Green Rustic and Healthy Engagement ala Nindi dan Uka

By renya_nuringtyas on under The Engagement

Green Rustic and Healthy Engagement ala Nindi dan Uka

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Residential

Colors

Vendor That Make This Happened

Venue Private Residence

Event Styling & Decor Dwimatra

Photography Katakita Photography

Make Up Artist Fita Angela

Hair Do Nabil Jalila

Catering FAM Organic

Wedding Organizer Kirana Wedding Planner

Bride's Attire Isabel Haris

Jewellery & Accessories Campernik Flower

Souvenir FAM Organic

Seserahan Baduy Forest Honey

Others Tenda by Mandiri Pesta

Acara lamaran atau pernikahan dengan tema Green Rustic pasti sudah sering kita temui saat ini. Mengangkat dekorasi dengan unsur bunga serta tanaman segar dan ranting kayu, konsep Green Rustic kini memang tengah menjadi tema yang banyak dipilih oleh banyak pasangan untuk acara Lamaran maupun Pernikahan mereka. Nah, tema Green Rustic ini juga dipilih oleh Nindi dan Uka untuk acara lamaran mereka. Uniknya, mereka memadukan tema tersebut dengan tema Urban Farming yang tidak hanya mengangkat dekorasi bunga dan juga ranting kayu, namun juga mengangkat unsur tanaman organik yang segar dan tentunya juga sehat. Berangkat dari ide ini, Nindi dan Uka akhirnya sepakat untuk mengangkat tema Green Rustic and Healthy Engagement untuk acara lamaran mereka berdua.

Perkenalan Nindi dan Uka bermula dari masa kuliah di tahun 2007 yang lalu. Waktu itu, mereka berdua dikenalkan oleh Bebe, yang kebetulan merupakan sepupu Uka dan teman SMA Nindi. Sebetulnya saat itu mereka kuliah di fakultas yang sama yaitu FMIPA ITB – Bandung, namun mereka sebelumnya tidak pernah bertemu karena selama hampir satu tahun mereka tidak pernah mengambil kelas yang sama. Pertemuan berikutnya terjadi di Travel dari Bandung menuju Jakarta saat Uka hendak mengantar Bebe, yang saat itu juga bersama Nindi, untuk pulang ke Jakarta. Setelah pertemuan kedua itu hubungan pertemanan mereka berlanjut lewat Friendster dan sering kali chatting lewat aplikasi Yahoo Messenger, sampai akhirnya Uka memberanikan diri untuk mengajak Nindi kencan dan menonton film Speed Racer.

Setelah kencan pertama, dan setelah kurang lebih dua bulan PDKT, mereka semakin merasa cocok satu sama lain dan Nindi dan Uka pun akhirnya jadian. Namun hubungan mereka juga tidak selalu berjalan mulus dan sempat putus di tahun 2010. Tapi meskipun sudah putus, mereka tetap menjaga komunikasi sampai mereka berdua lulus kuliah di tahun 2011. Setelah itu mereka juga sempat tinggal di kota bahkan negara yang berbeda, mulai dari Bandung – Tangerang, Bandung – Bangkok, dan Bandung – Abudhabi, sampai akhirnya di tahun 2014 akhirnya mereka berdua sepakat untuk kembali bersama dan berkomitmen untuk serius menjalani hubungan LDR Bandung – Abudhabi. Di tahun 2016, tepatnya sebelum Uka melanjutkan kuliah S2-nya di Brisbane – Australia, keluarga Uka datang ke rumah keluarga Nindi untuk berkenalan, yang secara langsung menunjukkan keseriusan Uka dalam menjalani hubungan dengan Nindi. Setelah selesai menjalani hubungan LDR di bulan Agustus 2017, akhirnya Nindi dan Uka sepakat menentukan tanggal acara lamaran mereka yaitu tanggal 14 Januari 2018, dan sekaligus menentukan tanggal pernikahan yang jatuh di tanggal 5 Mei 2018.

Untuk acara lamaran, tema Urban Farming dipilih bukan tanpa alasan. Tema tersebut dipilih karena keluarga Nindi memiliki usaha yang dinamakan FAM Organic (@famorganic), yang khusus bergerak di bidang sayuran organik. Untuk acara lamaran ini, semua tanaman, sayuran dan bumbu-bumbu organik, yang disajikan ditanam sendiri oleh kedua orang tua Nindi, sampai souvenir untuk para undangan pun secara khusus dibuat menjadi Eco-souvenir yang berupa Tanaman Mint.

