Guest Post | 2 Tips Penting Dalam Menentukan Porsi dari Umara Catering

By arinda.p on under How To

Menentukan jumlah porsi catering dalam acara penting seperti lamaran atau pernikahan adalah salah satu hal yang sangat penting. Sayangnya, tidak banyak calon pengantin yang tahu bagaimana menentukan jumlah porsi tersebut. Nah, oleh karena itu The Bride Dept berkolaborasi dengan team Umara Catering untuk memberikan sedikit guidelines kepada calon pengantin agar bisa menghitung sendiri jumlah porsi catering yang dibutuhkan untuk setiap acara!

Ada 2 hal penting yang harus kamu perhatikan dalam menentukan porsi catering:

  • Jumlah Undangan

Tentu saja hal ini sangat menentukan karena kita harus make sure semua tamu mendapatkan makanan yang cukup. Hal ini sebenarnya bisa kita hitung dengan mengikuti step dibawah ini:

  1. Tentukan jumlah undangan lalu dikalikan 2
  2. Perkirakan jumlah tamu yang pasti akan hadir. Tidak semua orang akan datang lho! Biasanya hanya 85-90% total yang akan datang ke resepsi pernikahan.
  3. Lalu gunakan ratio buffet:food stall untuk menghitung jumlah buffet dan food stall yang harus dipesan. Umara Catering menyarankan ratio 60:40.
  4. Untuk food stall, Umara Catering mengatakan kebanyakan orang akan mendatangi hingga maksimal 3 gubug. Oleh karena itu, hasil penghitungan porsi food stall harus dikalikan 3. Dan terakhir, bagi hasil penghitungan tersebut dengan jumlah food stall yang kamu ingin miliki.

Contoh jika kamu memiliki 1,000 undangan dan juga menginginkan untuk memiliki 5 food stalls:

  1. 1,000 undangan x 2 = 2,000 tamu
  2. Apabila kamu yakin akan ada 90% total tamu yang akan datang, maka kalikan 2,000 dengan 90% (80%x2000 = 1,800). Jadi diperkirakan akan ada 1,800 tamu yang akan hadir.
  3. Dengan menggunakan ratio yang ada di point no 3, maka total porsi buffett adalah 60% dari 1,800 tamu yaitu 1,080 porsi.
  4. Dengan ratio yang sama, kamu bisa mengalikan 40% dengan 1,800 yaitu 720 porsi. Tetapi kamu harus ingat bahwa tiap orang biasanya akan berkunjung ke 3 food stall. Jadi kalikan 720 porsi tersebut dengan 3 dan hasilnya adalah 2,160 porsi. Langkah terakhir adalah bagikan total porsi tersebut dengan jumlah stall yang kamu inginkan (2,160 dibagikan dengan 5 = 432). Jadi untuk setiap food stall kamu harus menyediakan 432 porsi.
  • Background Profile Tamu

Nah tapi perhitungan di atas belum pasti benar karena ada hal lain yang bisa mengubah hal tersebut yaitu background profile para tamu tersebut. Hal ini dikarenakan setiap daerah dan adat memiliki kebiasaan yang berbeda. Contohnya, untuk pernikahan Sumatera, porsi harus dilebihkan karena keluarga Sumatera memiliki kebiasaan untuk mengajak banyak saudaranya ke acara pernikahan meskipun undangan yang diterima hanya 1. Mereka pun biasanya memiliki appetite yang lebih besar dibandingkan dengan tamu dari daerah lainnya.

Apabila kamu dan calon suami memiliki latar belakang keluarga dari Sumatera dan budget kamu mencukupi, sebaiknya 1 undangan dikalikan dengan 2.5 atau 3 agar makanannya cukup. Kekurangan makanan adalah nightmare untuk setiap pesta pernikahan karena ini adalah hal yang sensitif dan terkadang itu membuat tamu merasa tidak dihargai. Mereka bisa membicarakan hal ini sampai nanti kamu sudah hamil anak pertama lho hihi!

Nah gimana? Sudah ada pencerahan kah mengenai cara menghitung porsi catering untuk acaramu? Psst.. tahu nggak sih Umara Catering ini adalah perusahaan catering yang bisa disebut sebagai rising star lho!  Kenapa rising star? Karena meski mereka baru terbentuk dari tahun 2013, pamor mereka melesat dengan cepat. Hal ini bisa dilihat dari klien mereka yang memang high profile seperti Alexandra Asmasoebrata, Dimas Beck, mantan wakil presiden RI Bapak Boediono dan banyak lainnya. Hebat ya! Jadi nggak perlu ragu dengan tips dari Umara Catering ini!

Shop