Lamaran Adat Minang Bertema Flowery ala Putri dan Novan

By Enya on under The Engagement

Lamaran Adat Minang Bertema Flowery ala Putri dan Novan

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Residential

Colors

Vendor That Make This Happened

Bride's Attire Ibu Susi

Groom's Attire Tenun Gaia

Event Styling & Decor Sentra Bunga

Photography Fotologue Photo

Videography Paperwolf Studios

Make Up Artist Laura

Hair Do Hijab Do by Putri

Kita pasti pernah mendengar pepatah yang mengatakan “Kalau jodoh tak akan kemana.” Nah, pepatah ini sepertinya cocok menggambarkan kisah cinta Putri dan Novan, yang meskipun sempat putus komunikasi selama beberapa tahun, akhirnya mereka berdua bertemu kembali secara tidak sengaja dan akhirnya sampai pada momen Lamaran yang menjadi langkah mereka menuju pernikahan.

Putri dan Novan saling mengenal untuk pertama kalinya saat mereka duduk di kelas 2 SMP. Saat itu, mereka mengaku kalau sebenarnya mereka sudah punya perasaan suka satu sama lain, namun mereka sudah punya pacar masing-masing, sehingga hubungan mereka hanya sebatas teman biasa. Setelah masuk SMA hingga kuliah, mereka pun perlahan mulai berhenti berkomunikasi, terlebih karena saat itu mereka berdua sama-sama tengah menjalani hubungan yang cukup serius dengan orang lain sejak SMA hingga kuliah.

Bertahun-tahun tidak saling berkomunikasi, secara tidak sengaja mereka bertemu di PIM. “I guess fate brought us back together, karena aku dipertemukan kembali dengan Novan di waktu yang tepat,” cerita Putri. Setelah pertemuan itu mereka perlahan mulai merasa banyak menemukan kecocokan dan hubungan mereka pun semakin dekat seatu sama lain, sampai kemudian empat bulan setelah pertemuan yang tidak sengaja itu, Putri dan Novan resmi berpacaran.

“Setelah semakin kenal satu sama lain, experienced ups and downs together, we finally realized what we want in life, which is to grow together as a couple and a person,” ujar Putri.

Setelah 2,5 tahun berpacaran Novan akhirnya melamar Putri saat mereka berdua sedang makan malam bersama, lengkap dengan bunga dan kartu. “He proposed at dinner with flowers and a card.. and I said yes! I know he’s the one because he completes me; he is the missing part of me. He accepts, understands, supports, believes, and knows me more than I know my self. He laughs and cries with me. I know that he’s the only one that I want to spend the rest of my life with and I won’t have it any other way,” tambah Putri.

Untuk acara lamaran resmi keluarga, Putri dan Novan memutuskan tanggal 9 April 2017 sebagai tanggal diselenggarakannya acara lamaran resmi keluarga. Untuk tema acara lamaran itu sendiri, Putri dan Novan setuju mengangkat tema Flowery dan mengusung adat Minang. Kebetulan, keluarga Putri asli keturunan Minang dan keluarga Novan adalah keturunan Minang dan Jawa. Sesuai dengan tema yang diangkat, untuk acara lamaran ini Putri mengenakan baju kurung dan songket yang memiliki nilai sejarah baginya, karena songket tersebut merupakan kain songket yang digunakan oleh Mamanya Putri saat acara akad nikah dengan Almarhum Papa Putri 34 tahun silam. Selain itu, Baju kurung yang dikenakan Putri memiliki warna yang sama dengan kain tenun yang dikenakan Novan, yaitu merah, yang memang dipilih karena merupakan warna yang menjadi ciri khas budaya Minang.

Unsur flowery di acara Lamaran Putri dan Novan terlihat dari dekorasi bunga yang melengkung di backdrop acara, yang inspirasinya diperoleh dari Pregnancy photoshoot-nya Beyonce yang menurut Putri sangat cantik! Warna bunga yang dipilih oleh Putri adalah merah, putih dan baby pink yang merupakan kobinasi warna soft dan bold. Selain itu dekorasi standing chandelier yang disiapkan oleh vendor dekorasi juga sangat cantik! Tiang chandelier dibalut daun yang membuatnya tampak semakin senada dengan desain backdrop acara. Selain dekorasi ruangan, ada satu hal lain yang juga menurut Putri sangat berkesan, yaitu desain cat kuku Putri yang merupakan kombinasi warna merah, gold dan mutiara. “Such a perfect combination!,” cerita Putri semangat. Untuk desain cat kuku ini, Putri mempercayakannya kepada salah satu sahabatnya dari SMA yang memang sangat berbakat untuk urusan yang satu ini.

Saat The Bride Dept bertanya mengenai momen yang paling berkesan dari acara lamarannya, Putri langsung bercerita mengenai momen saat Ia menjawab lamaran dari Novan. Ia bercerita bahwa Papanya sudah meninggal, jadi saat acara lamaran Ia duduk diapit oleh dua orang Omnya; kakak kandung Papanya dan adik kandung Mamanya. Saat itu adik kandung Mamanya yang menjadi juru bicara mewakili keluarga besar Putri. Menurut Putri, meskipun Papanya sudah tiada, kehadiran keluarga besarnya merupakan suatu hal yang sangat berarti baginya dan memberikan semangat yang sangat besar dalam menjalani keseluruhan proses lamaran ini.

