Honeymoon Inspiration: Edinburgh

By The Bride Dept on under Honeymoon Inspiration, How To

the bride dept honeymoon inspiration edinburgh scotland bulan madu

Edinburgh yang merupakan ibu kota Skotlandia merupakan salah satu kota yang paling unik karena terbagi atas Old Town dan New Town. Daerah Old Town memiliki nilai yang penuh sejarah dan bangunan-bangunan tua yang sangat megah, sedangkan kamu dapat merasakan suasana kota yang vibrant di area New Town. Kota ini sangatlah cocok untuk pasangan yang ingin merasakan perpaduan seni dan budaya dengan sentuhan modern. Hari ini, Christie yang sedang berdomisili di Edinburgh akan memberikan rekomendasi tempat-tempat yang harus kamu kunjungi.

Where To Stay

  • Luxurios Stay: The Caledonian

Satu-satunya koleksi hotel dari Waldorf Astoria di United Kingdom, The Caledonian merupakan pilihan yang sangat cocok bagi pasangan yang memiliki alokasi budget lebih. Berlokasi di Princes Street, salah satu area tersibuk di Edinburgh, dengan pemandangan menghadap ke Edinburgh Castle, The Caledonian mencerminkan kehidupan Edinburgh yang artistik dan santai. Bagi para pecinta kuliner, cobalah The Pompadour by the famous Galvin brothers, 2 Michelin stars chef.

  • Alternative option: holiday apartments

Apabila kamu ingin memilih tempat yang tidak terlalu mahal, maka menyewa apartment adalah pilihan terbaik. Untuk apartment modern, cobalah cek Scotia Grand Residence, atau yang ingin merasakan tinggal di New Town, saya menyarankan Georgian Boutique. Alternatively, kalian bisa cek booking.com atau airbnb.com. Pilihlah tempat tinggal di area EH1, EH2, or EH3 area (3 huruf/digit pertama di kode pos) karena semuanya berlokasi di central dan dekat ke manapun.

Where to Eat

  • Aizle

Restoran yang baru dibuka pada tahun 2014 ini sedang menjadi perbincangan di kalangan pecinta makanan di Edinburgh! Apabila kebanyakan restoran menuliskan nama makanan di buku menu, restoran ini hanya menuliskan ingredients-nya saja! Jadi kamu berimajinasi dan mencoba menerka-nerka makanan apa yang akan disajikan. Untuk kamu yang vegetarian atau memiliki alergi makanan tertentu, jangan lupa untuk menginformasikannya kepada staff restoran tersebut ya!

  • Ship on the Shore

Edinburgh terletak dekat dengan Laut Atlantik sehingga kualitas seafood-nya merupakan salah satu yang terbaik di dunia! Ship on the Shore adalah tempat favorit saya karena seafood yang disajikan selalu fresh dan juga pelayanannya yang sangat memuaskan! It’s highly recommended!

  • Mary’s Milk Bar

Tempat ini juga sangat saya rekomendasikan. Bukan hanya rasa ice cream-nya yang lezat tapi lokasi-nya yang sangat strategis! Mary’s Milk Bark berlokasi di daerah Grassmarket yang berada di kaki Edinburgh Castle sehingga kamu bisa menikmati ice cream sambil memandangi kastil yang indah tersebut. Oh ya, Mary’s Milk Bar tutup setiap hari Senin.

  • Local pubs/ taverns

Jika kamu ingin merasakan hidup seperti orang lokal, cobalah untuk hang out di pubs/ taverns. Salah satu pub yang paling terkenal adalah Sheep Heid Inn, pub tertua di Edinburgh yang sudah ada sejak tahun 1360 dan katanya Queen Mary of Scots adalah pelanggan tetapnya lho. Jangan lupa mencoba haggis, makanan tradisional Scotland yang pada umumnya terdapat di pubs. Tips: bagi yang Muslim dapat mencoba vegetarian haggis.

Where to Shop

  • Splurge: Harvey Nichols

Salah satu department store terbaik di United Kingdom, berbelanja di Harvey Nichols adalah suatu keharusan. Kamu bisa menemukan brand-brand terkenal di sini, mulai dari Balenciaga hingga Manolo Blahnik!

