Ketika Pernikahanmu Tidak Berjalan Sesuai Rencana

By NSCHY on under How To

Mengurus pesta pernikahan tidak sesimple yang dibayangkan. Kamu harus mengendalikan berbagai vendor; mulai dari makanan, venue, pakaian, panitia, dekorasi, dan masih banyak lagi. Yang awalnya kamu merasa sudah mantap, di tengah-tengah kamu mungkin tersandung masalah.

Kamu sudah mengerahkan seluruh tenaga untuk menyelenggarakan pesta pernikahan idamanmu, jika hasilnya tidak sememuaskan bayanganmu, itu bukan kuasamu. Gaun pernikahan yang kekecilan, kebesaran, atau bahkan sobek, makanan yang kurang, band yang tampil tidak maksimal, make up yang mungkin membuatmu tampak lebih tua, atau bahkan MC yang tiba-tiba jatuh sakit.

Mungkin hari yang seharusnya jadi hari paling bahagia kamu, menjadi hari yang meninggalkan trauma tersendiri. Jadi apa yang harus kamu lakukan jika hal tersebut terjadi?

1. Bersedihlah tetapi tidak boleh terlalu lama

Ada emosi yang sebaiknya dikeluarkan, seperti penyesalan dan kemarahan atas pesta pernikahan yang tidak sesuai dengan keinginanmu. Kamu boleh bersedih dan menangis, kamu dapat mengungkapkan kekecewaanmu kepada vendor-vendor, keluarga, dan teman terdekat. Ceritakanlah perasaanmu pada suami karena di situlah kamu memberikan kesempatan untuk membuktikan rasa cinta dan perhatiannya kepadamu. Tetapi pastikan kamu tidak boleh “berduka” terlalu lama karena hal yang terpenting adalah kamu dapat menghabiskan sisa hidupmu dengan orang yang kamu sayangi.

2. Yang terpenting bukan pestanya, tapi pernikahannya.

Kamu mungkin sudah menghabiskan banyak waktu dan mengorbankan berbagai momen untuk menyiapkan pesta pernikahan yang sempurna. Mungkin kamu terlalu fokus membenci dan menyesali pesta pernikahan yang tidak sesuai dengan impianmu. Tapi coba tebak! Pesta pernikahanmu memang penting, namun pernikahan yang kamu jalani setelahnyalah yang terpenting.

3. Kamu bukan satu-satunya di dunia ini

Gaun yang kebesaran? Makanan yang kurang? Hujan? Venue yang ternyata terlalu sempit? Bukan hanya kamu satus-satunya orang yang mengalami kekurangan dalam pesta pernikahan. However life must go on. Banyak sekali pengantin di luar sana juga pernah mengalami hal yang sama, tak perlu kamu menghabiskan waktu untuk membenci dan menyesalinya. Semua orang pasti mengalaminya kok!

 

4. Pestamu hanya sehari dua hari, pernikahanmu berlangsung selamanya

Jangan menghabiskan waktu untuk menyesal. Mungkin orang akan membicarakan tentang pesta pernikahanmu untuk sebulan kedepan. Tapi, pesta pernikahan hanya berlangsung sehari atau dua hari dalam hidupmu. Pernikahanmu? Berlangsung selamanya! Lama kelamaan, orang akan bosan dan jenuh membicarakan pernikahanmu yang kamu bilang tak sukses itu. Gantilah topik pembicaraan mereka dengan rumah tanggamu yang harmonis dan juga romantis!

5. Tidak semua hal dapat kamu kendalikan

Demi mewujudkan pernikahan impian kamu, memang dibutuhkan team vendor yang sulit. Namun memang terkadang banyak yang tidak berjalan sesuai rencana. Hal tersebut bisa berasal dari beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab atau dari sesuatu yang tidak bisa dikontrol, seperti faktor cuaca. Jadi jangan salahkan dirimu. Ada hal yang bisa kamu kendalikan, ada yang tidak.

6. Jadikan hal ini sebagai sesuatu yang bisa kamu kenang

Coba bayangkan dua puluh atau tiga putuh tahun mendatang, kamu pasti akan berbagi cerita ini kepada anak cucumu. Pastilah kamu akan mengenangnya sebagai sesuatu yang lucu. Mungkin kamu akan merasa bersyukur mengenai hari “jelek” itu karena kamu memiliki sesuatu yang kamu kenang di kemudian harinya.

Jadi apabila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu tidak boleh sedih berkepanjangan. Tetapi sebaiknya kamu mengambil hikmah bahwa kamu sudah menikah dengan orang yang kamu sayangi!

 

×