Honeymoon: Ikut Tour atau Jalan Sendiri?

By Friska R. on under How To

Siapa yang sedang merencanakan honeymoon disini? Jika iya, kebanyakan kalian ikut tour atau memilih untuk jalan sendiri? Pertanyaan ini sering menjadi momok bagi para pasangan yang sedang merencanakan honeymoon! Nah, kali ini yuk kita bikin list plus dan minus honeymoon ikut tour dan jalan sendiri!

Ikut Tour

PRO

+ Everything’s well planned

Jika kamu ikut tour, maka semua sudah pasti diurus oleh si tour agency sehingga kamu pun tidak perlu repot untuk membeli tiket, booking hotel bahkan mengurus visa. Yang kamu lakukan adalah tinggal bayar dan menunggu tanggal keberangkatan.

+ Banyak “fotografer dadakan”

Salah satu masalah yang paling umum ketika honeymoon jalan sendiri adalah mencari orang untuk mengabadikan momen perjalanan kamu dan pasanganmu. Nah, enaknya ikut tour adalah banyak pasangan atau keluarga lain di tour tersebut sehingga urusan bantu membantu foto tidak menjadi masalah!

+ Objek wisata utama tidak akan terlewat

Kalau ikut tour sudah pasti kamu akan mengunjungi semua objek wisata utama dari kota tersebut. Jadi tidak perlu takut akan ada objek wisata yang terlewati.

+ Soal perut pun pasti terjamin

Kebanyakan masalah dari orang Indonesia adalah susahnya mencari makanan yang pas di lidah ketika di luar negeri. Nah kalau misalkan kamu ikut tour, mereka pasti sudah mencarikan makanan yang pas dengan lidah orang Indonesia. Biasanya mereka akan mencarikan restoran Chinese ataupun Asia lainnya. Selain itu, kalau kamu hanya ingin makan makanan yang halal pun kamu bisa mengkomunikasikannya dengan pihak tour kamu.

CONS

– Kegiatan yang padat setiap harinya

Tidak bisa dipungkiri kegiatan selama ikut tour itu pasti sangat padat. Contohnya jika kamu pergi ikut tour ke Eropa Barat, dalam waktu 10 hari kamu bisa mengunjungi 7 negara yang berbeda. Memang akan banyak negara yang bisa kamu kunjungi, tapi pastinya kegiatan sangat padat dan tidak ada waktu untuk bersantai.

– Kurangnya waktu untuk menikmati tempat wisata

Karena kegiatan yang padat, waktu yang bisa kamu spend di satu tempat wisata pun menjadi sangat terbatas.

Jalan Sendiri

PRO

+ Lebih banyak waktu bersantai

Kalau merencanakan sendiri itinerary kamu, kamu bisa lebih menentukan sendiri jadwal perjalananmu. Kamu pun bisa lebih relax dalam menentukan jadwal perjalananmu.

+ Menjajal kuliner lokal

Serunya jalan sendiri adalah kamu punya lebih banyak waktu untuk bisa menjajal kuliner lokal. Ya, seperti kita sudah jelaskan diatas, kalau ikut tour kamu akan lebih banyak makan makanan Asia atau Chinese lainnya dan bukan makanan lokal dari negara tersebut. Nggak lucu kan kalau sudah di Italia tapi bukan makan spaghetti tapi malah kwetiauw?

+ Bisa lebih mengenal pasanganmu dalam situasi yang berbeda

Kalau ini adalah perjalanan berdua dengan pasangan untuk pertama kali, kamu tentu bisa mengeksplor kepribadian dia lebih jauh lagi tanpa diganggu siapapun. Penasaran kan gimana sih pasangan kamu bereaksi ketika dia harus  menghadapi situasi di mana dia tersesat?

CONS

– Harus research lebih banyak

Jalan-jalan sendiri membutuhkan banyak research jadi luangkanlah waktu untuk melakukan research ini.

×