  • Steal: Thistle Street

Berlokasi di New Town, Thistle Street memiliki banyak toko dan butik-butik lokal yang harganya lebih terjangkau. Salah satu department store lokal yang terkenal adalah Jane Davidson.

What to Do

  • Calton Hill

Tidak seperti namanya, Calton Hill sebenarnya bukanlah bukit yang susah untuk dinaiki. Di sini banyak terdapat bangunan-bangunan yang terinspirasi dari Yunani. Salah satunya adalah National Monument. Pada awalnya bangunan ini dibangun sebagai war memorial tetapi tidak pernah selesai dibangun. Namun hal itulah yang memberikan sentuhan artistik di Calton Hill. Saya menyarankan untuk datang ketika matahari terbenam karena kalian dapat menyaksikan siluet kota Edinburgh yang breathtaking!

  • Edinburgh Castle & Royal Mile

Ini adalah jantung dari Old Town yang penuh dengan sejarah. Edinburgh Castle merupakan benteng yang menjulang di atas Castle Rock. Sedangkan Royal Mile adalah jalan yang terbentang dari Edinburgh Castle hingga Holyrood Palace, tempat peristirahatan Ratu Inggris. Kamu dapat mengunjungi museum, gereja tua, dan toko-toko antik di Royal Mile.

  • Museum-hopping

Ukuran Edinburgh yang lumayan kecil membuat kota ini sangat mudah untuk ditelusuri hanya dengan berjalan kaki (atau sepeda!). Museum-museum pun tempatnya saling berdekatan, mulailah dengan National Museum of Scotland, kemudian dilanjutkan dengan National Gallery of Scotland, dan diakhiri dengan Scottish National Gallery of Modern Art.

  • St. Andrews

Psstt… Tahukah kamu bahwa ini merupakan tempat di mana Kate Middleton bertemu dengan Prince William untuk pertama kalinya? Lokasi ini bisa dicapai sekitar 1 jam dari Edinburgh. Naiklah kereta dari Edinburgh Waverley ke Leuchars dan perjalanan pun dapat dilanjutkan dengan bus.

  • Scottish Highlands

Monster Loch Ness? Isle of Skye? Semuanya terletak di utara Scotland. Untuk pasangan yang tidak ingin ribet, kalian dapat mengambil paket tour Highland dari Edinburgh. Saya pribadi merekomendasikan Rabbie’s Tour.

When to go

  • Summer (Juni-September)

Musim panas di Edinburgh adalah salah satu musim tersibuk karena banyaknya festival yang diadakan, dimulai dari Edinburgh Fringe Festival, Edinburgh Military Tattoo, dan ratusan festival lainnya! Jika kalian memutuskan untuk pergi pada musim panas, advanced booking is highly recommended karena biasanya tiket dan hotel sudah sold out dari beberapa bulan sebelumnya! Jika kamu mau mengunjungi Edinburgh ketika summer, sebaiknya selalu membawa payung karena curah hujan yang cukup tinggi.

  • Autumn (September-Desember)

Musim gugur adalah favorit saya karena siangnya lebih lama dan cuacanya belum begitu dingin. Christmas season biasanya dimulai pada akhir bulan November dan kamu wajib mengunjungi Edinburgh Christmas Market yang berlokasi di Princes Street Garden. Di sini kamu dapat menemukan berbagai jenis makanan dan twinkling lights. One of the happiest moments in Edinburgh! Jangan lupa untuk mencicipi hot chocolate atau hot apple cider di sini ya!

Photo courtesy of photosofedinburgh.co.uk

Photo courtesy of photosofedinburgh.co.uk

  • Winter (Desember-Maret)

Walaupun winter adalah saat paling dingin tapi ini merupakan saat di mana pemandangan sangat indah karena tertutup salju. Hogmanay, bahasa Galeic untuk hari terakhir dalam tahun, adalah perayaan terbesar di Edinburgh. Perayaan ini biasanya berlangsung beberapa hari, dimulai dengan torchlight procession pada tanggal 30 Desember.

  • Spring (Maret – Juni)

Musim semi memanglah musim yang cukup menyenangkan karena bunga-bunga mulai bermekaran tetapi tidak jarang hari-hari diisi dengan hujan deras dan kabut tebal. Oleh karena itu, saya menyarankan kamu untuk berkunjung pada akhir April atau pertengahan Mei karena itu adalah saat-saat di mana cuaca paling cerah.

×