Bertahan Saat Menjalani Hubungan Jarak Jauh

By Friska R. on under How To, Relationship

Pada beberapa article The Wedding atau The Engagement, sering terdapat cerita pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh alias long distance relationship (LDR) selama masa pacaran. Aku sendiri pun juga menjalani pacaran jarak jauh selama kurang lebih 2 tahun ketika aku menempuh pendidikan di Sydney, sementara pacarku bekerja di Jakarta. Perlu diakui bahwa pacaran jarak jauh itu tidaklah mudah, khususnya pada masa-masa awal LDR tersebut. Aku dan pacar sempat terlibat beberapa pertengkaran dan juga sempat putus untuk beberapa saat. Namun, setelah sama-sama mengintrospeksi diri, kami pun menyadari bahwa sebenarnya banyak hal-hal kecil yang sebenarnya bisa dihindari apabila saling mengerti. Nah, oleh karena itu, hari ini aku akan berbagi tips dalam menjalani long distance relationship.

  • Be Committed

Hal inilah yang paling penting dalam sebuah hubungan jarak jauh karena yang paling utama adalah komitmen dari masing-masing pihak untuk menjalani hubungan ini. Aku sarankan kamu untuk berdiskusi dengan pacar kamu sebelumnya, karena ini menentukan nasib ke depannya. Jika kalian berdua sama-sama memutuskan untuk menjalani LDR ini, be committed to it dan cobalah untuk percaya dengan pasangan kamu. Terkadang curiga berlebihan bisa menghancurkan komitmen yang sudah dibangun di awal lho!

  • Communicate Daily

Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam sebuah hubungan jarak jauh. Usahakan untuk saling mengabari satu sama lain setiap harinya. Pada masa sekarang, aku rasa komunikasi tidak menjadi masalah karena adanya WhatsApp, LINE, ataupun Skype. Tetapi kamu harus ingat, komunikasi yang terlalu sering pun kadang sering bikin cape dan sering memicu pertengkaran. Ketika aku menjalani LDR, aku dan pacarku biasanya mengobrol via Skype 2 kali seminggu tetapi tetap WhatsApp-an setiap hari.

  • Visit Each Other

Menurut aku, saling mengunjungi satu sama lain adalah highlight dari sebuah hubungan jarak jauh. Pasti rasanya senang banget ketika akhirnya bisa bertemu lagi dengan pacar kan? Nah aku selalu berusaha untuk pulang ke Indonesia ketika liburan semester atau ketika aku tidak bisa pulang, maka pacarku yang akan berusaha untuk mengunjungi aku di sini.

  • Enjoy Your Time

Yes! Enjoy your time! Mungkin dengan menjalani hubungan jarak jauh, kamu tidak bisa menghabiskan waktu dengan pacarmu. Tetapi inilah saatnya untuk kamu memperluas pergaulan atau mencoba sesuatu yang baru. Pada saat aku menjalani long distance, aku mencoba sesuatu yang baru seperti wall climbing atau kursus merangkai bunga. Menurut aku, kegiatan-kegiatan tersebut sangat bagus untuk melupakan sejenak hubungan jarak jauh yang sedang kamu jalani.

Hal yang paling penting dalam LDR itu adalah komitmen, komunikasi, dan percaya. Jadi berusahalah untuk selalu berpikiran positive! Kira-kira menurut kamu hal-hal apa lagi yang harus diperhatikan selama berhubungan jarak jauh? Good luck, brides!

×