Ketika Teringat Mantan Pacar Menjelang Hari Pernikahan

By Septa Mellina on under How To

Konon, godaan menjelang hari pernikahan selalu datang silih berganti. Godaan-godaan ini seringkali bikin calon pengantin goyah dan ragu-ragu untuk menikahi pasangannya. Salah satu godaan yang sering banget terjadi adalah teringat mantan. Beberapa orang memilih untuk terus menengok ke belakang; tapi banyak juga yang berhasil fokus membangun masa depan dengan pasangan barunya.

If you find yourself in this confusing situation, here are some thoughts that you may need to consider. We really hope this will help you, dearest brides-to-be.

There’s a reason why that person becomes your ex

Kalau dia adalah jodoh kamu, dia pasti akan bersama-sama dengan kamu saat ini mempersiapkan hari pernikahan. Kenyataannya, you guys broke up. Apapun alasan perpisahan kalian, you both are not meant to be together. Sakit sih, but let’s face the reality.

Beneran teringat mantan atau…?

Mungkin kamu nggak benar-benar teringat mantan pacar. Mungkin kamu hanya teringat momen indah saat dia tiba-tiba nganterin sarapan ke kantor kamu. Probably you just miss the memory, not the person. Bagaimanapun juga, kamu dan dia pernah bersama, saling sayang dan punya kenangan manis dan pahit bersama. Tapi, nggak berarti kamu harus terus-terusan stuck lho dengan memori itu. Ingat, saat ini kamu sedang bersama seseorang yang akan mengukir memori baru denganmu lho.

Bayangkan perasaan pasanganmu

Coba deh kamu bayangkan gimana perasaan pasangan kamu saat tahu pikiran kamu masih nyangkut di masa lalu. Saat pasanganmu sibuk meeting sama vendor, kamu justru bernostalgia saat dinner di roof top sama mantan. Ketika dia pusing mikirin kemauan keluarga yang suka aneh bin ajaib, kamu justru lagi senyum-senyum sendiri ingat waktu mantan tengah malam datang ke rumahmu ngasih birthday surprise dengan sebuket bunga mawar putih di tangannya. Although your boyfriend doesn’t know your thoughts, it’s still not fair for him.

Nggak cuma pasangan kamu yang tersakiti

Di Indonesia, menikah nggak cuma mempersatukan dua anak manusia aja lho, tapi juga menyatukan dua keluarga. We all know this. Jadi, kalau ternyata kamu masih terjebak masa lalu, kamu nggak hanya menyakiti hati pasanganmu, tapi juga keluarga dia.

Does your ex care about this?

The answer is no. Your ex is probably shocked to know you’re getting married, but there’s a chance he has forgotten all the details about you. Jadi, buat apa kamu mengenang mantan yang mungkin sudah menutup chapter kisah cinta kalian? Bukankah lebih baik fokus dengan seseorang yang sudah pasti memilih kamu menjadi bagian dalam masa depannya, brides?

Pikirkan masa depan

Jangan biarkan ada ruang di pikiranmu untuk sang mantan. Selain menyibukkan diri dengan persiapan pernikahan, cobalah untuk mendekatkan diri dengan keluarga pasangan dan keluargamu. Teruslah belajar dari orang tua dan saudara-saudara tentang pernikahan. Dengan cara ini, kamu akan fokus untuk membangun masa depan dan mempersiapkan mental untuk menghadapi berbagai kesulitan dalam berumah tangga. Nggak ada lagi celah untuk memikiran mantan.

Berdoalah senantiasa

Yang nggak kalah penting, teruslah mendekatkan diri dengan Tuhan. Berserahlah kepada-Nya dan mintalah Dia untuk terus membimbing langkahmu dan pasangan.

“Kids, you can’t cling to the past. Because no matter how tightly you hold on, it’s already gone.” (Ted Mosby, How I Met Your Mother)

Semoga tips ini bermanfaat ya. Silakan share tips dan pengalaman kamu di kolom komentar.