Selain itu, Putri juga sangat terkesan dengan Novan yang menyampaikan sendiri maksud kedatangannya dan keluarg ke kediaman Putri untuk melamar Putri menjadi istrinya. Setelah Novan selesai bicara, Putri pun keluar dari kamar, namun sebelumnya orang pertama dan kedua yang keluar dari kamarnya adalah dua orang teman Putri yang memang sengaja dibuat demikian untuk sedikit mencairkan suasana. Akhirnya, MC meminta Novan menyebutkan password agak Putri keluar dari kamar, dan password-nya adalah dengan bernyanyi! Sempat kaget karena hal itu tidak ada di rundown, Novan pun akhirnya menyanyikan sebuah lagu sampai akhirnya Putri keluar dari kamar. Menurut Putri, momen ini sangat lucu karena selain super spontan, momen itu juga membuat suasana yang tadinya serius menjadi cair dan lebih hangat.

Setelah Putri keluar kamar dan langsung duduk di tempat yang telah disiapkan dengan diapit oleh kedua orang pamannya, MC langsung memberikan microphone kepada Putri dan memintanya untuk menjawab pertanyaan yang tadi diajukan oleh Novan. Tanpa pikir panjang, Putri langsung menjawab “Langsung jawabannya ya, Insya Allah mau,” seketika itu juga keluarga yang hadir sontak tertawa mendengar jawaban Putri karena menurut mereka jawaban Putri sangat spontan dan tidak pakai basa basi. Putri sendiri mengaku ia sempat bingung mau bicara apa karena memang ia tidak sempat memikirkan jawabannya. “But at least, it’s true, the answer came from the bottom of my heart,” tutup Putri.

“I love everything about my engagement day. Having people I love around me on my special day was beyond blessing, in fact, it was a very special and beautiful day. Thank you to all our family, friends, and all vendors that helped and worked very hard to make our engagement so beautiful (beyond my expectation) and unforgettable.”

Top 3 vendor pilihan Putri:

 

  • Sentra Bunga

 

“Karena hasil dekorasi dari Sentra Bunga ini sangat cantik and it was really beyond my expectation. Unsur flowery dan Minang-nya masuk dan menyatu sekali. Standing carano dengan dikelilingi bunga menurut aku cantik banget, karena biasanya aku hanya sering melihat standing carano atau standing flower saja. Tim Sentra Bunga juga memperhatikan hal-hal kecil yang biasanya terlewat, contohnya seperti balutan daun pada tiang chandelier, sentuhan daun-daun tersebut membuat chandelier menjadi lebih hidup dan menyatu banget seperti satu kesatuan dari backdrop itu sendiri. Selain itu, flower arrangement yg menjadi center dari backdrop dibuat persis sesuai dengan keinginan aku, bahkan lebih cantik dari yg punya photoshootnya Beyonce 😀 (flower arrangement inspired by Beyonce’s pregnancy photoshoot decoration). Tim Sentra Bunga juga enak sekali diajak berdiskusi dan berkonsultasi, kebetulan aku orang yang sangat detail, Mba Nova khususnya sangat mau menampung ide-ide, masukan, dan kritikan dari aku.”

 

  • Fotologue Photo & Paperwolf Studios

 

“Semua hasil foto dari Fotologue aku suka banget, they captured the right moments. Karena aku awam dengan dunia fotografi, tapi aku merasa semua foto yang diambil pas momennya, seperti fotonya bercerita, sampai sekarang saja setiap melihat lagi aku selalu senyum-senyum sendiri dan masih merasa bahagia seperti pada waktu hari itu. Semua foto candid-nya juga bagus-bagus, lengkap dari momen yang mengharukan sampai yang membahagiakan. Soal warna foto dan ketajamannya juga bagus banget, foto-fotonya sangat clear. Oh ya, and two thumbs up for their service. It was amazing and I am one happy client. Lamaran aku di hari Minggu, hari Senin siang kita sudah terima foto-fotonya. Thank you Mas Dimas and team!”

Paperwolf Studios

“Hasil videonya bagus banget. Video versi panjangnya super lengkap, berhasil membuat aku sedih dan ketawa setiap nonton. Video versi pendeknya juga merangkum acara lamaranku and it’s so pretty. Pokoknya semua momen penting terabadikan dalam video-video dari Paperwolf.”

  • @lawralovefaith (Laura)

“Aku merasa puas banget dengan hasil make-up Mba Laura, soft dan natural sesuai request aku, dan masuk banget dengan kebaya yang aku pakai. Komentar dari teman-teman dan keluarga aku juga semuanya bilang make-up aku cantik dan bagus banget, terutama karena hasil make-up nya tidak merubah wajah asli aku. I feel so pretty that day. Thank you for your touch and magic hands Mba Laura :-).”

Putri juga tidak lupa memberikan tips untuk para brides-to-be yang sedang mempersiapkan acara lamaran. Yuk simak tips dari Putri berikut.

“Menurut aku dalam mempersiapkan lamaran (dan tentunya pernikahan), hal yang paling utama adalah berdoa kepada Allah SWT agar acaranya dapat berjalan dengan lancar dan dimudahkan dalam persiapannya. Lalu usahakan untuk membuat breakdown atau list hal-hal dan vendor apa saja yang dibutuhkan. Do a deep research atas semua vendor yang kamu minati (research sangat penting untuk melakukan perbandingan, sehingga kamu akan menemukan vendor yang terbaik menurut kamu). Oh ya, jangan malu untuk bertanya, cause we, as brides to be, surely need a lot of useful information (and of course deserve a proper and complete explanation from every vendor). Selain itu, biasakan untuk selalu berdiskusi dengan pasangan dan orang tua, karena keputusan bersama tentunya lebih memuaskan. Dan bagi kamu yang saat lamarannya diberi kesempatan untuk menjawab sendiri, jangan lupa persiapkan kata-kata untuk menjawabnya yaa, agar nggak terlalu singkat seperti jawabanku.”