Untuk dekorasi, Nindi juga dibantu oleh Dwimatra Dekor yang menyiapkan desain Backdrop dan Taman, yang desainnya tentunya disesuaikan dengan tema acara. Sesuai tema, hidangan yang disajikan untuk para tamu pun seluruhnya hidangan sehat yang khusus disiapkan oleh Mutiara Catering yang menyanggupi syarat untuk memasak tanpa 4P, yaitu Pewarna, Pemanis, Perasa dan Penyedap. Untuk minuman, Nindi dan FAM Organic juga menyajikan minuman yang dinamakan Green Smoothies, yang merupakan minuman campuran sayuran organik dan buah-buahan, Salad Organik dengan FamO dressing, Herbal Tea dan Infused water khas FAM Organic.

Keluarga besar Nindi sudah sangat familiar dengan bermacam minuman khas FAM Organic tersebut, namun tidak demikian dengan keluarga besar Uka yang sebagian besar baru pertama kali mencicipi minuman-minuman tersebut. Setelah mencoba, minuman yang paling digemari oleh keluarga besar Uka adalah Green Smoothies. Walaupun awalnya banyak yang ragu dengan rasanya karena warnanya yang sangat hijau, tapi setelah mencoba banyak yang suka dan ketagihan, sampai bolak balik tambah beberapa kali. Bahkan setelah acara selesai, yang paling diingat para tamu adalah minuman Green Smoothies, yang berhasil bikin mereka ingin balik lagi ke Bandung untuk minum Green Smoothies.

Selain Green Smoothies, Salad Organic dari Fam Organic juga sangat digemari karena dressingnya yang secara khusus dibuat handmade oleh Mama Nindi @aninswasti, yang juga merupakan founder @famorganic, dengan resep keluarga yang juga merupakan FamO Signature Dressing.

Acara lamaran diadakan di rumah keluarga Nindi yang memiliki edible garden yang penuh dengan berbagai macam sayuran dan bumbu masakan organik, yang sangat pas dengan tema yang diangkat. Untuk dekorasi, Nindi juga dibantu oleh @ubun_dwimatra yang menambah dekorasi dengan tanaman hias bernuansa hijau dan bunga-bunga berwarna putih yang senada dengan tema Green Rustic dan Urban Farming.

Momen acara lamaran yang paling berkesan untuk Nindi adalah saat Nindi turun tangga menuju ruangan tempat seluruh tamu, dan juga Uka, berada. Di momen itu Uka diminta menebak apakah betul gadis yang turun tangga itu adalah Nindi. Setelah gagal menebak yang pertama, Uka yakin kalau orang kedua yang menuruni tangga adalah Nindi. Namun sebelum kain penutupnya dibuka, Uka sempat menyampaikan speech singkat yang menceritakan kisah cinta mereka berdua mulai dari sudah berapa lama mereka berdua saling mengenal sampai seberapa yakin niat Uka untuk menikahi Nindi. Momen itu merupakan pertama kalinya Uka mengungkapkan perasaan dan keyakinannya untuk menikahi Nindi. “Uka bahkan belum pernah bilang pada saat sedang berdua aja, jadi ada rasa terharu dan senang kalau Uka ternyata bisa romantis,” cerita Nindi.

Top 3 Vendor pilihan Nindi:

1. @famorganic: “Tamu-tamu dibuat surprised dengan dekorasi yang ‘tidak biasa’, souvenir Pohon Mint-nya pun membuat tamu senang karena bisa bermanfaat dipakai untuk memasak atau membuat minuman, tidak sekedar jadi pajangan atau mainan.”

2. @ubun_dwimatra: “Berhasil mengolah dan menunjang dekorasi dengan cantik sehingga acara menjadi berkesan bagi para tamu. Mas Ubun mengerti sekali dan mau mendengar request ‘ajaib’ dari kami. Beliau semangat sekali dengan dekor ‘tidak biasa’ ini jadi kami sama-sama senang mengerjakannya.”

3. Mutiara Catering: “Karena catering ini satu-satunya vendor catering yang berani untuk memasak sesuai dengan request kami yaitu tanpa 4P (Pewarna buatan, Pemanis buatan, Perasa buatan dan Penyedap) dan hasilnya juga tidak kalah dari catering-catering lain.”

Tips dari Nindi untuk brides-to-be:

“Mempersiapkan acara lamaran harus dengan kepala dingin, kalau lagi ‘rungsing’ banget atau bete banget lebih baik kabur sebentar untuk refreshing supaya tidak merasa bete untuk menyiapkan acara sendiri. kalau sudah mulai ngerasa ‘males’ kok mau menikah sampai seperti ini banget pusingnya, yang paling membantu adalah dengan berpikir lagi alasan kita mau menikah dengan pasangan kita supaya bikin hati happy dan semangat lagi.”