Ketahui 6 Hal Ini Sebelum Melamar Pasanganmu

Melamar orang yang dicintai adalah hal yang paling membahagiakan untuk menapaki status yang lebih serius lagi. Karena melamar pasangan merupakan hal yang sangat spesial dan diharapkan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, sebelum melakukannya akan lebih baik jika kamu menimbang segala hal dan mempersiapkannya dengan baik.

Untuk itu, yuk simak 6 hal yang harus diketahui sebelum melamar orang yang kamu cinta.

1. Ketahui tujuan hidup pasanganmu

Untuk kamu yang sudah berhubungan dalam waktu yang lama dengan pasangan, sedikit banyaknya pasti kalian sudah membahas dan juga terbuka dengan tujuan hidup masing-masing. Namun, sebelum kamu benar-benar melakukan pelamaran, akan lebih baik jika kamu memastikan kembali hal yang diinginkan pasanganmu di masa depan nanti. Salah satunya adalah soal keturunan dan juga karir. Jika setelah menikah kamu langsung ingin memiliki keturunan, apakah pasanganmu menginginkan hal yang sama? Jika kamu menginginkan pasangan yang hanya bekerja di rumah dan tidak pulang malam, apa pasanganmu rela melepas karirnya? Sebelum kamu melanjutkan ke hubungan yang lebih serius, akan lebih baik jika semuanya dikomunikasikan sejak awal.

2. Apakah pasanganmu sudah siap menikah?

Lamanya hubunganmu dengan pasangan tidak bisa menjamin kesiapan untuk melanjutkan hubungan yang lebih serius. Bukan berarti karena tak serius menjalani hubungan, namun bisa jadi pasanganmu sedang memusatkan perhatian di karir pribadinya, entah sedang melanjutkan studi S2 atau bahkan fokus mengembangkan diri untuk mendapatkan promosi. Saat kamu ingin melamarnya, pastikan bahwa membina rumah tangga juga sudah menjadi target utamanya.

3. Apa kamu sudah siap menikah?

Selain memastikan pasanganmu sudah siap menikah, akan lebih baik lagi jika kamu bertanya pada diri sendiri apakah kamu sudah siap menikah. Sebagai laki-laki, apakah kamu sudah memiliki tabungan yang cukup untuk kehidupan kamu dan pasangan nanti? Apakah pekerjaanmu sudah settle? Apakah kamu sudah siap untuk membina rumah tangga dan menjadi pemimpin?

4. Apakah kalian sudah bisa menyelesaikan masalah dengan baik?

Menikah tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah rumah tangga. Sebelum kamu melamar pasangan, apakah kamu merasa kalian berdua sudah cukup matang dan mampu menyelesaikan masalah? Karena bukan hal yang tidak mungkin setelah menikah kamu akan mendapatkan permasalahan yang sedikit lebih berat.

5. Apa impian lamaran yang diharapkan pasanganmu?

Jika semuanya sudah bukan lagi masalah, sekarang beralih ke teknis masalah lamaran. Apa kamu sudah mengetahui impian lamaran yang diinginkan pasanganmu? Mulai dari di mana, bagaimana, atau bahkan apakah pasanganmu ingin dilamar dengan intim hanya berdua denganmu ataukah ia lebih senang dilamar di depan teman-teman dan keluarganya? Tak ada salahnya untuk menanyakan referensi dan juga masukan dari teman-temannya untuk mendapatkan ide yang sempurna.

6. Bagaimana tipe pasangan dan keluarganya?

Sebelum melompat kepada lamaran, ada baiknya jika kamu memastikan kembali latar belakang pasanganmu dan keduanya. Apakah pasanganmu orang yang modern yang akan menerima lamaran tanpa berkonsultasi dulu kepada orang tuanya, ataukah lebih baik kamu meminta izin dulu kepada orang tuanya sebelum melamarnya. Untuk yang lebih baik, usahakan kamu meminta izin dulu kepada orang tuanya untuk meminta dukungan dan juga doa. Selebihnya adalah keputusan pasanganmu.

 

Pasalnya, lamaran dan pernikahan diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Jadi, persiapkan dengan matang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *