Hal-Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Eco-Friendly Wedding

By NSCHY on under How To, Wedding Day

Rasanya sebagian besar orang sudah mulai sadar bagaimana seharusnya memperhatikan bumi ini, dan mulai mempertimbangkan gaya hidup, mulai dari berhenti menggunakan single use plastic, sampai dengan meminimalisir produksi sampah. Ngomongin soal eco-friendly, pesta pernikahan pun juga bisa dibuat eco-friendly lho. Yuk simak tipsnya dan hal-hal yang perlu kamu tahu seputar eco-friendly wedding!

1. E-invitation

Mungkin buatmu dan pasangan, undangan pernikahan kalian bisa dijadikan kenang-kenangan, tapi untuk tamu? Undangan kalian hanya dilihat sekali, dan berakhir di tempat sampah. Daripada mengeluarkan uang yang lebih untuk mencetak undangan, cobalah beralih ke e-invitation, kamu tetap bisa berkreasi kok.

2. Sewa, bukan membeli

Backdrop, dekorasi meja atau panggung, dan beberapa perintilan lain di pernikahanmu sebenarnya bisa disewa lho. Meski menyewa, kamu tetap bisa menambahkan sentuhan personal ala kamu dan pasangan. Tapi, untuk meminimalisir sampah, sewalah barang-barang yang bisa disewa dan barang-barang yang kamu tau tidak akan digunakan setelah acara selesai.

3. Pilih atau buat suvenir tanpa bungkus

Hampir semua suvenir pernikahan pasti dibungkus, padahal bungkusnya pun juga hanya akan berakhir di tempat sampah. Sebenarnya, kamu ngga perlu membungkus suvenir pernikahanmu lho, apalagi ada banyak juga inspirasi suvenir pernikahan yang eco-friendly, misalnya sumpit reusable yang diukir nama kalian atau tanggal pernikahan, sabun batangan dengan inisial nama kalian, atau bahkan mini kaktus yang dibungkus dengan kain. 

4. Ganti buku tamu dengan guest list app

Daripada kamu membeli buku tamu, lebih baik pakailah aplikasi guest list. Memang, untuk tips yang satu ini mungkin membutuhkan 1-2 tablet untuk digunakan para tamu undangan. Tapi, selain itu, buku tamu bisa diganti dengan foto lho! Jadi, siapkan satu spot di pintu masuk, satu laptop untuk data email, dan fotografer yang bekerja. Selain mendapatkan buku tamu, kamu juga bisa mendapatkan kenang-kenangan foto tamu-tamu di hari pernikahanmu. Foto-foto ini bisa kamu unggah nantinya di cloud dan bisa diunduh juga oleh para tamu undanganmu.

5. Siapkan boks makan karton untuk membungkus sisa makanan

Seusai acara pernikahan biasanya ada banyak sisa makanan. Untuk itu, sediakanlah boks makan dari karton untuk menghindari penggunaan plastik. Selain itu, kalau masih ada makanan yang tersedia, kamu bisa lho memberikan makanan tersebut kepada orang yang membutuhkan.

Nah, itu dia beberapa inspirasi eco-friendly wedding. Yuk ikut perhatian juga dengan bumi kita!

×