Haruskah Aku Datang ke Pernikahan Mantan?

By NSCHY on under How To

Sama halnya dengan dilema “haruskah aku mengundang mantan ke pesta pernikahan?”, dilema datang ke pernikahan mantan juga merupakan dilema yang sama beratnya. Di luar apakah perasaan itu masih ada atau sudah berakhir, bertemu sang mantan di panggung pelaminan bisa menjadi mesin waktu yang mengancam perasaan.

Dress up for closure

Apapun yang pernah terjadi antara kamu dan sang mantan, semuanya berakhir di pelaminan, dia dengan orang lain, kamu dengan orang baru. Untuk perasaan lama yang pernah muncul, semuanya akan ditutup di kursi pelaminan tersebut. Kalau kamu pernah sakit hati, nggak ada salahnya untuk dress up for closure untuk menunjukan kepadanya dan orang-orang yang pernah ikut andil di tengah hubungan kalian bahwa kamu sekarang baik-baik saja,

Bawalah seseorang

Mungkin rasanya agak berat kalau kamu mendapatkan undangan mantan di saat kamu masih sendiri. Namun, itu bukanlah sebuah alasan untuk menolak hadir. Hubungilah salah satu teman lawan jenis terdekatmu, dan mintalah ia untuk menemanimu hadir ke pernikahan sang mantan. Walau bukan sebagai pacar, tapi sebagai orang yang menemani di momen beratmu.

Collect your guts to say congratulation

Ini adalah momen yang berat, saat kamu naik ke bangku pelaminan, menyalaminya atau bahkan bertatap mata dengannya setelah sekian lama lagi. Sebelum momen itu datang, kumpulkanlah semua kemampuanmu untuk memberikan selamat sambil menjabat tangannya. Setelah itu? Pergilah.

Apa pendapatnya kalau kamu nggak datang?

Selain kamu mempertimbangkan untuk datang ke pernikahan mantan, sang mantan juga pasti telah mempertimbangkan kehadiranmu di sana. Siapa tau, dia mengundangmu untuk membuat momen closure juga terhadap perasaannya kepadamu di masa lalu. Kalau kamu nggak datang, dia pasti akan bertanya-tanya, kecuali kamu punya alasan yang kuat untuk menolak hadir.

Mungkin bukan buat dia, at least untuk keluarganya

Kalau kamu pernah dekat dengan keluarganya, datanglah ke pernikahan mantan untuk menghargai orang tuanya yang pernah dekat denganmu dulu. At least, jadikanlah ini momen silaturahmi dengan orang tuanya. Kalau memang masalahmu hanya dengan sang mantan, nggak ada salahnya untuk tetap menjaga hubungan baik dengan orang tuanya, kan?

Mungkin berat dan akan mengubah sesuatu pada perasaanmu yang sudah hilang atau sembuh, tapi datang ke pernikahan mantan bisa menjadi closure untuk perasaanmu juga lho. Gimana, kira-kira kamu bakalan datang ke pernikahan mantan nggak?

×