Jenis Olahraga yang Bisa Membuatmu Cepat Kurus

Nggak ada calon pengantin yang ingin tampil seadanya di hari bahagia mereka. Semua calon pengantin, brides and grooms, pengen tampak sempurna seperti putri dan pangeran di buku-buku dongeng. Nggak heran kalau banyak brides-to-be yang rela menurunkan berat badan demi tampil sempurna.

Untuk brides-to-be yang ingin menurunkan kalori dengan cepat, berikut ini adalah pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan:

1. Berenang

Olahraga yang satu ini memang fun banget. Kamu seperti lagi main air, nggak keringatan, tapi membakar cukup banyak kalori di tubuhmu.

Berapa kalori yang terbakar?

±720 kalori/ jam pada wanita; ±840 kalori/ jam pada pria.

Bagaimana melakukannya?

Untuk membakar kalori, kamu bisa memilih berbagai gaya renang, seperti gaya bebas, gaya katak/ gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

Sebelum berenang, pastikan kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk merenggangkan otot-otot di tubuhmu. Jangan lupa pula untuk minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.

Seberapa sering frekuensinya?

Kalau kamu adalah perenang pemula, kamu bisa berenang seminggu dua kali. Tapi, kalau kamu sudah terbiasa berenang, kamu bisa menambah frekuensi olahraga. Lakukan olahraga ini secara rutin, paling tidak selama sebulan.

2. Zumba

Satu lagi pilihan olahraga yang menyenangkan buat kamu: zumba! Saat berzumba ria, kamu nggak akan merasa seperti sedang berolahraga. Kamu bakalan senang banget melakukan tarian ini tanpa menyadari bahwa sebenarnya kamu sedang membakar lemak-lemak di tubuhmu.

Berapa kalori yang terbakar?

400-700 kalori/ jam pada wanita

Bagaimana melakukannya?

Saat zumba, pastikan kalau kamu melakukan setiap gerakan dengan lepas. Selain itu, kamu juga perlu menggoyangkan bokong bersamaan dengan pinggul serta melakukan gerakan squat, lunge dan meluruskan badan sesering mungkin.

Jika kamu tertarik melakukan tarian ini, pastikan kalau kamu mengonsumsi banyak sayuran berserat, buah, kacang-kacangan, protein, dan yogurt untuk menjaga staminamu. Kamu juga bisa mencoba tarian latin lainnya, seperti salsa, rumba, hip-hop dan sebagainya.

Seberapa sering frekuensinya?

Kamu bisa melakukan zumba sebanyak 4-5 kali dalam seminggu. Tapi jika tubuhmu kelelahan, sebaiknya jangan dipaksa ya, brides-to-be. Manfaat zumba sendiri bisa kamu rasakan hanya dalam waktu 20 hari, tergantung dari frekuensi latihan kamu.

3. Aerobik

Selain zumba, kamu juga bisa mencoba aerobik. Sama halnya dengan zumba yang menyenangkan, latihan aerobik bikin kamu nggak ngerasa kalau lagi olahraga. It’s so much fun!

Olahraga yang satu ini pas banget untuk kamu yang ingin mengencangkan bokong dan perutmu. Yang nggak kalah penting, aerobik juga bisa menurunkan berat badanmu dengan cepat karena, saat latihan, kamu harus menggerakan seluruh anggota tubuhmu, mulai dari kaki hingga pinggul.

Berapa kalori yang terbakar?

± 680 kalori/ jam pada wanita

Bagaimana melakukannya?

Sebaiknya sih, kamu ber-aerobik-ria di pagi hari saat perutmu kosong setelah sebelumnya diawali dengan pemanasan dan meminum air putih sebanyak 1-2 gelas. Selanjutnya kamu bisa melakukan aerobik low impact, moderate impact, dan high impact dalam waktu 30 menit hingga 1 jam. Setelah selesai, jangan lupa lakukan pendinginan ya.

Seberapa sering frekuensinya?

Kalau kamu baru latihan aerobik, pilihlah latihan dengan intensitas yang rendah. Nah, kalau kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa meningkatkan frekuensi latihan antara 3-4 kali seminggu, masing-masing selama 45 menit. Dalam sebulan, biasanya kamu sudah bisa melihat hasilnya.

4. Bersepeda

Kamu bisa melakukan olahraga ini bersama pasangan kamu sambil menikmati indahnya alam. Selain menurunkan berat badan, kamu juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hubungan kamu dengan pasangan.

Berapa kalori yang terbakar?

± 850 kalori/ jam pada wanita; ±950 kalori/ jam pada pria.

Bagaimana melakukannya?

Kamu bisa bersepeda sejauh 20 km untuk menjaga stamina tubuhmu. Tapi, sebaiknya sih kamu bersepeda sejauh 40 km dalam sekali latihan.

Sebelum bersepeda, pastinya kamu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Kamu juga perlu mengenakan helm dan alat pengaman lainnya agar tubuhmu tetap terlindung jika terjadi cedera. Pastikan pula sadel sepedamu lebih tinggi daripada setir untuk mencegah ketegangan pada otot.

Jangan lupa, brides, untuk meminum banyak air putih atau minuman isotonik untuk mengganti cairan tubuhmu. Konsumsi pula makanan berkarbohidrat agar kamu tetap kuat bersepeda.

Seberapa sering frekuensinya?

Kamu bisa bersepeda sebanyak 3 kali dalam seminggu. Manfaat bersepeda bisa kamu rasakan setelah latihan rutin selama sebulan.

5. Lari

Inilah olahraga super praktis yang kamu bisa lakukan bareng pasangan. Berbeda dengan bersepeda, kamu ggak perlu pakai peralatan macam-macam untuk melakukan olahraga ini.

Berapa kalori yang terbakar?

± 748 kalori/ jam pada wanita

Bagaimana melakukannya?

Kamu bisa lari di pagi atau sore hari. Yang pasti, jangan terlalu memaksakan dirimu untuk lari kalau kamu sudah kecapekan. Lakukan pula pemanasan sebelum berlari serta pendinginan setelah latihan usai.

Selain rutin berolahraga, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan sehari-harimu, brides. Konsumsilah makanan kaya serat serta protein untuk membantu pembentukan otot-ototmu.

Seberapa sering frekuensinya?

Setelah sebulan berlari rutin, kamu akan merasakan penurunan berat badan. It’s totally worth the effort!

Punya badan ramping di hari pernikahan memang impian semua wanita. Tapi, kesehatan kamu lebih penting lho dibandingkan tampil kurus. Jadi, jangan terlalu memaksakan diri untuk berolahraga kalau badanmu sudah lelah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *