“Kok gue belum dilamar juga ya?”

By Friska R. on under How To, Relationship

“Kok gue belum dilamar juga ya? Padahal kan sudah pacaran bertahun-tahun.”

Itulah pertanyaan yang sering terlontar oleh para perempuan yang berusia pertengahan 20an, apalagi yang sudah memiliki pasangan. Terkadang saya pun sering bertanya-tanya mengenai hal yang sama. Saya dan pasangan sudah cukup lama berpacaran, bahkan kedua keluarga juga sudah saling mengenal. Tetapi kok sepertinya hubungan pacaran kita jalan di tempat ya?

Seperti perempuan pada umumnya, saya juga sering curhat ke beberapa teman (dan juga teman pria) mengenai pertanyaan ini karena jujur saja, saya masih malu bertanya langsung ke pasangan karena saya tidak mau terdengar terlalu pushy. Ternyata beberapa teman pria saya memiliki jawaban yang sama. Saya share di sini ya!

1. Kondisi Finansial

Alasan inilah merupakan alasan utama mengapa para kaum pria masih berpikir ulang untuk melamar pacarnya. Perlu diakui bahwa mereka memiliki gengsi yang lebih tinggi sehingga akan menjadi kebanggaan sendiri apabila bisa membiayai pernikahan dan terlebih lagi kehidupan setelah pernikahan sendiri. Menurut saya, kita sebagai cewek harus bersabar saja karena at the end of the day, mereka bekerja keras demi membahagiakan kita kan?

Mungkin pertanyaan selanjutnya adalah “Mau sabar sampai kapan?” Nah, solusinya adalah bicarakan kembali kepada pasangan tetapi jangan sampai terkesan nagging. Lihat juga suasana hatinya ya, brides!

2. Masih Ingin Mengejar Karier

Karier sang pasangan tentu saja akan berpengaruh besar kepada kematangan finansial kalian di kehidupan berumah tangga nantinya. Mungkin pasangan kita sedang mengejar posisi tertentu di tempat kerjanya sehingga berakibat kesibukan yang luar biasa. Beberapa teman saya menunda pernikahan karena pasangan mereka baru saja dipindah tugaskan ke daerah lainnya dan mereka tidak mau menjalani pernikahan jarak jauh. Apabila ini menjadi masalah kamu dan pasanganmu, maka sebaiknya dibicarakan lagi agar kamu juga tahu sampai kapan harus menunggu.

3. He’s Just Not That Into You

Sadly, beberapa pria memang menjalani hubungan pacaran tanpa ada niat untuk melangkah lebih jauh lagi. Kita sebagai pasangan tentu saja bisa merasakan apakah pasangan kita adalah tipe ini atau bukan. Salah satu gejalanya adalah tidak maunya bersosialisasi dengan teman dan keluarga kita. Apabila ia termasuk tipe ini, maka sebaiknya kamu mengakhiri hubungan kalian. Memang sedih banget, tetapi yang paling penting adalah kebahagiaan diri kita sendiri, kan?

Orang tua saya sendiri pun pernah berkata bahwa tidak ada target umur khusus untuk menikah karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar sebuah pernikahan menjadi sukses. So, don’t rush! Nikmati saja masa-masa “penantian” ini karena sebenarnya banyak sekali hal-hal positif yang bisa kamu lakukan, seperti lebih mendekatkan diri kepada keluarga atau fokus ke karier kamu. Kalau tiba-tiba terpikir “Kok gue belum dilamar juga ya? Just be patient and believe that one day your soulmate will come to you! Good luck, brides!