Inspirasi Bulan Madu ke Korea Selatan

By Rebebekka on under Honeymoon Inspiration, How To

Kalau ditanya apa yang paling kamu suka tentang Korea Selatan, jawaban saya adalah “semuanya”. Ya , semuanya. Saya suka orangnya, bahasanya, makanannya, budayanya, musim – musimnya, bersihnya, teraturnya, buah – buahannya, dramanya, artisnya, pokoknya semua tentang Korea. Tiga tahun “berbulan madu” di sana ternyata belum cukup, saya terus terkenang dengan indahnya Korea. Hari ini saya mau sharing sedikit untuk kalian yang berencana bulan madu ke Korea Selatan.

Where to stay

Luxurious stay

  • Pension Dolce Vita

Untuk para pencinta K-pop, villa yang terletak di daerah Peocheon ini dikelola oleh G- dragon, big bang leader. Konon katanya jika beruntung kita bisa dijemput sama Kwon Appa­­­­­­­, papanya G-dragon. Villa nya unik, memadukan konsep modern dan natural, tempatnya juga sepi, cocok untuk honeymoon.

  • Banyan Tree

Lokasi nya di daerah Namsan , pusat wisata dan pemberlanjaan. Terkenal dengan spa dan sauna nya yang mewah. Kita juga bisa merasakan indoor jacuzzi dengan pemandangan Seoul City dan Namsan Tower.

Budget Hotel

Namsan Guest House

Lokasi nya sangat strategis, dekat dengan Myeongdong dan Namsan Tower. Serunya, kita juga bisa berkenalan dengan para backpacker dari seluruh dunia karena mereka biasanya menginap disini.

 

What to do

  • Foto post wedding menggunakan hanbok

Hanbok adalah baju adat tradisional korea. Culture centre di daerah Myeongdong menyediakan pelayanan foto gratis menggunakan hanbok. Selain Myeongdong, foto dengan hanbok bisa dilakukan di Chungmuro Folk Village. Di sana kita bisa foto menggunakan hanbok dengan latar rumah adat Korea masa lampau dan ikut serta dalam upacara minum teh.

  • Everland

Sisihkan waktu satu hari khusus untuk mencoba semua wahana di Everland. Untuk uji nyali, coba naik T-express, rollercoaster kayu tertinggi, tercepat dan terpanjang di Asia. Suara kayu dan ketinggiannya bikin ngilu.

  • Pasang gembok di Namsan Tower

Untuk yang pernah nonton drama korea “Boys Before Flower” pasti masih ingat kan adegan saat Geum Jan Di dan Gu Jun Pyo terjebak di cable car Namsan Tower. Nah, untuk yang mau naik ke Namsan Tower namun malas mendaki atau pusing naik bus karena muter – muter di ketinggian, bisa mencoba naik cable car ini. Jangan lupa untuk memasang “gembok cinta” yang sudah dituliskan nama kalian. Gemboknya bisa bawa sendiri atau beli di sana, kalau saya sih bawa sendiri gembok pagar yang super besar itu loh, supaya gampang keliatan kalau nanti datang ke sana lagi, hehehe.

  • DMZ Korea (Perbatasan Korea Utara dan Selatan)

Mendengar nama Korea Utara memang menegangkan, tapi dijamin aman kok. Dari perbatasan nya kita bisa melihat langsung daratan Korea Utara dan prajurit yang sedang berjaga – jaga menggunakan teropong. Disana kita juga bisa sekalian mampir ke Paju Outlet dimana kamu bisa berbelanja tas – tas branded dengan harga yang lebih murah dibanding tempat lainnya.

  • Jjimjilbang

Jjimjilbang atau pemandian umum dan sauna banyak bertebaran di Seoul. Biaya masuknya murah sekitar krw 10.000- 15.000 (Rp 100.000 – Rp 150.000) dan sudah bisa menginap. Tidur bersama – sama dengan banyak orang dengan alas tidur yang tipis ala Korean pasti jadi pengalaman baru yang seru. Jangan kaget ya nanti saat mandi atau sauna di dalamnya semua tidak pakai baju, karena memang diharuskan untuk melepas semuanya. Pergi ke jjimjilbang cocok untuk melepas lelah setelah capek berjalan – jalan.

What to eat

  • Street Food

Kamu harus coba semua jajanan, dijamin enak semua! Tteoppoki, odeng, omug dan twigim adalah yang paling populer. Saat winter jangan lupa mencoba bungeoppang, kue ikan yang berisi kacang merah serta kyeranppang (kue dengan isian telor setengah matang di dalamnya).

  • Korean Barbeque

Walaupun di Indonesia sudah banyak restaurant barbeque ala Korea, namun belum lengkap jika belum merasakan langsung di Koreanya. Rasanya tentu berbeda dengan yang di indonesia. Campuran daun selada, daun kenip, saus gochujang, bawang putih dan daging bakar bisa bikin susah berenti makan. Untuk teman – teman muslim bilang saja sama pelayan nya “dwaejigogi anmogoyo” sehingga mereka tidak akan menyediakan menu daging babi.

  • Tosokchon Samgyetang

Ayam ginseng khas korea yang lembut dan enak. Biasanya di depan restaurant yang letaknya dekat dengan Gyeongbukgung Palace ini selalu terlihat antrian panjang. Pesan saja satu mangkuk untuk berdua karena porsinya cukup besar, jangan lupa ditambah pajeon atau martabak sayurnya korea.

  • Myeongdong kalguksu

Sama seperti Tosokchon Samgyetang, hampir setiap hari di depan restaurant ini pun selalu ada antrian panjang. Mie kuah ala Korea yang disajikan dengan daging sapi cincang dan dumpling rebus ini sangat cocok jika kamu kedinginan saat winter.

  • Nolbu Yuhwang Ori atau Bebek sulfur

Terletak di daerah Seocho exit 2. Bebek satu ekor yang dimasak dengan rempah – rempah dan kandungan sulfur. Rasanya luar biasa enak, selain itu mereka juga menyediakan banchan atau side dish yang berlimpah.

  • Raw fish di Noryangjin Fish Market

Pecinta seafood wajib dating ke pasar ikan ini. Jangan membayangkan pasar yang becek, kotor dan bau karena Noryangjin Market ini bersih, rapih dan sangat teratur. Disini kita bisa puas memilih ikan dan jenis seafood lainnya untuk diolah atau dimakan mentah.

 

Where to Shop

 

  • Namdaemun Market, Myeoongdong dan Dongdaemun Market

Di sejajaran pemberhentian subway line 4 setelah Seoul Station, kamu akan menemukan surganya belanja. Ketiga tempat tersebut bisa kamu jelajahi dengan berjalan kaki atau naik kereta. Namdaemun Market adalah tempat yang cocok untuk membeli souvenir khas korea untuk oleh – oleh seperti gantungan kunci, kaos korea, pernak – pernik K-pop atau sendok panjang khas korea. Kalau kamu ingin membuat kacamata seperti orang Korea juga bisa di Namdaemun, harganya murah dan kualitas nya bagus. Namun harus hati – hati ya berbelanja disini, karena terkenal banyak copetnya.

Puas – puasin belanja kosmetik korea di Myeongdong. Faceshop, Nature Republic, Etude, Holika – Holika, Laneige dan merek lainnya bisa kamu temukan di sini dengan harga yang jauh lebih murah tentunya. Jangan lupa borong masker wajah dan kutek untuk oleh – oleh. Jika kamu membeli banyak biasanya mereka akan memberikan tester sebagai hadiah. Di Myeongdong kamu juga bisa berburu diskon untuk brand seperti Uniqlo, H&M, Forever21, SPAO, Aldo yang hampir setiap saat sale.

Nah, kalau Dongdaemun cocok untuk kamu yang memang gila belanja, di sini kamu bisa belanja sampai subuh. Segala macam ada disini, mulai dari tas branded, pakaian, bahan kain atau lace yang cantik – cantik, kosmetik, sepatu, ginseng dan peralatan rumah tangga. Siap – siapin koyo saja untuk kaki, karena kamu pasti capek setelah mengelilingi Dongdaemun Market yang sangat luas.

When to go

 

  • Winter (Akhir November – Awal Maret)

Untuk yang mau merasakan dingin menggigit nya winter dan main salju, datang saat musim dingin. Rasakan serunya main ski atau snowboard, Jisan Ski Resort yang tidak begitu jauh dari Seoul cocok untuk para pemula. Di awal maret ketika musim dingin sudah mau berakhir, jangan lupa berburu diskon baju musim dingin yang lucu – lucu.

  • Autumn (Oktober – November)

Saat nya melihat daun – daun jadi begitu cantik karena berubah warna menjadi merah, kuning dan orange sebelum berguguran. Kamu bisa ke Nami Island yang terkenal sebagai lokasi syuting Winter Sonata. Sebelum berangkat, cek festival – festival yang akan berlangsung karena biasanya di musim gugur akan ada banyak sekali festival. Satu yang wajib dikunjungi adalah festival kembang api yang diadakan di Hangang River. Ribuan orang akan berkumpul disana untuk menikmati perlombaan kembang api dari berbagai negara. Saran saya, datang saja dari pagi untuk “mengamankan” tempat,karena jika datang di sore atau malam akan sulit mendapatkan spot yang bagus. Jangan lupa membawa alas tikar dan snack, paling enak sih bawa kimbab dan ayam goreng Kyochon.

  • Summer (Mei – September)

Musim panas di korea sebenarnya cukup menyiksa, karena kita seperti sedang berada dalam kukusan. Hot and humid, hindari datang di bulan agustus saat sedang puncak panas – panasnya. Tempat yang wajib di datangi saat musim panas adalah carribean bay, waterpark terbesar di Korea yang letaknya bersebelahan dengan Everland. Kamu juga bisa mengunjungi Kota Beoryeong dimana ada festival lumpur . Syaratnya, tidak boleh marah ya jika ada orang asing yang melemparimu lumpur.

  • Spring

My favourite season! Suhunya adem dan sekeliling kota indah sekali. Penuh dengan bunga sakura yang berwarna putih. Tempat yang wajib dikunjungi untuk memandangi bunga sakura adalah Jinhae gu, letaknya dua jam dari Seoul. Puas – puasin foto – foto dengan latar belakang bunga sakura yang dijamin akan cantik hasil fotonya walau tanpa edit dan tanpa filter.

 

×