Ketika Kamu Menikah Dengan Mantan Pacar Sang Sahabat

By Rebebekka on under How To, Relationship

Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana situasi jika kamu menikah dengan sahabatmu sendiri. Pria yang kamu anggap teman ternyata malah berjodoh menjadi teman hidup kamu selamanya. Berdasarkan pengalaman beberapa orang, situasi seperti sungguh menyenangkan.

Kondisi yang berbeda jika kamu menikah dengan mantan-nya sahabat kamu atau sebaliknya. Wah, terbayang dong dramanya seperti apa. Namun hal seperti ini banyak terjadi loh. Sebut saja ada Anita, Melani dan Andi. Anita dan Melani sudah lama bersahabat, jauh sebelum Anita berpacaran dengan Andi. Selama Anita dan Andi menjalani hubungan pacaran, Melani seringkali menemani mereka nge-date, entah itu nonton di bioskop atau sekedar makan siang bersama. Nah, di suatu waktu, Anita dan Andi sering bertengkar karena suatu hal dan memutuskan untuk berpisah. Melani yang sering bersama dengan mereka, tak pelak menjadi teman curhat Andi. Berawal dari curhat – curhatan, hubungan Andi dan Melani malah semakin dekat dan mereka malah merasa cocok satu sama lain. Akhirnya Andi pun menjalani hubungan dengan Melani. Jodoh memang rahasia Tuhan, tidak disangka Andi dan Melani berjodoh dan memutuskan untuk menikah.

Apakah diantara kamu ada yang pernah mengalami situasi seperti ini? Pernikahan merupakan ibadah yang dilandasi dengan niat baik dari dua orang. Niat baik ini sebaiknya disempurnakan juga dengan “restu” dari pihak – pihak terkait. The Bride Dept memberikan tips untuk kamu yang mungkin sedang berada dalam posisi Anita atau Melani.

Jika Kamu Menikah Dengan Mantan-nya Sahabat :

1. Pastikan Semua Masalah Mereka Sudah Beres

Pertama – tama kamu harus memastikan dengan jelas, apakah mereka sudah menyelesaikan semua permasalahan mereka setelah putus hubungan. Karena ada sebagian orang yang ketika putus berpacaran, namun masih menyimpan dendam dan sakit hati dari hubungan sebelumnya.

2. Kamu Tidak Menjadi Orang Ke-3 Dalam Retaknya Hubungan Mereka

Hendaklah kebahagiaan kamu tidak berdiri di atas kesedihan dan penderitaan orang lain terlebih itu adalah sahabat kita sendiri. Dalam kasus Anita dan Melani, Melani tidak menjadi orang ketiga dalam hubungan mereka karena rasa itu baru muncul saat hubungan Andi dan Anita sudah selesai.

3. Tetap Menjaga Hubungan Baik Dengan Sahabat

Walaupun mungkin di awal akan terasa awkward, namun jangan pernah memutuskan tali persahabatan dengannya. Kamu justru harus menjadi penengah untuk semua orang agar hubungan kalian tetap baik – baik saja satu sama lain.

4. Tidak Cemburu Dengan Sahabat

Mungkin pasangan kamu lebih lama berpacaran dengan sahabat kamu sebelumnya sehingga kamu merasa sang sahabat lebih tahu tentangnya dibanding kamu. Bisa juga muncul rasa insecure apakah pasangan akan berbalik kepada sahabat kamu. Perasaan itu tidak berguna karena toh dia sudah memilih kamu menjadi teman hidupmu selamanya. Kamu hanya perlu berdoa untuk yang terbaik bagi kalian bertiga.

Jika Mantan Kamu Menikah Dengan Sahabat Kamu :

1. Menyelesaikan Hubungan Dengan Mantan

Demi kebaikan sahabat kamu, jika kamu sudah melihat ada arah mereka berdua semakin dekat dan menuju niat yang baik, maka segera selesaikan masalah – masalah kamu dengan mantan yang mungkin masih gantung. Jangan simpan dalam diri kamu sendiri namun bicarakan baik – baik dengannya.

2. Tetap Bersikap baik dengan Mantan dan Sahabat

Setelah urusan selesai, tetaplah bersikap baik dengan mereka berdua. Jangan sampai dengan adanya pernikahan ini sampai merusak hubungan persahabatan kalian.

3. Mendukung Hubungan Mereka

Terima kenyataan bahwa kalian memang tidak berjodoh dan move on! Dukung hubungan mereka berdua dan doakan yang terbaik untuk mereka.

4. Tidak Merasa Paling Tahu Tentang Mantan Di Hadapan Sahabat

“Makanan kesukaan dia itu ayam goreng buatan aku.”

“Dia tuh paling gak suka loh kalau cium bau parfum yang terlalu manis.”

Oke. Mungkin kamu sudah berpacaran dengan mantan kamu lebih dari dua tahun dibanding dengan sahabat kamu yang baru dua bulan pacaran lalu diajak menikah. Tetapi bukan berarti kamu harus menunjukkan kalau kamu paling tahu tentang mantan kamu dihadapan sahabat kamu ya! Karena tentu hal ini akan sedikit menyebalkan.

Jodoh sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Kita hanya bisa berharap dan berdoa. Situasi seperti diatas memang kurang nyaman, namun dimanapun posisi kita berasa, tetaplah bersikap baik dan tidak menyakiti perasaan orang lain ya brides.

×