Kapan Waktu Paling Tepat untuk Melangsungkan Acara Lamaran? Ini Jawabannya!

By Penna on under How To

Rustic Intimate Engagement at Rumah Ranadi by Herlina and Imandio

Sebelum menuju ke hari H pernikahan, kalian pasti sudah duluan deg-degan dengan acara lamaran. Betul ga brides? Acara lamaran atau tunangan yang krusial ini merupakan seremoni resmi pertemuan antara keluarga kedua belah pihak sambil membicarakan hal- hal tentang pernikahan nantinya. 

Baik dalam budaya Jawa, Sunda, Tionghoa dan rata- rata adat lainnya, acara ini biasanya akan melibatkan beberapa proses berupa penyampaian maksud, seserahan, sampai perbincangan formal lainnya. Biasanya juga, acara lamaran akan penuh dengan nilai kekeluargaan plus acara makan- makan yang penuh kesan. 

Nah, untuk persiapan acara lamaran ini tentunya membutuhkan waktu. Baik acara lamaran atau tunangan dalam skala yang besar atau kecil, ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan, antara lain :

1. Adat istiadat yang akan digunakan

2. Anggota keluarga yang turut menyambangi

3. Seserahan/ hantaran yang akan diberikan ( jumlah dan jenis)

4. Cincin pertunangan

5. Dekorasi 

6. Venue ( jika bukan di rumah calon mempelai wanita)

7. Catering

8. Konten acara, dan lain-lain. 

Oleh karena itu, pasangan harus jeli dalam persiapan acara lamaran itu sendiri. Terutama karena acara lamaran ini biasanya dipilih bertepatan dengan hari baik, maka sejak jauh hari kalian disarankan untuk menyusun tanggal acara lamaran yang tidak terlalu pas-pasan, baik dari segi persiapan acara lamaran atau nantinya acara pernikahan. 

Rata- rata pasangan lebih sering menjalani masa tunangan ini antara 3-6 bulan, tetapi ada juga yang melewati waktu antara 9-12 bahkan 18 bulan. Ini kembali lagi ke niat dan persiapan masing- masing pasangan sepanjang komitmen kalian memang sudah bulat untuk menuju jenjang pernikahan. 

Dari pengalaman pasangan, ada baiknya jika acara lamaran dilaksanakan maksimal 6 bulan sebelum acara pernikahan. Timing ini cukup ideal karena tidak terlalu lama dari acara pernikahan, dan tidak terlalu cepat untuk persiapan pernikahan yang pastinya lebih ribet lagi. 

×