teman saya dan mendapati wajah-wajah kebingungan mereka karena mereka tidak mengerti Bahasa Sunda sama sekali. Meskipun saya berdarah Sunda, tapi saya tidak pernah menggunakan bahasa Sunda di rumah. Lucunya, ketika paman saya menanyakan apakah mau menerima Hasan sebagai tunangan saya, saya harus membisiki mama saya dulu untuk tahu artinya apa, baru menjawab dengan bahasa Indonesia. That was really awkward and kinda embarrassing but people laughed though,” kenang Tazkia sembari tertawa.

Selamat berbahagia untuk Hasan dan Tazkia. Semoga persiapan pernikahan kalian lancar ya!

Top vendor pilihan Tazkia dan Hasan:

House of Demplon

“Bahan dan juga pattern dari batik yang direkomendasikan oleh tim House of Demplon sangat bagus dan berkualitas. Pattern-nya juga unik dan warnanya sangat sesuai dengan kemauan kami berdua. Sang designer, Indra Riady, juga banyak memberikan masukan yang bermanfaat sehingga hasilnya sangat bagus dan nyaman untuk digunakan. Saya dan tunangan saya menggunakan batik yang sewarna dengan pattern yang mirip. Hasilnya bagus sekali saat difoto.”

Vera Ferial

“Sejak awal mempersiapkan pertunangan, saya sangat ingin makeup yang simple, effortless, tetapi tetap cantik dan stand out, karena pertunangan saya akan dilaksanakan pada siang hari dan outdoor. Berdasarkan referensi dari teman-teman, saya akhirnya memutuskan untuk dirias oleh Mbak Vera. Ternyata hasilnya sangat sesuai dengan yang dibayangkan. Makeup-nya sangat effortless, tetapi tetap stand out dan glamorous untuk acara pertunangan.”

Dani Effendi

“Semua foto-foto Dani sangat artsy! Itulah yang membuat kami memutuskan untuk mengundang dia sebagai fotografer di acara pertunangan kami, karena hasilnya dibayangkan akan sangat cocok dengan tema outdoor and rustic pertunangan kami. Kami sangat puas dengan hasil foto-fotonya. Angle nya sangat natural dan berhasil meng-capture semua highlight di pertunangan kami dengan baik.

Tips dari Tazkia dan Hasan:

  1. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kita turun langsung untuk memilih segala macam detail dan items yang akan digunakan untuk pertunangan kita. Sehingga, ketika hari H kita tidak akan kecewa terhadap hal kecil yang dapat membuat mood berantakan selama jalannya acara pertunangan kita.
  2. Sebaiknya, kita sudah menentukan tanggal pertunangan dari jauh-jauh hari, jadi kita bisa mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya tanpa berburu-buru.
  3. Kalau kita mendapatkan kesulitan atau stuck dengan ide dekorasi, cobalah ajak bicara saudara dekat kita. Kadang kita tidak tahu bahwa ternyata saudara dekat kita memiliki ide atau referensi yang sangat bagus. Bekerja sama dengan saudara dekat juga dapat mempererat hubungan. Karena saya tinggal di Jakarta, saya jarang bertemu dengan adik saya dan banyak hal tentangnya yang terlewatkan karena jarak yang memisahkan. Ketika saya menyiapkan pertunangan dengan bantuan adik saya, saya merasa dekat kembali dengan adik perempuan kecil saya yang ternyata sudah dewasa. That could be your benefit, right? :)
×