Lamaran Adat Sumatra dan Jawa a la Nadia dan Rizky

By Leni Marlin on under The Engagement

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Residential

Colors

Vendor That Make This Happened

Engagement Reception

Venue Private Residence

Photography Ruang Tajam

Videography Ruang Tajam

Make Up Artist Aldis Setiadi

Catering Al's Catering

Seserahan Harapan Craft

Untuk menyempurnakan momen lamaran yang romantis, biasanya para pria menggunakan cincin sebagai senjata utama, namun berbeda halnya dengan Rizky yang justru melamar Nadia dengan menggunakan tas. Bukannya tidak mau terlihat romantis, Rizky hanya tidak ingin cincin yang diberikannya salah ukuran. “Ukuran jariku memang langka banget saking kecilnya hehe,” ungkap Nadia yang dilamar saat dirinya dan Rizky sedang mengikuti program pertukaran pelajar selama satu bulan di Turki. “Awalnya, Rizky berniat mengajak aku naik balon udara di Cappadocia, tapi rencana itu batal karena cuaca yang sangat buruk. Meskipun sedikit kecewa, kami akhirnya memutuskan untuk mengikuti  city tour,” kenang Nadia. Saat mereka tiba di the Dark Church of Cappadocia, Rizky mengambil kesempatan tersebut untuk melamar Nadia dan memberikannya tas. “Rizky melamar aku di tempat yang pemandangannya sangat indah. Hari itu benar-benar momen yang membahagiakan!”

Nadia dan Rizky telah saling mengenal sejak masih duduk di bangku SMA, namun keduanya baru mulai berpacaran setelah lulus SMA dan sama-sama berkuliah di jurusan yang sama. Nadia mengakui bahwa sejak dulu ia sudah memiliki keyakinan bahwa Rizky adalah jodohnya. “Sejak awal hubungan, kami berjuang. Susah ataupun senang juga selalu sama-sama. Aku yakin Rizky adalah yang tepat buatku, jadi ketika dia melamar di Cappadocia, aku menjawabnya tanpa keraguan sedikit pun.”

Persiapan lamaran Nadia dan Rizky hanya memakan waktu 6 bulan saja, mulai dari menyiapkan busana, katering, dekorasi, sampai seserahan. “Alhamdulillah, kami tidak menghadapi kendala sama sekali dalam mempersiapkan lamaran. We decided to just go with the flow,” kata Nadia. Dalam membuat konsep acara lamarannya sendiri, Nadia mengakui bahwa ia banyak terinspirasi dari acara lamaran Andien dan Ippe yang telah diselenggarakan beberapa waktu yang lalu. Nadia yang berdarah Minang campur Solo mengenakan baju kurung berwarna merah dengan songket Padang berwarna merah keemasan, sedangkan Rizky yang berdarah Palembang-Sunda-Jogja-Batak mengenakan kemeja batik berwarna champagne dengan aksen keunguan yang juga merupakan warna favorit Nadia. “Karena pada dasarnya kami memiliki keturunan Sumatra dan Jawa, maka busana kami adalah padu padan busana Sumatra dan Jawa. Begitu juga dengan keluarga kami yang mengenakan busana berwarna pastel serta songket dan batik,” jelas Nadia lebih lanjut. Menurut Nadia, keluarganya sangat mendukung konsep padu padan ini. “Baik orang tuaku maupun orang tua Rizky sangat terbuka, jadi kami tinggal menggabungkan berbagai ide yang kami punya saja,” tambahnya lagi.

Dukungan keluarga terhadap Nadia dan Rizky juga datang dalam bentuk dekorasi acara lamaran. Ya, dekorasi acara lamaran Nadia dan Rizky ternyata dikerjakan sendiri oleh ibunda Rizky yang merupakan seorang desainer interior. Hal ini merupakan salah satu hal yang paling berkesan bagi Nadia. She’s one lucky girl, isn’t she?

Nadia juga sangat terkesan dengan sahabat-sahabatnya sejak SMA yang telah menyempatkan waktu untuk menghadiri lamarannya dengan Rizky. Tidak hanya itu, banyak juga sahabat-sahabatnya yang membantu kelangsungan acara lamaran itu sendiri. “Aku terharu karena sahabat-sahabatku mau mengosongkan waktu dan membantu mendokumentasikan acara lamaran kami dalam bentuk foto dan video. Mereka bahkan juga terharu melihat aku dan Rizky akhirnya akan menikah.”

Tips dari Nadia untuk brides-to-be lainnya dalam mempersiapkan acara lamaran:

Pertama, tenang dan jangan panik. Jika ada ide yang tidak disetujui oleh keluarga, harus bisa berkompromi, karena lamaran bukan hanya acara kita saja, tetapi acara dua keluarga besar. Kedua, tuangkan konsep acara lamaran yang kamu inginkan di moodboard agar vendor lebih mudah memahami apa yang kamu inginkan.

Top 3 vendors pilihan Nadia:

  1.      Ruang Tajam

“Kami sangat puas dengan hasil foto dan video yang dihasilkan oleh Ruang Tajam. Mereka sangat kooperatif dengan konsep yang kami inginkan dalam pengambilan foto dan video. Kami merasa beruntung bersahabat dengan pemiliknya.”

  1.      Al’s Catering

“Makanan dan minumannya enak banget! Aku juga suka pelayanan mereka yang cepat tanggap.”

  1.      Ayura dan Aldis Setiadi

“Mereka berdua adalah temanku. Aku suka banget makeup-nya yang flawless dan tahan lama.”