Kelebihan dan Kekurangan Mengadakan Lamaran Di Rumah

By Penna on under How To

Dalam tradisi pernikahan, acara lamaran atau pertunangan memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi tiap pasangan. Acara lamaran atau tunangan ini biasanya melibatkan keluarga besar dari kedua belah pihak pasangan, dimana seluruh diskusi tentang hari pernikahan dan persiapan sekaligus silaturahmi dilakukan antar keluarga.

Acara lamaran pernikahan biasanya dilakukan dengan menyambangi rumah mempelai wanita, tetapi banyak juga yang memilih untuk melangsungkan acara lamaran di restoran, hotel ataupun venue lainnya karena berbagai pertimbangan.

Lalu brides, apa saja kelebihan dan kekurangan melakukan lamaran di rumah? Yuk cari tahu bersama supaya momen lamaran kamu semakin mengesankan!

Kelebihan Acara Lamaran Di Rumah

1. Lebih Hemat Di Kantong

Pastinya, acara lamaran di rumah tidak membutuhkan banyak biaya menyewa venue tertentu. Walaupun jika kalian membutuhkan dekorasi, biasanya biaya dekorasi acara lamaran di rumah tidak akan semahal menyewa venue khusus untuk acara lamaran. Jadi, jika pertimbangan budget menjadi agenda kamu, lakukan saja acara lamaran di rumah tanpa beban biaya tinggi.

2. Suasana Kekeluargaan

Bagaimanapun juga, acara lamaran di rumah akan kental dan hangat dengan nuansa kekeluargaan dan kebersamaan. Akses keluar masuk rumah kediaman memang berbeda dengan ruangan lamaran yang asing walau lebih ekslusif. Selain itu, tidak perlu ada rasa khawatir dalam menggunakan ruangan yang ada, dalam waktu sebebas-bebasnya.

3. Menghormati Tradisi

Bagi tetua atau keluarga mempelai, acara lamaran di rumah berarti memberi respect sesuai tradisi yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun lamanya. Acara lamaran sendiri merupakan momen yang sakral dan sangat intim, jadi tidak heran jika orang tua banyak yang khusus menjamu dengan masakan rumah yang dipersiapkan dengan sepenuh hati.

Kekurangan Acara Lamaran di Rumah

1. Lebih Repot

Tidak dapat dipungkiri, acara lamaran di rumah pasti akan membutuhkan banyak persiapan dari berbagai aspek. Dimulai dari membersihkan dan menata rumah sehingga tampil layak untuk acara penting ini, hingga memasak berbagai sajian makanan untuk menjamu tamu-tamu dan keluarga besar yang hadir. Jika kalian tidak memiliki cukup orang untuk membantu persiapan acara, maka ide acara lamaran di luar memang lebih fleksibel dan praktis.

2. Venue Kurang Memadai

Bukan hanya saja masalah kebersihan dan kelayakan rumah yang harus menjadi pertimbangan untuk acara lamaran di rumah, tetapi juga masalah luas, area parkir yang tersedia hingga akses keluar masuk yang dikhawatirkan mengganggu rutinitas tetangga. Jika memang kondisi rumah tidak begitu memuaskan, tidak ada salahnya jika kalian memilih untuk melakukan acara lamaran di cafe, restoran ataupun di ruang khusus di hotel-hotel pilihan.

3. Sulit untuk Pasangan Beda Kota

Untuk pasangan LDR, masalah jarak terkadang menuntut acara lamaran yang diselenggarakan di sebuah tempat umum yang mudah untuk dijangkau kedua belah pihak. Jadi, otomatis acara lamaran di rumah harus dilupakan dan nikmati saja ruangan yang nyaman dan elegan ala cafe atau restoran.

×